Home / Berita / Internasional / Amerika / Ratusan Ribu Massa di Brazil Aksi Damai Kutuk Film Anti-Islam

Ratusan Ribu Massa di Brazil Aksi Damai Kutuk Film Anti-Islam

(businessmirror.com.ph)

dakwatuna.comRatusan ribu demonstran di Rio de Janeiro, Brazil, Minggu 16 September 2012 lalu turun ke jalan. Dan tak hanya umat Islam yang turun ke jalan.

Aksi yang diadakan oleh organisasi pro-toleransi agama, Brazilian Commission for Combating Religious Intolerance (CCIR) diikuti sekitar 200.000 orang dari 25 kelompok agama, termasuk umat Islam, Protestan, Katolik, Buddha, gipsi, federasi Israel, dan kelompok kepercayaan lokal. Mereka mengutuk film “IOM” yang tidak menghormati Nabi Muhammad, panutan umat Islam. Sekaligus menentang manifestasi cemoohan terhadap keyakinan dan simbol suci sebuah keyakinan.

Dalam film berbiaya rendah dan amatir itu, Nabi Muhammad digambarkan sebagai sosok yang amoral. “Film itu sangat ofensif, menyinggung Nabi Muhammad dan menggambarkan umat muslim sebagai barbar, dan mengandung hasutan penuh kebencian,” kata Sami Isbelle, anggota Muslim Beneficent Society of Rio de Janeiro, kepada Inter Press Service (IPS), seperti dimuat oleh Business Mirror, Sabtu 22 September 2012.

Sebaliknya, ia juga menentang aksi protes yang berakhir dengan kekerasan. Kata dia, aksi tersebut justru “tidak Islami”.

Menurut Isbelle, aksi protes seharusnya diungkapkan melalui jalur damai, yang tak melanggar hukum. “Misalnya, dengan kampanye media untuk menunjukkan siapa sesungguhnya Nabi Muhammad itu, dan warisan berharganya untuk kemanusiaan.”

Demonstran lain bersikap sama. “Tidak ada agama yang boleh dihina,” kata Maria Isabel Carvalho, penganut Candomblé, salah satu agama asal Afrika di Brazil.

“Setiap ekspresi serangan terhadap agama harus diperangi,” kata imam Katolik Leonardo Holtz.

Para demonstran menyerukan diakhirinya prasangka dan kekerasan terhadap pengikut agama lain, sekaligus menyerukan kepada para calon walikota setempat untuk mengekspresikan komitmen kebebasan beragama. (vivanews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 7,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pernyataan Sikap PPMI Pakistan Terkait “Aksi Damai 212”