Home / Berita / Nasional / Dihina Karena Kritik Jokowi, Yusuf Mansur Dibela HMI

Dihina Karena Kritik Jokowi, Yusuf Mansur Dibela HMI

Aksi damai HMI Cabang Jakarta Barat yang membela Ustaz Yusuf Mansur di Bundaran HI, Jakarta Pusat. (Getty Images)

dakwatuna.com – Jakarta. Massa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Jakarta Barat melakukan aksi damai di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Mereka mengecam pendukung tim sukses Joko Widodo-Basuki T Purnama (Ahok) yang diduga telah menghina Ustaz kondang, Yusuf Mansur.

Hinaan itu bermunculan setelah Yusuf Mansyur dalam account twitternya menulis soal pemimpin yang amanah. Tetapi kicauan ini lantas dikaitkan dengan kepemimpinan Jokowi di Solo para pengguna twitter.

Alhasil, kicauan ini langsung mendapat respon dari account yang selama ini membela Jokowi dengan nada menghina Yusuf Mansur. Seperti misalnya, “@kurawa: tapi ingat tad substansi&timing anda bcr spt itu jgn pikir kita ini bodoh” yusuf hanya menjawab “wooo… Maaf ya. Maafin saya. Ga mikir gitu koq”.

@asbabul_junub: Ente dibayar berapa sama Foke? ustad abal2 ente nih” kemudian dijawab dengan santai “(Maksudnya? Saya paham, pasti ttg tweet saya ya? Itu universal Pak),” balas YM sebutan nama Yusuf Mansyur

Tindakan para pendukung Jokowi-Ahok ini dinilai oleh HMI sebagai bentuk tindakan yang keterlaluan. Ketua Umum HMI cab Jakarta Barat, Rhezki Jovie Pratama mengatakan dalam orasinya setalah sebelumnya Rhoma Irama yang dinilai sara, kini Ustadz Yusuf Mansyur. Menurutnya, apa yang salah dari mereka sebagai seorang mubalig yang berdakwah dan mengingatakan umat islam.

“Ustadz Yusuf Mansyur hanya mengingatkan jemaahnya dalam akun twitternya, tiba-tiba diserang dan dihujat oleh relawan kotak-kotak dengan bahasa yang sungguh sangat menyakitkan ummat muslim, ini pemilu gaya apa?” Kata Jovie, Minggu (9/9).

Jovie mengatakan sebagai keluarga besar HMI, dirinya menghimbau kepada relawan Foke-Nara dan Jokowi-Ahok untuk tidak mengusik, menganggu dan menghina ulama islam yang sedang berdakwah dan mengingatkan umat. “Menganggu ulama sama saja menganggu umat islam, kami akan selalu berada di garda terdepan untuk membela ustadz dan ulama dalam menjalankan syiar islamnya, apalagi sampai ulama dan ustad kami yang notabenenya pemimpin kami di hujat dan dihina,” tandasnya.

Dalam aksinya para mahasiswa ini mengenakan baju koko dan membawa spanduk dan poster, “Jangan Hina Ustad Kami” sampaikan kitab suci itu bukan SARA, “Cintai Ulama Jangan Sakiti”. “Musuh Ulama=Musuh Kami”. “Stop Penghinaan ustad dan ulama”. “Yusuf Mansyur yes Sekluer no”. “Jangan pojoki ulama lewat twitter” aksi ini cukup menarik perhatian para pengguna jalan. (awa/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (191 votes, average: 9,11 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • DHANI WU

    asbabul junub itu artinya apa ya? nama yg aneh, tdk heran komentarnya pun aneh

    • nama kau pun aneh pantasan kau pun nyeleneh klo kau islam belajar sana ma guru ngaji, tp klo kau non islam jgn banyak cakap aneh2 kau!! cukup islam dihina2 ngerti kau

  • miris
    kaum fanatik buta

  • Loe

    Yang bales twitt nya kan para pendukung. Udah tanya beluuum sama Org Asli nya Pak Jokowi – Ahok. Klo bukan dari mereka. ga usah kebakaran jenggot. Ulama juga manusia, bisa salah. Klo dia salah, kenapa ga diingatkan?? Kalian para penggemarnya yg FANATIK harusnya tau hal ini. Yang kalian AGUNG kan itu atas nama ULAMA?? Bukan ALLAH.

