Topic
Home / Berita / Rilis Pers / Pernyataan Sikap GAMAIS-ITB Terkait Pemediaan “Masjid Sekolah Sarang Rekrutmen Teroris”

Pernyataan Sikap GAMAIS-ITB Terkait Pemediaan “Masjid Sekolah Sarang Rekrutmen Teroris”

Logo GAMAIS-ITB.

dakwatuna.com – Pemediaan yang dilakukan oleh Metro – TV terkait pola rekrutmen teroris muda memiliki informasi yang keliru. Salah satunya bahwa kaderisasi teroris masuk melalui program ekstra kurikuler di masjid – masjid sekolah (familiar disebut dengan rohis). Hal ini sarat dengan ketidakjujuran dan penyesatan opini. Padahal kegiatan rohis erat hubungannya dengan perbaikan diri dan penebar kemaslahatan bukan kebencian dari para penggeraknya.

Media bersangkutan menyatakan bahwa data yang disampaikan merupakan hasil penelitian salah seorang sumber yang bernama Prof. Dr. Bambang Pranowo. Namun, pendapat yang keliru itu memunculkan banyak pertanyaan khususnya terkait validitas data yang digunakan. Berbagai macam kecaman dan kekhawatiran menjadi respon yang umum terhadap pemediaan ini. Harapan dari banyak orang agar informasi ini tidak memberikan dampak buruk untuk para penggerak rohis ataupun memberikan ketakutan dari banyak orang dalam mengikuti kegiatan rohis.

Sebagai organisasi dakwah kampus nasional yang senantiasa membangun kemitraan dengan aktivitas rohis. Terlebih kami pun memiliki misi yang sama dalam memberikan perubahan karakter dan kemaslahatan yang luas. Gamais ITB menyatakan beberapa hal dan himbauan untuk masyarakat dalam menindaklanjuti pemediaan yang bisa menyesatkan opini tersebut.

  1. Keprihatinan terhadap pemberitaan media nasional yang bisa menyesatkan opini publik terkait dengan rohis
  2. Kami menghimbau media nasional bersangkutan untuk mengklarifikasi ulang hingga meralat informasi sesat yang diberikan kepada masyarakat.
  3. Kami mengajak semua masyarakat agar tetap jernih dalam menilai segala bentuk pemberitaan di media yang belum jelas asal usulnya
  4. Kami mengajak orangtua dan para anak muda muslim agar jangan khawatir untuk beraktivitas bersama ekstrakulikuler sekolah khususnya ekstrakulikuler masjid (rohis).
  5. Sebagai organisasi kemahasiswaan yang menjunjung tinggi integritas, sikap kritis, dan budaya penelitian, kami mengundang pembicara Prof. Dr. Bambang Pranowo untuk menjadi salah satu pembicara dalam diskusi terbuka terkait dengan“Aktivitas Keislaman Pemuda” di Bandung. Dan kami mengundang Metro – TV untuk melakukan peliputan secara langsung.

 

Bandung, 15 September 2012

Adam Habibie

(Kepala Gamais ITB 2012)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization