Home / Berita / Internasional / Asia / Bank Islam Qatar Tawarkan Sukuk 750 Juta Dolar

Bank Islam Qatar Tawarkan Sukuk 750 Juta Dolar

Bank Islam Qatar (QIB). (english.globalarabnetwork.com)

dakwatuna.com – Dubai. Bank syariah terbesar di Negara Teluk, Bank Islam Qatar (QIB), kembali ke pasar global dengan penawaran penjualan obligasi syariah.

Setelah dua tahun vakum, Bank Islam Qatar menerbitkan sukuk senilai 750 Juta dolar AS, hari ini.

Kreditur menghargai sukuk lima tahun ini dengan tingkat keuntungan sebesar 2,5 persen dan penyebaran 175 basis poin.

Nilai ini lebih ketat dibandingkan sebelumnya karena besarnya animo investor yang mengincar surat berharga tersebut.

Kondisi saat ini, bank-bank di Qatar sangat liquid, banyak uang tunai beredar dalam bentuk riyal Qatar. Dengan sejumlah proyek infrastruktur di jalur pipa dan rencana Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, pemberi pinjaman tertarik untuk pendanaan dolar jangka panjang.

Berdasarkan laporan dari perencana keuangan, pemesanan sukuk dilaporkan telah menembus 6 miliar dolar AS. Angka ini didapatkan beberapa hari sebelum peluncuran sukuk. Banyak pemesan berasal dari investor syariah yang berani menyerahkan dana tunai karena minimnya pasokan sukuk di pasar.

“Ini menunjukkan banyaknya permintaan terpendam di pasar,” ujar Kepala Pendapatan Bank London, Jason Kabel, seperti dilansir laman Reuters, Selasa (16/10). Oleh karena itu, perlu ada stimulus untuk penerbitan sukuk di sisa tahun 2012 dan 2013.

Ernst and Young memperkirakan permintaan sukuk secara global adalah sebesar 300 miliar dolar AS. Sedangkan jumlah sukuk yang diterbitkan sepanjang tahun ini hanya 100 miliar dolar AS.

QIB, yang pemegang saham terbesarnya adalah kekayaan negara, menerima persetujuan untuk program sukuk 1,6 miliar dolar AS. Persetujuan ini telah dikeluarkan bulan lalu dan menjadi penjualan sukuk pertama bank tersebut. (Chairul Akhmad/Friska Yolandha/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Implementasi Perkembangan Praktik Audit Syariah di Bank Islam Malaysia