06:53 - Kamis, 23 Oktober 2014

Erdogan: Partai Memerintah di Turki Model untuk Negara Muslim

Rubrik: Asia, Eropa | Kontributor: dakwatuna.com - 30/09/12 | 23:13 | 13 Dhul-Qadah 1433 H

Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan saat Kongres Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Ahad (30/9/2012). (hurriyetdailynews.com)

dakwatuna.com – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan partai yang memerintah di Turki merupakan model yang pantas diikuti di negara-negara Muslim.

Erdogan mengatakan hal itu dalam kongres AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan), partai yang mendominasi di Turki dalam 10 tahun terakhir.

Presiden Mesir Muhammad Mursi dan Kyrgyzstan, Almazbek Atambayev, termasuk tamu yang hadir dalam kongres di Ankara itu.

Khaled Meshall, pemimpin oposisi kelompok Palestina Hamas yang tinggal di pengasingan, mengatakan dalam kongres bahwa partai itu menunjukkan “wajah cerah Islam.”

“Erdogan, Anda tidak hanya pemimpin Turki namun juga pemimpin di dunia Muslim juga,” katanya.

Partai AKP menang dalam tiga pemilihan berturut-turut sejak 2002, dan mengakhiri sejarah kudeta militer dan koalisi rentan pemerintah.

“Bangsa besar harus kerja siang dan malam. Saya siap kerja siang-malam untuk kejayaan. Jika saya mati, kuburkan saya dengan pakaian putih. Semoga saya syahid”, kata Erdogan dalam Kongres tersebut.

Peranan menonjol di Timur Tengah

Partai yang memerintah ini mengangkat pertumbuhan ekonomi serta kebijakan luar negeri yang lebih jelas. Namun sejumlah kritikus menuduh Erdogan memiliki gaya politik yang konfrontasional.

“Kami menyebut diri kami demokrat konservatif,” kata Erdogan dalam kongres hari Minggu (30/09).

“Kami pusatkan perubahan pada hak asasi dan kebebasan. Posisi ini telah dilihat di luar perbatasan negara kami dan menjadi contoh oleh semua negara Muslim,” tambahnya.

Wartawan BBC James Reynolds yang berada di kongres itu mengatakan Erdogan berpidato selama lebih dari dua jam.

Memimpin Turki tidak cukup bagi Erdogan, kata Reynolds, karena ia ingin negaranya memiliki peranan menonjol di seluruh Timur Tengah. (BBC-Indonesia/tribunnews/hdn)

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (7 orang menilai, rata-rata: 9,71 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • muslim

    Allahu Akbar.. smg menjadi inspirasi bagi pemimpin dunia, tidak saja dunia Islam.. tanda2 kebangkitan Islam sudah dekat…

  • ahmad

    Ya Allah…aku merindukan sosok Pemimpin Islam yg seperti hambamu Mr. Erdogan…

Iklan negatif? Laporkan!
100 queries in 1,345 seconds.