Home / Berita / Rilis Pers / Surat Pernyataan KIBAR tentang #SaveMaryam

Surat Pernyataan KIBAR tentang #SaveMaryam

Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.comSehubungan dengan terjadinya pro dan kontra kampanye #SaveMaryam yang dijalankan oleh Mercy Mission World yang dapat di akses melalui http://savemaryam.com/, KIBAR  yang merupakan organisasi representasi warga muslim di Britania Raya (UK), telah mengirimkan perwakilannya untuk melakukan klarifikasi kepada pihak Mercy Mission pada tanggal: 27 Juli 2012 di kantor MM di East London, 28 Juli 2012 di Studio Ramadhan TV North West London, 4 Agustus 2012 di IIC London (masjid Indonesia) dan 12 Agustus 2012 di IIC London (masjd Indonesia).

Berdasarkan klarifikasi yang kami lakukan dari keempat pertemuan ini, maka kami menyimpulkan bahwa:

1.    Mercy Misson sebagai penggagas kampanye #SaveMaryam adalah organisasi nirlaba resmi muslim yang terdaftar di UK dan bergerak di bidang dakwah Islam dengan nomer registrasi (Charity Registration No. 1122922 (http://www.mercymissionworld.org/).

2.    Kami memandang usaha yang dilakukan oleh Mercy Mission dengan kampanye #SaveMaryam – nya adalah usaha murni untuk menumbuhkan kesadaran dan untuk memberikan solusi dari permasalahan pemurtadan terutama kristenisasi (berpindahnya muslim menjadi pemeluk agama Kristen) yang terjadi di Indonesia.

3.    Usaha ini adalah usaha positif yang perlu diapresiasi yang berlandaskan kepada:

  • Kesadaran bahwa kita sebagai muslim perlu melakukan sesuatu untuk mencari solusi atas permasalahan pemurtadan ini dengan tidak menyalahkan kegiatan kristenisasi yang ada di Indonesia tetapi melalui self evaluation dan self action.
  • Melakukan program-program yang bisa bersaing dengan program-program kristenisasi yang sedang berjalan di Indonesia seperti muslim community helpline, TV muslim dan program pembiayaan masyarakat kecil (micro finance).
  •  Tidak ada niatan dan upaya-upaya untuk merusak kerukunan antar umat beragama di Indonesia dari kampanye #SaveMaryam ini karena sifat dari program ini adalah dari umat Islam oleh umat Islam dan untuk umat Islam.

4.    Pihak Mercy Mission bersikap kooperatif dan terbuka dalam menerima kritik, masukan dan koreksi dari komunitas Indonesia di UK melalui dialog-dialog ini dan menawarkan agar warga Indonesia yang ada di UK (warga KIBAR) dan Indonesia supaya bisa masuk kedalam tim untuk mengentaskan masalah pemurtadan ini.

5.    Terkait pencantuman angka 2 juta yang ditentang oleh beberapa warga muslim di UK, pihak Mercy Mission sudahmenjelaskannya melalui:

http://savemaryam.com/downloads/SaveMaryamPressRelease.pdf

Pihak Mercy Mission dan penentang sepakat bahwa faktanya tidak ada angka akurat yang bisa dijadikan patokan, bahkan pihak penentang angka 2 juta inipun tidak mampu menyebutkan angka yang pasti namun menurut pihak penentang angka 0-200.000 orang per tahun adalah reasonable. Oleh karena itu pihak Mercy Mission mengajak untuk lebih memfokuskan diri pada pencarian solusi dari permasalahan pemurtadan itu sendiri dan bekerjasama di dalam bidang yang disepakati. Selain itu pihak Mercy Mission menyatakan menerima akan masukan angka ini dan akan melakukan koreksi angka pemurtadan sesuai dengan apa yang di sarankan oleh pihak penentang yaitu 0-200.000 orang per tahun di press release tahapan program berikutnya yaitu implementasi dari program ini.

