Home / Berita / Daerah / Jokowi: Ada-Ada Saja, Masa Pemimpin Harus Bisa Baca Al-Quran

Jokowi: Ada-Ada Saja, Masa Pemimpin Harus Bisa Baca Al-Quran

Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Menanggapi pernyataan Calon Gubernur Incambent, Fauzi Bowo mengenai orang yang pemimpin harus bisa membaca Al-Quran, Calon gubernur DKI, Joko Widodo beranggapan statement itu terlalu mengada-ada.

“Ya gimana masa ada aturannya seperti itu (pemimpin harus bisa membaca Al-Quran), ada-ada saja,” ungkap pria yang akrab disapa Jokowi sambil tertawa saat ditemui di Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu (15/9/2012).

Jokowi membenarkan jika pasangannya, Basuki T. Purnama (Ahok) memang tak bisa membaca Alquran, karena Ahok adalah non-muslim. Tetapi dalam Undang-Undang tidak ada aturannya calon pemimpin harus bisa membaca Alquran.

“Kalau Ahok ya memang enggak bisa, dia kan bukan muslim,” tegasnya..

Sebelumnya, Fauzi Bowo memberikan pernyataan bahwa untuk bisa memimpin sesuai pedoman (Islam), maka pemimpin harus bisa membaca alquran.

“Kalau yang memimpin tidak bisa baca Alquran, bagaimana memerintah sesuai pedoman agama,” terang Foke Saat berkampanye di kawasan Palmerah, Jakarta. (ydh/okezone)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (68 votes, average: 8,26 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Dasar CAGUB tolol dan tidak mengerti undang-undang, selama jadi gubernur gak pernah baca undang2 ya, kalau non MUSLIM jelas tidak bisa baca Al-Quran, jangan memaksakan kehendak dong bang KUMIS

    • fahmi

      YAA ALLAH ampuni kami semua berilah jawaban yg benar pada negara kami, calon gubernur FOKE yang muslim kita semua tahu banyak yang mereka makan dari anggaran negara itu adalah duit rakyat, dan rakyat sudah tidak percaya lagi, calon gubernur JOKOWI yang bagus biografinya tapi calon wakilnya non muslim, kabulkan permintaan kami YAA ALLAH, AMIN.
      jadi klo pemimpin harus bisa baca AL-QURAN’ apakah tingkah lakumu yg sekarang contoh yang baik dgn tingkah laku orang2 yang ada didalam AL-QURAN.

  • Hilman Fauzi

    Hahahaha…. Emang bang Foke sudah menerapkan alquran ya di pemerintahannya….. D :S

    • Maria Sitompoel

      Berbahaya sekali kalo AL-QUR’AN ditertawakan.

  • apa selama ini bang kumis menjalankan pedoman al qur’an dalam pemerintahannya???

  • tp apakah foke bisa memahami dn mengmalkn alqur’an?? bukankah seorang pemimpin hrs rendah hati??? itulah jebakan syaithon yg menghiasi kbathilan hati dg menghalalkn sgala cara u/ memenuhi nafsu duniawinya….
    waalloohua’lam bishshowab

  • saya disini tdk mndukung siapa2
    apakah foke bisa memahami dn mengmalkn alqur’an?? bukankah seorang pemimpin hrs rendah hati??? itulah jebakan syaithon yg menghiasi kbathilan hati u/ nafsu duniawi

    wallohu a’lam bishshowab…

  • yang pastinya negara bila pemimpin bukanlah dr umat islam
    nntinya kehidupan ini tidak lah berjalan sesuai yg tertera dalm surat suci alquran berarti umat muslim secara tidak langsung membangkang dari isi surat yg memerintahkan agar kamu memilih khalifah kamu yang seiman dengan kamu karna itu akan membawa kebaikan …..

  • Trus klo pemimpin bisa baca Quran tapi tidak mengamalkannya bagaimana, liat diri sendiri bang FOke… Al-Quran tidak hanya Untuk dibaca tapi, dipahami dan di amalkan bang Foke!!!! saya tidak mendukung siapa2, hanya warga Jakarta yang ingin hidup sejahtera, dan layak di sebut manusia…mungkin itu juga cita2 warga Jakarta Yang Lain… Hidup Kebenaran!!!!!

    • kalau dia bisa baca al-qur’an, toh tinggal memahami maknanya dan mengamalkan, tapi kalau g bisa, jadinya nol besar, banyak yang korupsi g bisa bc al-qur’an, pastinya shalat pun bolong2, malahan ada y g shalat….

