Home / Berita / Nasional / Kemendag dan MUI Akan Promosikan Produk Halal ke Timur Tengah

Kemendag dan MUI Akan Promosikan Produk Halal ke Timur Tengah

Ilustrasi (kalimantanpost.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Kementerian Perdagangan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersepakat untuk bekerja sama mempromosikan produk-produk halal Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti mengatakan, produk halal menjadi kekuatan daya saing Indonesia, terutama untuk negara-negara di Timur Tengah.

“Kita bukan hanya melihat dari sisi syariat, ketentuan dan sebagainya. Kemendag melihat lebih dari itu, yakni sebagai sebuah instrument perdagangan. Baik untuk mempromosikan ekspor, maupun untuk melindungi pasar dalam negeri dari produk-produk tidak halal,” tuturnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (28/9).

Dalam kaitan hal tersebut, bulan November mendatang pemerintah Indonesia berencana mengirim delegasi dagang ke beberapa negara di Timur Tengah, di antaranya Qatar, Jordan dan Arab Saudi.

“Salah satunya materi yang kita bawakan di sana, bagaimana Indonesia bisa mengambil inisiatif di dalam sistem halal untuk produk-produk yang mensyaratkan halal di negara tersebut,” katanya.

Bayu sangat optimistis, potensi ekspor produk-produk ekspor Indonesia cukup besar. Konsumen potensial di Timur Tengah yang mayoritas muslim sampai saat ini mendekati 700-800 juta konsumen. “Akan lebih nyaman bagi mereka kalau tahu produk mereka itu halal,” tuturnya. (Wta/OL-9/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

aksi-damai-bela-islam

MUI Meminta Agar Jangan Membelokkan Tujuan Aksi 4 November dengan Isu Lain

Organization