Home / Berita / Rilis Pers / MER-C Tidak Pernah Keluarkan Penyataan “Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang”

MER-C Tidak Pernah Keluarkan Penyataan “Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang”

Logo Mer-C

dakwatuna.comTerkait pemberitaan yang muncul di sejumlah media online yang berisi seorang aktifis MER-C menyatakan bahwa “Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang”, maka sebagai sebuah lembaga sosial yang berfokus pada bidang medis yang memegang prinsip netralitas, kami membantah pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu dan merasa perlu segera memberikan klarifikasi kepada masyarakat mengenai hal ini.

Pertama, pernyataan “Pengusaha Jakarta Suplai Logistik Serangan di Sampang” bukan dikeluarkan oleh MER-C. Kalaupun ada pernyataan seperti itu yang dicetuskan oleh seseorang mengatasnamakan MER-C khususnya pada acara konferensi Pers di LBH, Senin (27/8), maka perlu kami tegaskan bahwa itu adalah pernyataan oknum yang bersifat personal, bukan atas nama lembaga MER-C. Sebagai lembaga medis kami pun tidak berkompeten untuk mengeluarkan pernyataan di luar bidang medis, apalagi tanpa disertai dengan bukti berupa data dan fakta.

Kedua, kami tidak menghadiri atau mengirimkan wakil pada acara Konferensi Pers terkait kasus Sampang yang digelar di LBH Jakarta Senin siang kemarin (27/8).

Ketiga, terkait seseorang bernama Junas/Junaz yang mengatasnamakan dirinya sebagai aktifis MER-C ketika memberikan pernyataan pada acara konferensi pers di LBH kemarin, maka perlu kami sampaikan terlebih dahulu bahwa MER-C adalah organisasi yang bersifat terbuka. Untuk itu, siapapun yang mempunyai niat ikhlas dan mempunyai komitmen untuk membantu sesama bisa mendaftar menjadi relawan MER-C. Saudara Junaz memang pernah menjadi salah satu relawan pada Misi MER-C untuk korban konflik Sunni Syiah di Sampang pada bulan Januari 2012 lalu. Namun, sejak saat itu ybs belum pernah lagi terlibat atau ditugaskan oleh MER-C untuk misi kemanusiaan lainnya.

Keempat, sampai saat ini MER-C belum mengirimkan Tim Medis atau bantuan dalam bentuk apapun ke Sampang pasca insiden serangan yang terjadi baru-baru ini. Sehingga tidak benar apabila ada yang menyebutkan MER-C sudah berada di dekat lokasi kejadian selama sebulan lebih. Setiap relawan yang ditugaskan oleh MER-C untuk melakukan misi kemanusiaan ke berbagai lokasi konflik dan bencana dibekali dengan surat tugas dari MER-C Pusat Jakarta atau Cabang MER-C yang sudah resmi.

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan untuk meluruskan informasi dan pemberitaan yang beredar di masyarakat.

 

Jakarta, 28 Agustus 2012

Divisi Humas MER-C

——————————————–

MER-C Indonesia

Jl. Kramat Lontar No. J-157 Senen Jakarta Pusat 10440 – Indonesia
Phone/Fax        : +62 21 3159235 / 3159256
Call Center        : +62 811 99 0176
Website             : www.mer-c.org

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Menurut Ahok, Gak Mungkin Bundaran HI Banjir