  • dhodhoxcsz

    terus terang ..saya ga suka dgn kepemimpinan foke selama ini ..sy merasakan tidak ada kemajuan yg signifikan ..tp jika kita harus memilih pemimpin kita kembalikan pd aqidah kita .sami’na wa atho’na thd keyakinan kita adl wajib hukumnya.. janganlah memilih pemimpin diantara kalian dari orang2 kafir..itu saja .

  • kalimat tsb sebetulnya baik dikatakan oleh pemilih yg muslim kepda
    muslim yg lain, tapi jika kalimat tsb keluar dari seorang cagub, itu ada
    unsur kesombongan dan bisa berdampak negatif /kurang simpatik pd cagub
    itu sendiri..Namun demikian sy sebagai umaat muslim mengajak kepada
    saudara2ku kaum muslimin dimana saja berada : ” Marilah kita memilih
    calon Pemimpin orang Muslim yg rajin beribadah, yg mendalami Al Qur-an,
    dan profesional,”

    • Trias Mahila

      Bener banget. Terkesan dari ngomongnya seperti menganggap enteng tentang Al-Qur’an. Kata-kata sombong melekat pada pemimpin model gini. Yang beginikah yang dapat merubah Jakarta?

      • Joseph Leandro

        ga liat blok M ya? bicara itu fakta jangan asal nyerocos.

        • Riandy Octa Pratama

          kenapa blok? emank jakarta cuma ada blok m? yang nyerocos itu ente bukan yang ente komen, KOCAK

    • kalau pemimpin tidak paham agama, tidak boleh dijadikan pemimpin, toh
      pahlawan dlu juga membela indonesia dengan kemerdekaan sebagaimana
      dinyatakan dalam pembukaan, “BERKAT RAHMAT ALLAH” masih ingat g? orang
      Muslim tidak boleh dipimpin oleh orang non muslim, seperti kejadian di
      myanmar,.. ingat itu… !!!!!!

  • ahmad

    beginilah bila kita hidup di negeri yg sekuler. hukum kita ga berlandaskan Al-Qur’an. menuntut calon pemimpin bisa baca qur’an jd hal yg mubadzir. dari sekian presiden yg pernah memimpin indonesia, jangan2 hanya satu-dua orang yg bisa baca qur’an. toh mrk jg bisa terpilih pada akhirnya. yg milih jg kita-kita yg muslim. menurut hemat saya, dari sekarang mulailah mendidik masy agar qur’an dijadikan way of life, nanti masy yg akan menuntut perubahan UU yg berlandaskan qur’an….

    • aries

      insyaalloh selama pemimpin dan yg di pimpin berlandaskan Al-Qur”an dan Al Hadist, Alloh SWT akan memberikan Rahmat kepada kita semua, Amien YRA ……..

  • Banyak orang yg bisa membaca Al-Quran tapi sedikit sekali yang memahaminya karena ilmu2 di dalam Al-Quran sangat komprehensif dan bisa saja makan waktu yang tidak sebentar untuk bisa memahaminya (lihatlah jarang sekali ahli tafsir yang berusia muda (salah satu yang saya hormati adalah Alwi Shihab), apalagi untuk menjalankannya, kalau ada niat tulus memimpin dan pengalaman memimpin yg baik menurut saya itu sudah cukup, karena permasalahan yang selama ini berlangsung bukanlah masalah pemimpin yg tidak bisa baca Al Quran tapi pemimpin yg tidak bisa membaca penderitaan rakyatnya.

  • Adrian Thomas Budiyanto

    perasaan presiden korsel ama amrik ga bisa baca al quran tapi negaranya baik2 aja

    • Maria Sitompoel

      Siapa bilang korsel, amirika baik2 saja…? malah mereka TAKUT dengan orang yang MEMBACA Al-Qur’an….!!!