    • yang disampaikan Ust Yusuf Mansur adalah kebenaran dan merupakan dakwah so pendukung kotak2 ga usah lebay, Jokowi musti mengingatkan pendukungnya

    • Randai

      justru itu bung,,dari jokowinya jg harus konfirmasi..ustad YM aja konfirmasi kok..dia minta maaf…kenapa dari pihak jokowi-ahok sendiri diam2 aja klo pendukung nya sperti itu…pemimpin seperti apa itu ? ga bisa ngayomi pendukungnya….

      • air

        Saya se7 kalau pemilihan kepala daerah secara langsung ditiadakan, karena hanya memecah belah masyarakat (program ini = devide et impera-nya kumpeni)
        Tahun1 terpecah pemilu depe’er,
        Tahun2 terpecah pilpres
        Tahun3 terpecah pilgub
        Thn4 pilbup
        Thn5 pilkades
        Nyaris tiap tahun terjadi perpecahan di masyarakat. Ironis…..

    • wong

      Jokowi dan Loe juga manusia, bisa salah. Sayangya kebanyakan orang selalu merasa benar (sombong, merasa ga perlu agama), bahkan terhadap ulama & orang yg benar2 berilmu.

      • sutomo

        siapa yang ga marah klw Ulama dihina? tapi ingat ga ? klw Ulama juga ada oknumnya…oknum yang doyan duit ….bukan Ulamanya!…dulu jaman PKI juga agama….pura pura jadi kyai..atau kyai yang jadi PKI ….ya Oknum Kyai yang jadi PKI….marilah sama sama periksa diri kita masing masing…jangan bandingkan JOKOWI dengan Ulama..bandingkan JOKOWI dengan FOKE… mana kalian pilih?

  • wajar sajalah klo SETAN itu suka kePANASan klo denger para ustadz ceramah..

    • iya bener bgt :p

      • gwe sbg orang muslim sangat prihatin pada negeri ini….banyak orang keminter. knapa isu SARA mncul saat pemilukada skrg? knapa ga brani d tujukan buat anggota dewan? toh mereka jg pmimpin rakyat dan ada yg non muslim. ingat….kita skrg ni hidup bkn d zaman jahiliyah lagi,,, PARAH LOE……………….

  • ya,,,lanjutkan perjuangan kader2 HMI dmnpun kmu berada, salah satu bukti integritas HMI dlm mengislamkan demokrasi lanjutkan!!

  • adi ariyanto

    Jangan langsung ambil kesimpulan yg komen itu dr pihak Jokowi
    Jadilah orang Islam yg berotak dan beriman

    • bisa pendukung bisa bukan tapi Jokowi wajib mengingatkan semua orang agar tidak menghina ulama

  • Negara indonesia adalah negara bebas berpendapat… begitu juga ust yusuf mansyur. jika pendukung Jokowi-Ahok tidak setuju dengan pendapat ust, kasihlah dengan argumen yang baik dengan cara yang baik… inilah namanya dialog… bukan dengan cercaan-hinaan-fitnah…

    • iwan

      Berapa ulama lagi yang akan dimusuhi oleh tim sukses ato siapapun yang mendukung Jokowi…sungguh mereka itu pembenci para ulama

      • kompor……….kompor………..kompor..meledukkk

        • iwan

          ya menyatakan kebenaran itu memang pahit terutama bagi yang tidak mau menerima kebenaran itu…untuk para ulama semoga tetap bersabar..Nabi juga khan menyampaikan suatu kebenaran itu sampai dicaci maki bahkan dilempar dengan batu

      • wiga

        setuju akhi…

      • kaya apa negara kita ya klo para ulama ngmg trus di TUDING2 .. hehehehe dasar masyarakat kurang ibadah mungkin :p

    • ulamak yang bener tdk akan condong ke kanan atau ke kiri, lagian kalau dia update status trus ada yang comment itu kan hal yang sangat wajar , trus masak semua orang di suruh sejalan dengan pikiran dia . . itu namanya pemaksaan bro. . .dan kalau ndak mau di comment ya di block gitu aja kok repot

      • Sabar bro, jgn main block2. Trs aku lewat mana hayo…….

