Home / Berita / Daerah / Nur Mahmudi Terbiasa Tanpa Mobil Dinas

Nur Mahmudi Terbiasa Tanpa Mobil Dinas

Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il turun dari sebuah angkot. (islamedia.web.id)

dakwatuna.com – Depok. Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il semakin terbiasa tanpa menggunakan mobil dinas. Setiap hari Selasa, Nur Mahmudi menggunakan angkutan publik, sepeda angin, atau sepeda motor, bahkan pernah berjalan kaki dari rumah ke kantor ataupun sebaliknya.

Pada setiap hari Selasa, Nur melaksanakan program sehari tanpa mobil dinas. Tujuannya untuk penghematan bahan bakar dan mengurangi kemacetan di wilayah Kota Depok, Jawa Barat. Sudah tiga bulan program sehari tanpa mobil dinas ini berjalan di Depok.

“Macam-macam yang pernah saya alami selama tidak menggunakan mobil dinas. Saya menjadi tahu masalah yang terjadi di jalan. Warga langsung menyampaikan informasi tanpa ada perantara ke saya,” tutur Nur, Selasa (28/8/2012) kepada Kompas.

Peristiwa di tengah jalan itu, kata Nur, menjadi inspirasi dan masukan baginya membuat perencanaan pembangunan. Persoalan di jalan jumlahnya tak terhitung, hal itu malah mendorongnya ingin tahu lebih dalam mengenai masalah di lapangan.

Tidak hanya bagi wali kota, program sehari tanpa mobil dinas berlaku bagi semua pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Depok. PNS disarankan menggunakan angkutan selain mobil dinas. Namun, mereka tidak diwajibkan menggunakan satu moda yang sama karena jarak tempuh masing-masing pegawai dari rumah ke kantor berbeda-beda.

“Setelah program ini berjalan, timbul kekompakan di antara aparatur pemerintah. Kami menghadapi persoalan bersama untuk membuat semuanya efisien,” kata Nur, yang pulang kerja mengendarai sepeda motor dengan mengenakan jaket parasut dan helm standar, Selasa (28/8/2012).

Bersamaan dengan program ini, pada hari yang sama Pemkot Depok melaksanakan program sehari tanpa nasi. Program ini digagas pada September 2011 dan dilaksanakan mulai Februari 2012. (Nasru Alam Aziz/KCM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • SOBARI

    Pemimpin yang punya hati nurani… Pemimpin yang mau merasakan denyut kehidupan masyarakat kecil…. Subhanallah, semoga makin banyak lahir pemimpin seperti Nurmahmudi……

  • dan ga seperti jokowi dan dahlan yang dibesar-besarkan di media koran atau televisi…cukup masyarakat langsung yang tahu.

  • Hilman Fauzi

    Trus ngapain di posting….. Curiga nih web dakwatuna ganti aja deh jadi PKS na…. Wkwkwkwkwkwk….

    • Abu Luqman

      Ngiri dan Sirik ya wakkkkkkkkkkkkkkkkk………………..
      Teruskan perjuanganmu wartawan Dakwatuna………posting kabar terkini pejabat yg muslim, yg berperilaku islami……..

      • DHIMAS NUR RAMADHAN

        bener banget tuh abu ^_^

  • anak baroe

    kalau pejabat laen boleh membuat pencitraan pribadi di media2 mainstream, maka yg ini justru bukan pencitraan, apalagi pencitraan pribadi. karena wajib pakai kendaraan umum ini berlaku untuk seluruh PNS pemkot Depok, bkn inisiatif pribadi Walikotanya saja

  • Erik Eri

    Cuma pejabat dari PKS lah yg seperti ini.

Lihat Juga

(Foto) Ini Penampakan Mobil Berlapis Emas Miliarder Teluk di London