    • boncel

      apa hubungan nya coba zzzzzzzzzzzzzzz

  • B. Ohorella

    Saya sebenarnya kurang suka kpd Foke tapi saya jauh lebih tidak suka jika memberi jalan kepada Jokowi menjadi gubernur yg para pendukungnya banyak sekali yg senang memberi komentar menyakitkan ttg Islam dan kaum muslimin

  • untuk apa pemimpin yang hanya bisa BACA Qur’an tetapi TIDAK BISA mengamalkan kandungan Qur’an tersebut..? jangan sok DAKWAH kalau hati masih KOTOR, sama saja dengan SETAN, atau bahkan IBLIS, meskipun bisa membaca Qur’an,, mengkafirkan muslim yang lain tidak dibenarkan dalam Qur’an, anda harus tau, apa itu muslim SEJATI dan muslim ABAL-ABAL..*komentar ini untuk Foke ,,,

    • boncel

      mantab gan jadi orang itu intinya ngaca dulu baru ngomong di buktikan dulu baru berbicara saya setuju gan

  • pilih pemimpin yang taat beribadah, pandai baca alquran serta memahami dan mengamalkan isinya, pemimpin yang tidak bisa baca alquraan tentunya tidak akan bisa menjalankan tugasnya sebagai pemimpin yang arif dan bijaksana. semua petunjuk ada pada alquran. Jika dia seorang muslim yang taat tentunya mengerti dan tidak mengeluarkan pernyataan tersebut.

  • Abdul Rajak

    foke sama jokowi sama2 orang edan.

    yg ia nya nyari duit doank…
    sama sekali tidak ada unsur jihad untuk menegakkan keadilan sebagai pemimpin.

    • ntong

      saat ini kita tidak bela personnya tapi bela aqidah, ingat Al qur’an melarang umat islam memilih orang kafir jadi pemimpin, kalau anda beriman maka harus berkata sami’na wa atho’na, anda tau negara spayol ??? dulunya negeri andalusia yaitu negeri yang berpenduduk islam, banyak ulamnya, tapi karena mereka salah meimilih pemimpin ya jadi kaya gitu.

      • Lyza

        bukan hanya d sepanyol tp jg negara jiran kita y itu singapur, minim sekali jumlah mesjidnya :(

  • agungbayuaji

    Foke memanfaatkan agama utk menyerang Jokowi…padahal dia sendiri menurut kami tdk mengamalkan dengan baik…kuatirnya…menjadi Munafik…

  • sama2 hanya mencari pencitraan, tidak ada yang mengusung syariah

  • fg

    betul Pemimpin hrs muslim dan bs baca Al-Qur’an tp sdh bohong kpd diri sendirinya…Sesudah dilantik dan membaca sumpah diatas Al-Qur’an menjd kepala daerah sdh membohongi rakyat, tdk amanah, arogan, tdk mau mendengarkan aspirasi rakyat, tdk peduli rakyat kecil dan KORUPSI…foke korupsi bantuan sosial dan hibah 1.3T , Fasum(fasilitas umum) dan fasos hampir 5T , anggaran APBD 32T yg lapor wakilnya sendiri… pemimpin itu panutan bkn utk kepentingan diri sendiri dan golongan….ALLAH SWT paling benci umatnya korupsi…Jgn lupa kita cari pemimpin yg jujur, bersih, amanah, adil, tegas, peduli rakyat kecil… pejabat kita muslim tp jiwa tdk seperti muslim yg ada utk kepentingan diri sendiri dan golongan, kl diluar negeri non muslim tp kelakuan dan jiwa seperti muslim cthnya anak terlantar dibiayain dan dipelihara oleh negara dan mendptkan asuransi… Wassalam…….

  • Muhammad Erwin

    Kalau INDONESIA adalah sebuah negara ISLAM,wajib hukumnya bagi seorang PEMIMPIN untuk bisa membaca AL QUR’AN,yang jadi masalah di sini adalah para PEMIMPIN kita yg bisa membaca AL QUR’AN lancar………. apakah dalam pelaksanaan kehidupannya sehari2 sesuai dgn AL QUR’AN……………….???????????

    • saya belum pernah melihat pemimpin yang bisa benar baca al-quran, bukan pemimpin hanya sekedar baca, namun salah semua, keudian bukan hanya baca al-qur’an saja , namun shalat juga bolong2, tu jg bohong… lau yg sesempurna gt susah banget dicari, malah g ada..

  • Machrus

    Negara yg mayoritas penduduknya muslim ya harus pilih yang muslim dan fasih baca Al-Qur’an. saya setuju banget ntuh…..

  • Kalau yang sudah jelas muslim saja belum tentu menjalankan islam dengan baik, apalagi yang sudah jelas-jelas bukan

  • Ma’mun Mu’ad

    Pemimpin Idealnya Muslim bs baca qur’an dan mempraktekannya, coba lihat kalo saja Pemimpin Muslim bisa baca qur’an ibadah rajin, shodaqoh, dst…dst tapi kalo masih Korupsi getol, menghasut rajin, dan bahkan mungkin mendholiminyapun juga rajin.. gimana … ? pertimbangannya adalah Pemimpin utama muslim wakil boleh saja non muslim or siapapun lah pilihan alternatif terakhir Pemimpin yang bisa mensejahtrakan rakyat. Sekalipun non muslim, or muslim tdk bs baca qur;an tapi prakteknya sudah muslim.