      • Nasir

        sp yg nyuruh sejalan dngan pikiran Ustadz, dah jdi kewajiban ulama untuk mengingatkan umatnya, apa2 yg bener n yg kurang bener, apa2 yg baik n yg kurang baik, trus yg maksa sp? koment boleh aja bro, tp yg sopan n jgan menghina n memojokkan

      • nabil

        yang namanya ulama, dimanapun, harus condong pada kebenaran

      • ulama juga manusia

      • Salah bro … ulama dan umat Islam harus condong kepada kebenaran, org2 benar, dan lembaga-lembaga yg benar … jgn asal pilih tdk peduli bagaimana kualitas agamanya ,,

    • muslim sejati

      mana orangnya..

    • Tim sukses JB di daerah saya diksih100.000 / ORANG

      • di sebelah gw saksi Jokowi-ahok dikasih 50rb buat sarapan 200rb buat makan siang *itu baru saksi loh,apa lagi Tim suksesnya..? belum lagi warga yg dikasih narkoba dijakarta utara

    • nunung

      Indonesia bukan negara bebas berpendapat, tapi negara kesatuan republik Indonesia, adalah tidak sama dengan negara yang bebas berpendapat. seperti di amerika ataupun negara eropa barat, kebenaran adalah tetap benar , tidak ada keraguan ataupun dialog didalamnya, salah adalah tetap salah. kebenaran harus ditegakkan, adil dalam menilai,

  • Estravados

    memangnya sudah dipastikan yang membalas twitt pak ustad itu pendukung jokowi??…jangan mudah tersulut yang malah akan memecah belah umat…

  • Kalau setiap kali “ceramah” tentang pemimpin ideal seperti Nabi Muhammad SAW. yang seharusnya dijadikan contoh bagaimana “seharusnya” memilih Pemimpin, membuat seseorang tersinggung…( berarti ) orang tersebut ( calon atau team sukses) ..Tidak siap menjadi pemimpin yang amanah …

    • Saya setuju pak,,,,,, calon pemimpi hrs legowo baik menang ato kalah..

    • muslim sejati

      mereka kebanyakan tak layak jadi pemimpin..

    • sama2 emosi .. Payah bgt

      • yang lebih payah tergerus pencitraan yang menyesatkan. *Jakarta belum rasional

  • adit bajing tbr

    udah deh,biarkan mereka bergerak di bidangnya masing masing,nga usa saling mengusik satu sama lain,buat apa tersinggung klo nga merasa ngelakuin,bersatu dalam damai

  • Maksudnya yg tidak amanah bisa jg Foke, SBY atau anggota dewan… yg balas kicauan tweeter jg bs aja pendukung Foke atau Jokowi wong ga ada KTP (kartu Tanda Pendukung) kok… jd jgn suuzon dl ya

  • Baru dapat figur Jokowi

    udah kayak dapat malaikat sajasok sci dan semua dikaitkan dengan SARAKeterlaluam para pendukung Alay ituJokowinya aja fine fine kok

  • marokk kali kau jokowi minat kali kau ya jd gub. jakarta ko urus dulu solo tu, klo dimedan udah diludahin kau jokowi,,, kamprettt kelen pendukungnya macam hebat kali si jokowi, taikk

  • yg sabar yah hmi.. :) yuk kita yg muslim pilih jokowi, yg non muslim pilih basuki :)

    • seee 7

    • joko suroto

      Ahok team mode = ON

      Oh ini SARA, masak nyuruh orang milih karena agamanya. Wong aturan yang paling tinggi itu undang-undang buatan DPR. Jadi tidak masalah agamanya apa, bahkan komunispun terserah yang penting program kerjanya.

      Kampanye SARA ini akan kami laporkan ke panswaslu ya.

