Home / Berita / Daerah / Irwan Prayitno: Angka Kemiskinan di Sumbar Turun, Pengangguran Berhasil Ditekan

Irwan Prayitno: Angka Kemiskinan di Sumbar Turun, Pengangguran Berhasil Ditekan

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. (inet)

dakwatuna.com – Padang. Pelaksanaan Idul Fitri 1433 H tahun 2012, berlangsung cukup ramai. Ini terlihat dari halaman Kantor Gubernur yang penuh sesak dengan jamaah, tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya sebagian. Hal ini mungkin berkaitan dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dilakukan serentak oleh pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1433 H di Padang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur yang dihadiri oleh Gubernur Irwan Prayitno, Wagub Muslim Kasim, Ketua DPRD Yultehnil, Forkopinda, Walikota Fauzi Bahar, Sekda Ali Asmar, Kanwil Kementrian Agama,  Asisten, Staf Ahli serta beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemprov dan Pemko Padang pada Minggu pagi (19/8).

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan, kita perlu saling memaafkan di momen Idul Fitri sebagai ungkapan rasa syukur kembali ke fitrah sebagai mana yang telah dijanjikan Allah SWT, bagi umatNya yang beriman dan bertaqwa.  Selain itu Idul Fitri Kali ini seiring dengan peringatan HUT RI ke 67, Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia untuk seluruh masyarakat Sumatera Barat, semoga rasa kebangsaan kita terus tumbuh untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sebagai mana kita telah mengamalkan ibadah puasa, mari kita aplikasikan hasil ibadah selama Ramadhan, dengan semangat kerja keras dan bersungguh-sungguh memajukan pembangunan di daerah ini. Saat ini kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Sumatera Barat dari 9 persen pada tahun 2010 menjadi 8 persen pada tahun ini. Keberhasilan ini tentu berkat peran serta dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

Dalam penyelenggaraan pembangunan periode 2010 – 2015 ini, kita terus memacu partumbuhan kegiatan di sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan serta usaha-usaha kecil menengah bersama pemkab/ko dan masyarakat. Program-program ini menjadi bahagian penting dalam RPJM kita mewujudkan Sumatera Barat yang Madani, Adil, Sejahtera dan Bermartabat.

Seiring itu kita juga berhasil menekan angka pengangguran dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, terutama penambahan jam kerja petani, nelayan dan masyarakat miskin lainnya, yang diharapkan  akan mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan di Sumatera Barat, harapnya.

Irwan Prayitno juga menghimbau masyarakat Sumatera Barat untuk peduli sesama, terutama membantu saudara-saudara kita di Myanmar, Iran, Palestina, Syiria yang sedang mengalami musibah gempa dan konflik di negara mereka. Sebagai sesama umat Islam, ini merupakan juga pengalaman nilai-nilai Ramadhan dan solidaritas.

Kita amat yakin masyarakat Sumatera Barat merupakan orang-orang yang peduli terhadap sesama, sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kultur masyarakat yang selalu ingin berbagi, ujarnya. Dalam sambutannya, Gubernur juga menyampaikan bahwa pada 16 Agustus dua tahun lalu adalah permulaan Irwan Prayitno dan Muslim Kasim menjalankan amanah kepemimpinan di Sumatera Barat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur.

Walikota Padang Fauzi Bahar, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat kota Padang untuk mau memberikan sumbangan nilai sesebungkus nasi untuk saudara–saudara kita dari Myanmar yang saat ini banyak yang mengungsi di Indonesia.

Di hati dan pikiran kita masih teringat peristiwa gempa 30 September 2009, betapa kita berebut untuk mendapat makanan, dan menunggu bekal karena kondisi saat itu amat susah. Rasa pahit dan susah itu telah berhasil kita lewati berkat bantuan dan perhatian masyarakat dunia, baik dalam negeri maupun luar negeri. Oleh kerena itu kita telah membentuk tim penghimpun dana dan bantuan masyarakat untuk disalurkan kepada saudara kita dari Myanmar, Palestina dan Iran. Mudah-mudah ini memberikan kita hidayah dan kebaikan dari Allah SWT, ungkapnya.

Khatib dalam penyelenggaraan Idul Fitri tahun ini adalah Prof. DR. Phil Yanuar Kiram, Rektor Universitas Negeri Padang, dengan judul, “Pembebasan Roh dari Budak Hawa Nafsu”. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Geliat Zakat Sebagai Pengentas Kemiskinan