  • Saya paham bahwa yang dituju Fauzi Bowo bukanlah Joko Widodo, akan tetapi Basuki.
    Dan dalam hal ini, Fauzi Bowo yang naif: “Bisa membaca Al-Qur’an ndak ada hubungannya dengan kemampuan kepemimpinan!”.

    Dari segi kepemimpinan, Ahok jauh lebih hebat daripada Fauzi Bowo & Nachrowi Ramli, dan itu fakta.

    • waldy

      Ah masa sih? bisa ditampilkan g fakta2nya? jangn OMDO(Omong Doang) bro….

      • Kalo nggak salah BAP Ahok diBangka belitung, msh ada, terkait kasus koruspi. Dan akan dibuka kembali.

        • Deny Ocr

          Mungkin sebaiknya ada yang bisa membandingkan dengan pemimpin2 di
          arab sana, yang pastinya sudah bisa baca quran, apa mereka ga ada yang
          kena masalah jg?

          kenyataannya, kita terlalu sibuk dengan dunia kita,

          baca
          qur’an pun sebagian dari kita cuma bisa sedikit aja dalam satu hari,
          dan sebagian yang lain gak baca sama sekali.. Dan kita pun disini ga ada
          yang tau kan, seberapa sering mereka(para pemimpin) membaca quran..
          Jadi disini kita harus memposisikan diri menjadi orang yang tidak tahu,
          bahwa mereka bisa baca quran atau tidak..

          Tapi ini mungkin bisa jadi masukkan juga bwt jokowi,
          tapi bwt pemimpin islam aja tentunya, ga mungkin kan kita paksa ahok bwt bsa baca quran..

          yang tadinya cara memimpinnya udah baik, bakal bisa jadi lebih baik kan kalau dibarengin petunjuk al qur’an..:-)

          Indah ya Islam, subhanallah…

          • Joseph Leandro

            ga juga sih…. Nabi Muhammad SAW aja buta huruf bisa mimpin kok. :p

          • sam

            Buta huruf tp hafal dan mngamalkan Al-qur’an (beliau memimpin dg pedoman Firman Allah yaitu Al-qur’an). nda ush tanya lg kenapa dan mengapa Beliau buta huruf tp bisa hafal Al-qur’an. Jelasnya Pemerintahan hanya akan baik jika berpedoman pd Al-qur’an.

  • Dwi Ernawati

    kalau Jokowi mengatan hal tersebut ya lumrah dong… karena dia mengatakan tentang Ahok yang notabene adalah bukan Muslim… perhatikan Lakumdinukum waliyadin, bagiku agamaku dan bagimu agamamu… lalu salahnya dimana kalau seorang non muslim tidak bisa baca Al Qur’an… pliss deh kalau membuat suatu opini yang adil, bukankah kita pernah diperingatkan sebelumnya ” janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, membuatmu tidak berlaku adil”

  • Sah-sah aja sih pendapat itu. Tapi kalo cman bisa baca Quran ga diamalin iya sama aja boong kan? Ntar fokelah bisa baca Quran, tapi korupsinya jalan terus…nah lho, gmana tuh?
    Kita orang Islam ga perlu lagi terpancing dan terjebak dengan permainan politikus2 yg mengatasnamakan ajaran Islam utk meraih simpati. Buat saya pribadi, itu tak lebih manuver konyol demi mendulang suara, lagi2 umat Islam yg jadi bulan2an demi kepentingan kecil golongan..selalu begitu!

  • waldy

    Wow menarik sekali yaaaaaaaaaaa………. tpi sya se7 dengan bang Foke… y paling tidak ketika tiba waktu sholat n dia ada disekitar kita, bisa jdi imam buat kita y g???????????