      Ahok team mode = OFF

      • Kalo di pikir2… ternyata bener juga (BODOH & KURANG AJAR) :D

        Kenapa BODOH ? karena mengukur kebenaran menurut pendapat mayoritas. itu kan bodoh .. :D

        Kenapa KURANG AJAR ? Perintah Allah kok nanti dulu. Perintahnya Alloh minta izin manusia, ini kan KURANG AJAR ..!! :D

        Yang benar kalo manusia mau bikin aturan, harus minta izin dulu ke Alloh.. (menurut Alloh) boleh atau kagak ?
        lah ini enggak, malah Alloh yang minta izin ke DEPE..ER :D

        “Wong aturan yang paling tinggi itu undang-undang buatan DPR” —> ini yg nama nya Kurang Ajar ..!! Lah Aturan Alloh SWT dimana ?

        • edi

          mungkin bumi tempat tinggalnya dia nyipta sendiri sama DPR mas, jadi lebih tahu gimana ngatur hidup ini seharusnya

        • nabil

          mantap

  • Emang sekarang kalo ngomong agama orang pada eneg.

  • Low Profile …

    Harusnya sebagai Orang Islam: Mempunyai Kemampuan yang Jauh ebih baik dalam Instropeksi dan Menilai ! ~ Jakarta Memerlukan Perubahan: Coba di Kaji Siapa yang lebih Cocok untuk ‘Mengelola’ DKI ~ Tanpa harus memasukan Unsur ‘Agama’.
    .
    Tentunya dalam kancah berpolitik, Ini persaingan nya lebih Keras ~ Jadi bukan Porsinya Ustad untuk ikut ikutan berpolitik !!.

    • edi

      iya ya.., (sangat tidak) mungkin Alloh menciptakan kita terus kita bebas jalan kemana aja nda d bekali “peta”, mau masuk jurang, masuk kandang macan, atau ada jalan yang kelihatan nda enak (karena ada “SOP”nya yang kita merasa bikin hidup nda enak) tapi selamat sampai di kebun yang indah
      Hebat bener ciptaan-Nya ya…. cuma mau ngikutin SOP sholat zakat puasa, (kalo sama atasan di kantor yang udah tau jalannya perusaan mungkin bilan udah yang lain lu nda usah ngatur (wo…w)

  • Terimakasih yaa Pak Ustad atas dukungannya buat Pak Jokowi, memang hanya orang bijak saja yang memilih orang bijak

  • Yth HMI, Saya sangat maklum bila anda sangat marah karena ada yg
    menghina Pak Ustadz Yusuf , tapi saya akan mengingatkan kembali bahwa
    pelecehan Kitab Suci kita Al-Qur’an yang di buat sumpah demi politik dan
    kekuasaan lebih2 sangat menghina kita semua sebagai muslim, seharusnya
    itu yang anda demo. Ma’af sy hanya mengingatkan tanpa ada rasa membenci
    sedikitpun pada anda dan Pak Ustadz Yusuf Mansur. Kami sebagai sesama
    muslim menunggu demo anda dengan judul “JANGAN HINA DAN LECEHKAN
    AL-QUR’AN KAMI”.

    • hidayah

      sepakat dengan atas ane…
      jangan bawa2 agama dalam pilkada jakarta.. saat ini indonesia bhinneka tunggal ika dg asas pancasila mas, bukan/belum negara islam..

      • wkwkwkwk… Pancasila buatan manusia, Al-Quran buatan Allah. Gak ngurus mau negara Islam, negara kafir atau negara Pancasila, umat Islam tetap asas-nya ya Al-Quran. Dan agama harus selalu dibawa dalam setiap sendi kehidupan. Mau beol aja diajarin agama kok, apalagi urusan besar seperti Pilkada.

        Moga ente dapat sesuai nama ente bro. Dapat hidayah

      • ooo jadi Islam cuma boleh dibawa ke masjid aja??? * belajar ngaji tong

    • berarti anda harus banyak mengaji, penilaian anda subjektif..

