Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PBB Desak OKI Tangani Rohingya Myanmar Secara Hati-Hati

Sekjen PBB Desak OKI Tangani Rohingya Myanmar Secara Hati-Hati

Sekjen PBB, Ban Ki-Moon (Reuters Picture)

dakwatuna.com – New York. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, Sabtu (29/9), mendesak Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menangani isu Rohingya di Myanmar secara hati-hati. Menurutnya, penanganan tersebut dapat mempengaruhi proses reformasi yang berlangsung di negeri tersebut.

Ban membahas masalah tersebut dalam dua pertemuan terpisah dengan Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu dan Presiden Myanmar Thein Sein di sela sidang Majelis Umum PBB. Ban juga memperingatkan bahwa kerusuhan Muslim-Buddha diRakhine bisa memukul reformasi Myanmar dan meluap hingga keluar perbatasan.

Dalam pertemuan itu, Ban dan Thein Sein membahas wabah kekerasan di Negara Bagian Rakhine baru-baru ini. Keduanya juga membicarakan perspektif langsungdan jangka panjang untuk mempromosikan harmoni antar-komunal, serta mengatasi penyebab ketegangan dan melakukan upaya pengembangan di sana.

Juru bicara PBB, Martin Nesirky, mengatakan Thein Sein berjanji kepada Ban akan mengatasi dampak kerusuhan. “Presiden menegaskan, negara (Myanmar) akan mengatasi konsekuensi jangka panjang dari pertanyaan ini,” kata Nesirky, seperti dilansir Reuters.

Sedangkan selama pertemuannya dengan Ihsanoglu, Ban menunjukkan pentingnya kehati-hatian dalam menangani situasi di Rakhine. Para pemimpin Muslim telah mengeluarkan seruan di Majelis Umum PBB untuk tindakan atas kerusuhan mematikan di Myanmar.

Satu Komite OKI yang dibentuk untuk menangani masalah Rohingya bertemu untuk pertama kalinya di New York pekan ini. Komite tersebut meminta pemerintah Myanmar untuk memberikan status warga negara kepada etnis Rohingya. Ihsanoglu mengatakan, dirinya akan mengunjungi Myanmar ketika pemerintah telah siap memperbaiki masalah mendasar hak kaum muslimin Rohingya. (Dewi Mardiani/Devi Anggraini Oktavika/Reuters/AP/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Advokat: Jika Gagal Lindungi Rohingya, ASEAN Bubarkan Saja