  • Bara

    Kalau yang udah di beri petunjuk aja belum tentu menjalankan, apalagi yang sama sekali belum tau alquran itu apa, itu aja sih

  • nurut aq sich emang bnr dlm agama kita (islam) seorg pmimpin hars bs bc Al-Qur’an tpi jgn cuman skedar tau bc tpi dilterapkan apa yg Al-Qur’an ajarkan bgaimana menjadi seorg pemimpin.coba liat sudut2 kota Jakarta,betapa bxkx org2 yg hdpx dibw gris kemiskinan,blm lg di tngah kota btapa bxk tempat perzinaan.ini semua kan bkn ajaran Al-Qur’an.warga Indonesia bth pemimpin yg mw merubah akidah yg sudh ilang sama skali

  • Menurut saya Indonesia dengan latar belakang yang multi-pluralisme dan selama didalam UU Memperbolehkan Non-Muslim untuk ikut berpartisipasi dalam berpolitik apa yang salah?? isu agama memang akan selalu berusaha menyentuh sentimen paling mndasar dalam kehidupan masyarakat sehingga dengan mudah akan dipergunakan sebagai Modal bagi siapapun yang mengalami ketidakpuasan (Politik/ekonomi)

    • Tergantung dari pemahaman masing 2x setiap warga negara.

  • Guest

    nte ngapain nyalonin diri segala

  • tuu jokahok mo ngpain sii pke nyalonin diri segala di jakarta ,,,

  • kalo memang itu ikhlas keluar dari mulut foke, sah-sah saja. tapi kalau karena unsur politis agar dia menang itu justru yang tidak sah

  • iman

    inilah cermin masyarakat kita, melakukan dikotomi antara agama dan pemerintahan, sok bener satu dengan lainnya, kadang kita menilai seseorang yg sebenarnya itu ranah Allah SWT, dan kita tampil sebagai yang paling bener mengomentari orang. Yu pada Istighfar dan perbaiki diri setiap hari.
    Dan nyatalah negara kita bener2 sekuler.

  • mulyadi

    Banyak pengamat yg sok tahu saat ini akan kemenangan jokowi, sampai ada yg bilang, partai tidak ada di hati masyarakat saat ini, mungkin ada benarnya, tapi banyak salahnya, “dia” menang karena memang kita suka sara dan rasis, yg orang kristen memilih ahok karena kristennya itu namanya sara, dan yg suku cina memilih ahok karena keturunan cina nya itu namanya rasis, orang jawa memilih karena jokowi berasal dari jawa, itu juga namanya rasis. itu sah sah saja. waktu budiono di isukan istrinya nasrani, kristen juga kompak, dan menanglah sby. trik ini tanpaknya akan terus di pakai diwaktu pemilu, cuma anehnya umat islam sendiri takut memilih orang yg islamnya kuat, istilah densus88, Islam garis keras, padahal keras dalam islam adalah suatu ketaatan.pemimpin negara dan seorang imam dalam sholat, harus setali mata uang, di Waktu Rasulullah akan wafat, Rasulullah memilih yang paling Santun,sholeh,kesederhanaannya dan taat dalam menjalankan syariat Allah. dan ditunjukkan abu bakar sebagai imam sholat dan sebagai pemimpin Umat. Abu bakar menolak lalu akan diserahkan ke Umar Bin Kattab, lalu kata Umar, engkaulah Abu bakar yg paling pantas menjadi Imam, Jadi pemimpin negara dan Imam dalam sholat menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jadi kita pun harus mempunyai sifat Rasis, yaitu memilih pemimpin karena islamnya,teguh pendiriannya dalam menegakkan Amal ma’ruf nahi munkar. Cuma rasis yg bisa di pertanggung jawabkan. Jadi satu sama lain, janganlah saling meledek, bahkan ada yg meledek Ulama, karena menyampaikan apa yg harus disampaikan.Nauzubillah.
    Silahkan baca biografi para khalifah dan memimpin umat, jika belum pernah membacanya, jika Umar bin kattab, menyumbangkan sebagian hartanya dijalan Allah, Abu bakar bahkan seluruh hartanya. Mungkin kita tidak akan sampai logika kita sampai disitu untuk menilai khalifah Allah, bagaimana dia menghidupi keluarganya, itu sebagian dari contoh2 orang yang ketingkatan kesholehannya tinggi. jadi tidak perlu, mencari-cari Alasan dia pemimpin yang baik, mau agamanya apa kek, tidak peduli, padahal seorang muslim sejati sudah pasti baik,jujur,amanah, dan sederhana. lalu kenapa kita mesti menoleh “kesebelah”, sedangkan dalam islam sendiri sudah lengkap.

  • Trias Mahila

    Dari kata-katanya terkesan menganggap enteng tentang perlunya pemimpin yang religius. Pemimpin model beginikah yang diharapkan?

