Home / Berita / Nasional / MUI Tolak Sertifikasi Ulama Usulan BNPT

MUI Tolak Sertifikasi Ulama Usulan BNPT

Ma’ruf Amin Ketua MUI (inet)

dakwatuna.comUntuk mencegah maraknya paham radikal di masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) usul perlu ada sertifikasi ulama. Namun, Majelis Ulama Indonesia tidak setuju dengan wacana ini.

Ketua Komisi Fatwa MUI Ma’ruf Amin menegaskan predikat ulama didapat dari pengakuan masyarakat, bukan pemerintah. Seseorang disebut ulama jika diakui masyarakat.

“Untuk apa sertifikasi seperti ini. Sertifikat ulama ini dari masyarakat, bukan dari pemerintah. Jadi, tidak perlu sertifikasi seperti itu,” jelasnya sesaat tadi (Sabtu, 8/9), sebagaimana yang diberitakan oleh Rakyat Merdeka Online.

Ma’ruf mengatakan, selama ini pihaknya sudah aktif dalam mencegah tumbuhnya paham-paham terorisme. Salah satunya, MUI sudah mengeluarkan fatwa haram bom bunuh diri dan aksi teror. MUI juga pernah membentuk Tim Penanggulangan Terorisme. Namun ini sekarang sudah dihapus setelah ada BNPT.

“MUI menganggap sudah ada institusi pemerintah yang menanggulanginya. Tapi saya tidak tahu institusi itu sekarang efektif atau tidak,” sindir Ma’ruf.

Untuk menanggulangi aksi teror, lanjutnya, pemerintah harus lebih aktif mensosialisasikan deradikalisasi. Pemerintah bisa kerja sama dengan MUI agar kerjanya lebih efektif.

“Tapi, secara kelembagaan, lebih ada kerja sama itu. MUI jalan sendiri, pemerintah juga sendiri,” tandasnya. (dem/RMOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • noni

    Saya jadi teringat zaman SMA saya dulu, ketika zaman orba…..kondisinya sangat mirip dengan sekarang….betapa umat Islam selalu disudutkan dan dipojokkan….
    Tapi saya haqqul yaqin….kebenaran yang sebenar-benarnya….pasti akan terkuak

  • Jaka Yana

    noni: maksudnya gimana?
    apakah maksudnya yang melakukan pengeboman di Indonesia ini (yg mengorbankan nyawa sesama muslim) itu adalah yang layak disebut Islam yang benar?
    jadi, mayoritas umat Islam yang tidak disudutkan (karena tdk ikut2an menjadi teroris di negeri sendiri) itu dianggap bukan Islam ya?
    mhh jadi umat Islam itu harus yg selalu disudutkan ya?
    ok ok……I see

  • Tri Muhroji

    Sejak awal indikator itu sudah tampak jelas. Semakin lama semakin terang-terangan. Kita semua baru tersadar, bagi yang sadar negeri kita ini sedang dikuasai oleh siapa dan mau di bawa ke mana. Arahnya jelas kok. Tumbuhkan sekularisme, liberalisme, atheisme dan kebebasan. Agama harus di bawah HAM. Nggak percaya? tunggu saja perkembangannya

Lihat Juga

Ilustrasi. (tammymasterkey.wordpress.com)

Nak…

Organization