  • @25maemunah

    Sabar,,, Hadapi semua dengan hati panas kepala dingin,,, Hati2 ini semua usaha untuk memecah belah persatuan kita bangsa Indonesia… Damai dalam perbedaan….INDONESIA = BHINEKA TUNGGAL IKA,

  • Dihina Karena (dianggap) Kritik Jokowi, Yusuf Mansur Dibela HMI

    “Mereka mengecam pendukung tim sukses Joko Widodo-Basuki T Purnama (Ahok) yang ‘diduga’ (memang dengan terang2an) telah menghina Ustaz kondang, Yusuf Mansur.”

    agaknya mohon sedikit klarifikasi

  • stevano itong

    dumay tu penuh potensi konflik lintas level, .. so jangan gampang panas lah ..

  • Fikri

    maksud ustad yusuf mansur kan bagus lg berdakwah tentang pemimpin (mungkin tanpa maksud dukung salah satu calon jg alias netral) tp mngkin karena pendukung jokowi lg ngerasa tertekan calon pemimpinnya terus2an dipojokin lewat jalur agama ya jadi pikiran mereka ke arah situ alhasil keluarlah kicauan2 yg kurang pantes. menurut saya sih berpikir dewasa aja, saling memahami, oh, mungkin mereka lg ada masalah jd ngeluarin kicauan2 yg gak pantes atau ya carilah alesan sendiri buat gk buruk sangka sma orang lain. mari kita ciptain suasana yg nyaman, aman, damai di setiap kehidupan kita.

    • mungkin harus di sumpel sama kalimat yg ada dalam Quran .. btw, emangnya Jokowi tau Tafsirnya ttg pemimpin .. kalo tau mgkin dia ga terlalu ngotot . hehehehehe

  • muslim sejati

    menghina ulama srta adjarannya sama dengan menghina nabi hukumannya mati…

    • Wah,,,,anda jgn jadi provokator.Mgkn Ustad YM nya malah memaafkan .Karena memang itulah ajaran nabi besar kita, Muhammad yg selalu bisa memaafkan.Km pengikut Rasulullah bukan ? mestinya ikut memaafkan dan mendoakan kebaikan untuk orang lain,walaupun dia menghina kita.Mgkn mereka khilaf….kl kitanya bersabar pasti mereka jg menghormati dan menghargai kita.

  • Priayi Solo

    Ustd.Yusuf Mansyur sama Jokowi itu hubungannya baik,ngapain yg lain ribut panas2i? buktinya Wisata Hati Soloraya kegiatannya bagus&lancar,membernya jg banyak. Ustad YM jg sering ke Solo & disambut baik..
    Yg menghina2 itu cm org2 yg pgn keruhkan suasana..jgn mudah terprovokasi ah :)

  • “Kenapa kalau membaca berita di koran kita ‘percaya, tapi yg sudah jelas2 ada di Al-Qur’an malah ‘dipertanyakan?'”

    • iya ya ,, bingung juga ,, mgkin harus ada pelajaran Tafsir Quran sejak dini

    • orang orang jaman sekarang dah susah diajarin

  • OptimusPram

    Tadinya heran kok comment-nya banyak yg nyerang Jokowi. Tnyta dakwatuna ya. Ya maklumlah,hihi..

  • Mengingatkan umat i2 kewajiban qt sesama muslim, tapi ga smua bisa menerima dengan baik. Mencela agama lain juga dilarang oleh Agama Allah (Islam). Dalam surat Al Kafirun ayat 6 “Lakum dinukum Waliyadin”, “Untukmu agamamu dan Untukku agamaku”, Allah memberikan kebebasan seseorang untuk memilih, Hasil yang dipilih akan kembali kepada qt sendiri.

  • Ia nih….! nggak sopan ya…..! Masa’….! Ustad Yusuf Mansur di Jelek2in….!