  • harusnya begitu dong pak Jokiw…karena dulu yang memerdekan republik ini adalah pejuang-pejuang islam dengan bambu runcingnya so negri ini diatur secara islami juga.

  • Bisa baca alquran tapi masih mau korupsi juga sama aja itu orang munafik, dan saya rasa pak jokowi itu bisa kok baca alquran, tapi apa perlu dipamer-pamerin didepan kalian?… yg gak bisa baca alquran itu kan Ahoknya…

    • Pak Jokowi mngkn bisa baca Al Qur’an, tapi pemahamannya msh bercampur kejawen, ingat kasus pengiriman mobil Esemka, dgn upacara ruwatan ?

  • lang ates

    jgn bawa2 agama utk sebuah kedudukan deh….

    • Tapi agama juga mngatur tata kenegaraan, krn disaat ketika memimpin, maka seluruh perbuatannya akan dimintai pertanggung jawaban, baik didunia maupn akhirat.

  • hakeem ajaah

    Nah seharusnya dulu warga jakarta pilih pak hidayat ajah….
    dah hapal al quran, sholeh lagi….
    Dah gini baru ribut2…… Hadeh…..
    Dah dikasih yang bagus malah milih yang gak bagus…..
    Dah dikasih yang paling bagus dari yang gak bagus malah pilh yang gak bagus….

  • kalau foke yg ngomong..terkesan msh ingin cari dukungan wlwpun sudah kalah tapi hal ini penting..mnurut saya jokowi pasti bisa baca alquran karna ada terjemahnya…tp jokowi tdk semestinya berkata begitu sbg muslim yg baik seharusnya menjaga tilawah wlwpun tidak tahu maknanya.. ketidaktahuan makna masih lebih baik dari pada ketidakmauan
    membaca firmanNYA

  • disqus_LuPug7NN2j

    Melihat bagaimana cara Jokowi merespon saja, sangat jelas tampaklah bahwa Jokowi sendiri tidaklah mencerminkan pribadi yang baik dan bijak untuk menjadi seorang pemimpin. Sebagai warga muslim, kami kecewa dengan kepemimpinan JD..

  • pak joko hny kurang bijak menanggapi pernyataan itu

  • foke stres, kapan ya dia diperiksa KPK

  • Ihsan

    pemimpin ga harus hapal Al-Quran, tapi harus bisa nyanyi Metalica.. Bener ga Pak Gubernur…??? :)

    • DHIMAS NUR RAMADHAN

      hahaha.. super sekali.

  • BramSonata

    Al Quran itu bukan (hanya) dibaca atau dihapal, tetapi dipahami dan diamalkan mana yg sanggup dia mengamalkannya, walau hanya satu ayat.

    Saya kira, KITAB SUCI Al Quran jangan dibawa-bawa ke ranah politik/ duniawi.

  • sam

    Saya setuju dg pernyatan itu tp jika pernyatan itu hanya untuk mnjatuhkan lawan maka itu munafik. Tp mudah2an bukan pernyatan seorang munafik.

  • Lathiyfah Shanti Purnamasari

    Salah itu tulisannya, yg bener *incumbent (komen beda sendiri)

  • Nugrahita Chrystalee Shen

    Hahaha seorang pemimpin itu yg penting habluminallah, moral dan kemampuannya dalam memimpin. Kenyataannya banyak Orang2 PKS Dan PPP yg mengaku Islam, bolak balik naik haji danmengerti kandungan nilai dalam quran ttpi tetap korupsi daging sapi, Al quran dan dana haji.

  • begini lah kalo dalam suatu negara hukum nya buatan manusia… banyak celah nya.. banyak kurangnya… pake dong sistemnya Allah, undang2nya Allah.. ga bakal kaya begini…

  • Firmansyah

    Ada-ada saja…!!!
    KTP islam dan sudah Haji gak bisa baca Al-Quran..??
    Jangan2 gak pernah sholat..??

  • Irwan Kurniawan

    klo responnya msh dengan keberpihakan ke salah satu yg d dukung, pasti cendrung mndukung yg didukungnya khan.. yuk cb smua permasalahan di kembalikan ke al-Quran dan hadist utk dpt jawaban yg paling bnar termasuk syarat sbagai pemimpin…figur pemimpin yg bagaimana yg dikatakan oleh Al-quran… msh ingin mmbantahkah?

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Pasar Merespons Positif Aksi Damai Bela Al-Quran 4 November

Organization