Home / Berita / Nasional / FPKS: Wacana Sertifikasi Ulama Membangkitkan Kontrol Seperti Era Orba

FPKS: Wacana Sertifikasi Ulama Membangkitkan Kontrol Seperti Era Orba

Mustafa Kamal, anggota DPR RI Fraksi PKS. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diminta untuk tidak membuat umat resah, dengan menggulirkan wacana sertifikasi ulama.

“Jangan masuk pada ranah-ranah yang bukan kewenangannya, bekerja profesional saja,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat, Mustafa Kamal, Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Wacana sertifikasi ulama diucapkan Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2012). Menurutnya, dengan sertifikasi, pemerintah dapat mengukur sejauh mana peran ulama dalam menumbuhkan gerakan radikal sehingga dapat diantisipasi.

Mustafa Kamal menilai sertifikasi terhadap ulama adalah upaya untuk membangkitkan kontrol seperti yang dilakukan rezim Orde Baru (Orba). BNPT dinilai ingin melakukan kontrol publik seperti yang dilakukan era Orba.

“Memutar jarum sejarah. Kalau kita kembali lakukan screening pada ulama kita, dan bukan pada ulama saja, tapi seluruh komponen yang menguatkan, sipil bersuara di screening,” ujarnya.

Ia meminta BNPT untuk tidak membuat wacana atau kebijakan yang bisa melukai demokrasi. Walau BNPT bisa beralasan untuk menghindari radikalisme, tetapi harus proporsional dan tidak bertentangan dengan sistem yang sedang berjalan di masyarakat.

“Kita sudah mengalami proses pematangan demokrasi dalam masyarakat yang plural. Jangan diputuskan dengan langkah-langkah blunder dari institusi yang dibuat untuk mengantisipasi ancaman-ancaman terhadap keamanan kita,” terangnya. (bar/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPP PKS Almuzzammil Yusuf. (msm)/pks.id)

Tiga Pesan PKS Untuk Kepala BNPT

Figure
Organization