    • pendukungnya JB di metro kmaren liat gak ? haduduh nyaris di Usir krn Rusuh . itu baru 0,sekian% dari semuana .. bayangin kalo semua rusuh cm krn hal sepele …

  • Omong opo ae seh rek rek……jaga ukhuwah islamiyah…jangan menyebar kuman….boleh saleng bela membela….tp ingat kita umat islam harus tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan wathoniyah…

  • tetap istiqomah tad…

  • M. Syamsul Ridjal

    ya begitu deh kalo tebang pilh dalam beragama. sholat, haji, puasa dikerjain tapi pilh pemimpin no muslim, cari duit pake cara yahudi (ribawi) , bergaul pake cara munafik (tidak berkasih sayang sesama muslim) dlsb.maka berislamlah secara kaffah………… maka yang aneh aneh akan tertolak

  • abhhie

    wlau bgaimnapun kita yng tau kbnran kita ttp dukung yang bnar,krna kbnaran tu dtang dri Allah,tp jika kita udh tau kbnaran mlh justr memihaknya,itu yg tesingkir dri hidayah Allah,

  • dimas

    waduuuh ribut smua, sebaiknya setiap masalah kita diskusikan dengan santai (ojo sembrono,grusak-grusuk).

  • tapi ya ga usah di saat kampanye begini toh tad
    ceramahnya. karena pada saat ini situasinya lagi
    ‘sensitif’ jadi ngomong apapun juga pasti di
    kaitkan. think again. jangan

  • Heru

    Bisa saja yang ngebales di twitt,,orang orangnya sendiri,,kita mana tau….pintar pintarlah sedikit….BASI ah…

  • pemimpin emang dmn dmn harus amanah kok .. kalo gak amanah ya ,,,,,, ciri orang (munaroh) ehhh maksudnya munafik lohhh

  • here depp

    bingun cari pemimpin yg amanah..
    Mereka hny mementingkan diri sndri.
    drpd lama2 bingung, mnding pilih yg figur nya sdh ada bukti kerja nyata..

  • wajar sajalah klo SETAN itu suka kePANASan klo denger para ustadz ceramah… tapi mari kita doakan semoga para sekularis #jokohok itu segera sadar dan makin bagus keislamannya…Aamiinn…YRA……

  • udah pada liat belom debat kandidat di jaktv yg bisa diliat di youtube itu ..

    dari wacana nya aja gak jelas ne jokowi ..

    dua2nya cuma nebar permen manis yang manis nya cuma terasa pas lagi kampanye doang ..

    lebih enak golput daripada milih n nyesel kalo yang dipilih gak amanah ..

    yang penting bagi mereka balik modal dlu trus sisanya nimbun harta dah ..

  • Andro

    Yth HMI, Saya sangat maklum bila anda sangat marah karena ada yg
    menghina Pak Ustadz Yusuf , tapi saya akan mengingatkan kembali bahwa
    pelecehan Kitab Suci kita Al-Qur’an yang di buat sumpah demi politik dan
    kekuasaan lebih2 sangat menghina kita semua sebagai muslim, seharusnya
    itu yang anda demo. Ma’af sy hanya mengingatkan tanpa ada rasa membenci
    sedikitpun pada anda dan Pak Ustadz Yusuf Mansur. Kami sebagai sesama
    muslim menunggu demo anda dengan judul “JANGAN HINA DAN LECEHKAN
    AL-QUR’AN KAMI”.

    • komentar anda menunjukkan kemunafikkan :)

      • dawam

        Komentar anda menunjukan sangat kemunafikan dan arrogant

  • iflah

    mendingan kita jujur pada diri sendiri, karena lebih itu baik, jika tujuan blog ini menuju cahaya islam sy sebagai umat muslim senang, tapi lihat efek dari beberapa artikel yg ada di blog ini, koment2nya ga menunjukan sikap islami, jadi ga sjalan dengan tujuannya

    • akh, jadi komentar sarkasme, arogan dan variable aggression pendukung jokowi ahok,lebih islami,cerdas dan bijak gitu???

  • boncel

    bok ya jangan menuduh dulu itu dari team sukses si A atau si B twiter itu dunia maya semua orang bisa membuat alamat dan nama palsu,mungkin saja itu adalah orang yang ingin mengadu domba umat muslim,kita sebagai umat muslim harusnya lebih bisa mengunakan kesabaran dan akal pikiran kita yang lebih dingin agar kita tidak mudah terhasut akan hal-hal yang dapat memporpaganda umat muslim,maaf saya bukan salah satu pendukung calon gubernur jakarta dan saya juga bukan orang yang mempunyai KTP jakarta jadi mohon maaf bila ada kekeliruan dalam pendapat saya ini wasalam

    • ini media online resmi dan jelas alamatnya.. kenapa anda sewot, banyak media memberitakan pencitraan jokowi dan ahok yg tidak rasional.