6.    Sebagian dari warga KIBAR juga memberikan masukan mengenai kemungkinan timbulnya keresahan yang diakibatkan oleh kampanye #SaveMaryam antar warga muslim ‘hardline’ dengan warga kristiani ‘hardline’ yang bisa berkembang menuju kekerasan, pertumpahan darah bahkan pembunuhan. Mercy Mission menerima masukan ini dan mengajak semua pihak yang hadir untuk terus berpartisipasi aktif dan terus memberikan masukan-masukan dalam program yang mereka gulirkan serta menjadi bagian dari solusi.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan diatas, maka KIBAR menyatakan bahwa:

  1. Kami menyadari bahwa hanya Allah SWT yang Maha Benar yang Maha Mengetahui yang tidak pernah salah tidak pernah tidur, kami sebagai manusia memiliki banyak kekurangan, kesalahan dan kekhilafan.
  2.  Kami menyadari bahwa ada pro kontra dari kampanye ini oleh karena itu klarifikasi (tabayun),  dan komunikasi yang konstruktif adalah jalan yang terbaik yang akan selalu ditempuh warga KIBAR dan pengurus KIBAR. KIBAR sangat menghormati pihak-pihak yang pro dan kontra.
  3. Dari hasil dialog dan klarifikasi dengan pihak Mercy Mission yang telah kami lakukan kami memutuskan untuk tidak dalam posisi kontra terhadap program anti pemurtadan secara umum dalam hal ini program #SaveMaryam khususnya.
  4. Usaha positif Mercy Misson yang peduli dengan issue pemurtadan di Indonesia perlu diapresiasi dan didukung.
  5. Pihak Mercy Mission menyadari atas kekurangan yang ada serta meminta agar warga Indonesia untuk proaktif dalam memberikan masukan, kritik serta menjadi bagian dari solusi.
  6. Menghimbau pihak Mercy Mission untuk terus melakukan diskusi konstruktif dan menjalin kerjasama dengan partner local yang kredibel di Indonesia dan berkomunikasi dengan warga Indonesia yang ada di UK khususnya KIBAR agar program-program yang dilaksanakan bisa memberikan manfaat yang seluas-luasnya tanpa menimbulkan konflik di lapangan.
  7. Menghimbau kepada seluruh komponen Muslim Indonesia untuk mengedepankan dialog konstruktif dengan semangat ukhuwah Islamiyah, kasih sayang dan saling memaafkan. Sehingga warga muslim Indonesia bisa diterima dan mendapatkan tempat yang terhormat di kancah dakwah internasional.
  8.  Mengajak kaum muslimin dan muslimat serta organisasi Islam di Indonesia untuk selalu terus bekerjasama melanjutkan perjuangan untuk melindungi umat Islam Indonesia dari usaha-usaha untuk menjauhkan mereka dari Islam seperti pemurtadan, dan liberalisasi dengan cara-cara yang menghindari konflik serta perpecahan kesatuan dan persatuan bangsa.

Demikian pernyataan ini kami buat atas dasar itikad baik, kasih sayang, prinsip ukhuwah islamiyah dan kerjasama yang konstruktif. Semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan gambaran dan pandangan KIBAR terhadap situasi yang berkembang saat ini. Marilah kita saling memaafkan atas segala kesalahan yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja serta memohon ampunan Allah SWT atas segala kekhilafan. Marilah kita berdo’a kepada Allah SWT agar menunjukkan yang benar itu adalah benar dan memudahkan untuk melaksanakannya dan yang salah itu salah dan memudahkan untuk menjauhinya.

Semoga kebenaran dan kebaikan serta cahaya Islam akan ditegakkan oleh Allah SWT di muka bumi dan semoga Allah SWT menolong seluruh umat muslim dimanapun berada yang sedang dilanda cobaan-cobaan dan fitnah-fitnah yang sangat berat ini dan mempersatukan hati-hati mereka dalam keta’atan kepada Nya. Amiin. Akhirul kalam, mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan surat pernyataan ini.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi wabarakatuh,
Aberdeen, 29 Agustus 2012
Atas nama warga KIBAR,

Rahmat Sifaurahman                     Eko Kurniawan
Ketua KIBAR 2012-2013                     Wakil Ketua KIBAR 2012-2013

Rekaman pertemuan terakhir antara warga KIBAR dengan pihak Mercy Mission bisa di download di  link berikut:

http://www.mediafire.com/?j2y0hd0q0db69d8

http://www.mediafire.com/?d3bd3ghxnxbcey5

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ini Isi Surat Gloria ke Jokowi Lantaran Digugurkan dari Paskibraka Istana