Home / Berita / Silaturahim / KAMMI Nyata Peduli Rohingya

KAMMI Nyata Peduli Rohingya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(Dok. KAMMI)

dakwatuna.comIsu Rohingya memang telah lewat dan teralihkan dengan pemberitaan lain oleh media. Namun bukan berarti upaya bantuan yang memang digaungkan akan turut lenyap. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) melalui tim KRC (KAMMI Reaksi Cepat) membuktikannya dengan menyalurkan bantuan yang telah dikumpulkan kepada para pengungsi Rohingya di Banten (22/9).

Rohingya merupakan etnis minoritas muslim yang mendiami Provinsi Arakan di sisi sebelah barat laut Myanmar berbatasan dengan Bangladesh. Itu sebabnya Rohingya dikenal juga sebagai Muslim Arakan. Populasinya berjumlah lebih kurang 1.000.000 jiwa. Ratusan ribu penduduknya hidup dalam pengungsian di berbagai negara (Bangladesh, Jazirah Arab, Malaysia-Thailand-Indonesia, Australia).

KRC yang merupakan tim khusus KAMMI tergerak untuk memberikan bantuan kepada rakyat Rohingya yang terdapat di beberapa titik pengusian di Indonesia. KRC mendatangi muslim Rohingya yang terdapat di Serang, Banten. Kebanyakan dari mereka tertangkap kepolisian saat hendak ke Australia di perairan Selat Sunda. Sejak 14 hari lalu ada di Kota Serang diinapkan di hotel D’Gria. Jumlah seluruhnya 34 jiwa dengan 9 anak dan 11 wanita. Adapun Bantuan yang KRC berikan adalah:

  1. Susu anak usia 4,5,6 tahun.
  2. Pampers balita ukuran L.
  3. Pembalut wanita.
  4. Roti atau kue.
  5. Mainan anak-anak.

Saat ini pembiayaan para pengungsi ditanggung oleh IOM-UNHCR namun mereka jarang datang menjenguk para pengungsi. KAMMI mendesak agar pemerintah Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan ASEAN lebih peduli dan tanggap terhadap permasalahan Rohingya (Myanmar, Burma) yakni tentang kekerasan yang dilakukan oleh oknum pemerintahan mereka.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mahasiswa semester 1 di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Saat ini aktif di KAMMI dan menjadi kepala departemen Pemberdayaan Perempuan KAMMI Komisariat Madani.

Lihat Juga

Pengungsi Rohingya (channel 4)

Advokat: Jika Gagal Lindungi Rohingya, ASEAN Bubarkan Saja

Organization