  • sabar ustad ..biasa kalau menyerukan kebaikan banyak halangan dan hujatan
    sama seperti perjuangan para nabi2 kita terdahulu.insya Alloh …Alloh bersama orang
    orang yg sabar.aminn…

  • misi jokowi itu cuma ngejar karir, bukan sebuah pengabdian yg tulus buat warganya,,,,,

  • sardo

    lha ini kayaknya agama nyampe otak ngga’ nyampe ati…….

    • nah komentar anda mendeskripsikan, bahwa anda mempelajari agama, cuma lari ke otak nggk sampe ke hati :)

  • Astaghfirullahal’adzim

  • janganlah jadi provokator ……… ingatlah kedamaian ……..

  • ustad YM hny mengingatkan bkn mengkritik

  • negara ini kan negara sekuler???

  • Penanti Pemimpin yang Adil

    Sudah jangan pada ngelantur Mari kita berlomba2 dalam Kebajikan seperti dalam ayat Alquran,
    “berlomba lomba lah dalam kebaikan (QS. Al-Baqarah: 148)” Jokowi seorang Muslim bisa membuktikan, Ahok non Muslim Membuktikan Bangsa Yahudi pun membuktikan dengan Inovasi2nya, Mari Sebagai Muslim Sejati yang merasa lebih Ulama/Muslim dari Jokowi, Mari Kita Bangkit Buktikan Mari Kita berlomba2 dalam kebajikan Munculkan Figur yang mendekati Sempurna Bisa menjadi Pemimpin Dunia Akhirat. Amin Ya Robbal Alamin.

  • Akis Sugianto

    Salut Buat HMI

  • Mana nih yang bisa menjadi Pemimpin yang sejalan antara keinginan Masyarakat dan keinginan Umat Islam ?

    Kalau saja ada yang sangat dipercaya Umat Islam, ternyata dia malah korupsi
    dan
    Kalau saja ada yang sangat dipercaya Masyarakat, ternyata dia malah tidak sesuai dengan Syariat Islam

    Pilih Si Kumis salah Pilih si Kotak salah, Apa sekalian kali ya gak usah ada Gubernur, karena memang Gubernur / Pemimpin sekarang gak ada yang sesuai dengan keinginan kita semua.
    Atau mungkin sahabat semua ada yang mau nyalon ? tapi harus sesuai syarat dua diatas lho ya

    kenapa ya Yusuf Mansur gak mau terjun ke Politik dan memimpin umat ? padahal menurut saya ia mumpuni.

    • hahaha..

      ulama jarang yang mau jadi pemimpin sob… soalnya mereka sudah pada tau, klo dosanya jadi seorang pemimpin itu berat,,…
      tp.., jaman sekarang, malah banyak orang-orang yang nggak ngerti beratnya jadi pemimpin, ya begitu dah hasilnya.. hahaha….

  • angga

    Ya Allah turunkanlah azab ke negri ini sebagaimana engkau telah membinasahkan kaum2 terdahulu agar penduduk negri ini faham. Aaminn

  • Merdeka

    Jokowi dan semua yang ada dibelakang serta agent dunia mayanya yg dibayar pakei uang haram, biadab biadab biadab. Jokowi kalau lo memang ngaku pemimpin hebat tuntaskan janji-janji lo untuk jakarta bung !! dasar boneka berwajah dua. pengkhinanat bangsa lo

  • Merdeka

    Jokowi kami bangsa Indonesia mengutuk supaya engkau serta antek2mu binasa!!!! anjing lo jokowi

  • Anton Akong

    yeee memang begitu sikap orang yg slalu curiga sama lawan politik…….pade kaga sadr dieeeeee…..buta mata hatinyeeeee

Lihat Juga

Kritik Kajian Sejarah Faraq Fouda Dalam Buku Al-Haqaiq Al-Ghaibah (Bag ke-3): Seputar Khilafah Utsman bin Affan