Home / Berita / Nasional / Asbisindo: Perbankan Syariah Sebaiknya Masuk Bursa

Asbisindo: Perbankan Syariah Sebaiknya Masuk Bursa

Ilustrasi (examiner.com)

dakwatuna.com – Asosiasi perbankan syariah mendorong bank-bank syariah yang masih menginduk pada bank konvensional untuk masuk ke pasar modal.

Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Yuslam Fauzi menuturkan bank syariah yang sudah matang sebaiknya melakukan penawaran saham umum perdana atau initial public offering (IPO).

“Jangan sampai bank syariah sudah matang tapi dikungkung oleh induk. Ketika waktunya pas, harus dilepas,” ujarnya, Jumat (7/9) malam.

Yuslam menjelaskan jika pertumbuhan bank syariah cukup pesat dan membutuhkan modal yang lebih besar, meski induk perusahaan sanggup memberikan modal, maka tidak ada salahnya untuk melakukan IPO.

Sebelumnya, Bank Indonesia  mengatakan belum sepenuhnya mendukung rencana bank-bank syariah untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah BI Edy Setiadi menyatakan sebaiknya bank syariah menahan diri hingga industri perbankan syariah lebih dikenal di masyarakat.

“Lebih baik di konvensional saja dulu, karena permodalan (capital adequacy ratio/CAR) mereka lebih kuat,” ujarnya.

Menurut Edy, sebaiknya bank konvensional yang menjadi induk usaha yang lebih dahulu mencari dana di pasar modal. (ra/bisnis)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah