Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Rabithah Alam Islami Siap Undang Wartawan Indonesia Liput Haji

Rabithah Alam Islami Siap Undang Wartawan Indonesia Liput Haji

Ibadah Haji (inet)
Ilustrasi – Ibadah Haji (inet)

dakwatuna.com – Madinah. Rabithah Alam Islami (Liga Muslim Dunia), sebuah organisasi terkemuka di Arab Saudi, siap mengundang sejumlah wartawan Indonesia untuk meliput pelaksanaan haji pada musim haji 2013.

“Undangan ini kami sambut baik karena makin banyak wartawan Indonesia yang bisa meliput proses haji makin baik,” kata Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat di Madinah, Kamis, menjelaskan hasil pertemuannya dengan Sekjen Rabithah Abdullah Abdul Mohsen al-Turki.

Pada musim haji tahun ini sebanyak 21 wartawan Indonesia meliput penyelenggaraan haji di Mekkah, Jeddah dan Madinah dan tergabung dalam Media Center Haji (MCH). Jumlah ini masih kurang memadai karena keterbatasan kuota haji.

“Dengan adanya undangan Rabithah, jumlah wartawan yang meliput haji akan bertambah sehingga pemberitaannya makin banyak dan beragam nantinya,” kata Bahrul.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mendatangani kesepakatan dengan Rabithah soal pertukaran wartawan. Sebagai imbal Rabithah mengundang wartawan Indonesia ke Saudi Arabia, pemerintah Indonesia akan mengundang wartawan dari berbagai penjuru dunia untuk datang ke Indonesia pada bulan Ramadhan.

“Supaya wartawan asing itu tahu bagaimana marak dan khususnya bulan Ramadhan di negeri berpenduduk Muslim terbesar di dunia itu,” kata Bahrul yang kementeriannya mengundang 10 wartawan dari Eropa ke Jakarta pada bulan Ramadhan tahun lalu.

Menurut Bahrul, Rabithah juga sepakat agar Indonesia membuat website IslammediaMWL.org yang akan menjadi syiar Islam dan dakwah di Internet dan media sosial. Website yang servernya di kantor Kementerian Agama di Jakarta itu juga akan mempromosikan citra Islam sebagai agama yang cinta damai dan menentang kekerasan dan terorisme.

“Dengan website tersebut, umat Islam bisa memiliki wadah untuk mengkonter berita-berita negatif dan kesalahfahaman tentang Islam,” katanya.

Website akan diluncurkan pada bulan Desember 2012 di Jakarta oleh Kementerian Agama dan Rabithah. IslammediaMWL.org dalam bahasa Inggris, Arab dan Indonesia. Seemua dokumen, foto dan video di website itu bisa dishare ke media sosial seperti Facebook, twitter dan Youtube.

Selain itu, katanya, disepakati juga Indonesia akan menjadi Sekretariat Tetap International Conference on Islamic Media.

Untuk itu, lanjut Bahrul, Indonesia juga ditunjuk menjadi tuan rumah The 3rd International Conference on Islamic Media pada 3-5 Desember 2013. (A017/Z003/Desy Saputra/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization