Home / Berita / Nasional / ‘Melompat-Lompat’ Ala Jokowi-Ahok Tidak Bagus dalam Pendidikan Politik

‘Melompat-Lompat’ Ala Jokowi-Ahok Tidak Bagus dalam Pendidikan Politik

Pasangan Jokowi-Ahok yang diusung oleh PDIP dan Partai Gerindra. (Antara/Yudhi Mahatma)

dakwatuna.com – Jakarta. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menilai calon Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi seharusnya menuntaskan terlebih dahulu kerjanya sebagai Walikota Solo.

“Sebenarnya Jokowi adalah tokoh yang sangat potensial tapi akan jauh lebih bagus bagi beliau untuk menyelesaikan dulu tugasnya di Solo. Ini akan menjadi preseden yang tidak bagus,” kritik Anis di Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Anis juga menilai hal yang sama terjadi kepada cawagub Jokowi yaitu Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Pada saat menjabat Bupati Belitung Timur, Ahok justru maju mencalonkan diri menjadi gubernur. Setelah gagal, Ahok justru masuk di Dewan Perwakilan Rakyat.

“Ahok juga tidak menyelesaikan tugasnya. Ini tidak bagus. Setiap pemimpin politik mesti berorientasi pada legacy, ada sesuatu yang dia wariskan. Dia harus berorientasi kesitu bukan pada jabatannya,” pinta Wakil Ketua DPR ini.

Anis menjelaskan ‘melompat-lompat’ seperti yang dilakukan Jokowi dan Ahok tidak bagus sebagai pendidikan politik. PKS memutuskan mendukung pasangan incumbent Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli dalam putaran kedua Pemilukada DKI.

“Dia (Jokowi) tuntaskan dulu tugasnya toh masih muda juga. Gak perlu buru-burulah orang juga tahu prestasinya secara nasional. Itu pertimbangan kita. Pola ini tidak bagus bagi pendidikan politik masyarakat,” katanya. (bar/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (58 votes, average: 7,52 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ian Siregar

    cari yang negatif banyak, cari yang pisitif harusnya lebih banyak supaya hasilnya baik.

  • berfikir dan berasumsi positif saja pak bahwa lompatan jokwi dan ahok mudah-mudahan jadi barokah buat rakyatnya

    • kepemimipinan orang kafir (baca: musuh ALLOH) koq bawa berkah????????
      berkah dari mane?????????????
      maju terus pks . . . .

    • pindah aja Mas ke negri Vatikan biar peminpinnya membawa berkah, ” tema baru bulan ini peminpin kafir membawa berkah” kekekkekeekekek tapi gak apalah kita hargai pendapatnya, tapi saya sebagai umat islam sangat tdk tdk bisa menerima itu, karena indonesia yg selalu di pinpin org islam aja kayaknya masih jauh dari berkah, tetapi tetap saya syukuri masih bisa hidup dan beribadah dengan nyaman di negeri ini!!! peace!!!!

  • bu Anis matta nya nggk ,melihat d indonesia in yg bs d harapkan pendidikan politik yg mn…..y wajarlah pks mendekati foke…soalnya dsitu ad partai demokrat masalah it udh bs dtebak…..jngan urusi masalah orng lain urusi aj partai sendiri…..

  • orang seperti ahok ni, model orang gila jabatan . . .
    jabatan maw dy gunakan untuk misi kristenya . . .

  • seharusx para Elit partai berfikir fositif,,,dan pasti energi negatif yg anda salurkan akan membawa malapetaka buat diri anda sendiri….pasti akar rumput dah tau…kepentingan para Elit…

  • Orang Jakarta banyak yg Pintar2 bung..Ingat Sara atau tipu muslihat menyudutkan jokowo malah bumerang bagi foke…

    • yogai

      betul gannnn, lihat lah jangan ngerasa islam tapi tingkahnya tidak menunjukan islam,.,.,.,.lihat pemimpin negara maju.,.,.,.,mereka bukan sepenuhnya islam tapi mereka menjadi pemimpin menerapkan keislaman,.,.,sedikit korupsinya,karena mereka takut & taat hukum, sementara pemimpin di indonesia agama islam tapi tidak takut hukum dunia – akhirat.mereka mengetahui bahwa kepemimpinan, managemen, economi,dll yang di terapkan nabi muhammad saw sangat baik..

    • hakeem ajaah

      Yang betul nich di Jakarta banyak orang pintar?
      Tapi kok masih terjadi banjir yach, karena banyak buang sampah ke sungai.
      Kok masih terjadi macet yach…
      Terus kok banyak club malamnya yach…
      Terus para pemudanya kebanyakan ikut pergaulan bebas yach…
      Kok masih sering tawuran antar warga atau sekolah yach….
      Kok geng motor masih banyak berkeliaran yach….

      Hadeh….
      Masyarakat miskin dan bodohnya masih banyak ternyata

  • Yg perlu di ingat dari teman2 “Jokowi adalah tokoh yang sangat potensial dan berprestasi..karena beliau berkerja dlm daerah kerajaan.solo,jogya..tempat raja jawa..jd dibawa tekanan wajar aja klu jokowi menjadi pemimpin yg baik.dan bersih…dan kita tdk bisa menjamin klu beliau ada dlm daerah mafia.apakah ?? beliau akan tetap bersih..
    .

    • tidak bisa menjamin bu, beda kondisi dan situasi di solo dan di DKI, jokowi org baik sayangnya beliau berteman dan berkumpul dengan para penjual ASET NEGARA yang HAUS DARAH KEKUASAAN…

    • YUSUF ANDRI

      yaa paling paling ikut kecipratan comberan aja, alias dapat duit dri mafia dikit2, dapat daun muda sekali sekali

  • saya kira komentar Pak Anis sangatlah tendensius sebagai bentuk provokasi untuk memilih calon lain…jika mengacu pada pernyataan tersebut, kita bisa juga menggunakan sebuah contoh sederhana: Jika sebelumnya menuai padi secara manual dengan menggunakan arit, lalu ada tawaran untuk memanen dengan menggunakan mesin, maka manakah yang harusnya dipilih?? Esensinya adalah bagaimana bisa segera memperoleh hasil

    • anti asbun

      wuiih… logika kapitalis banget ^_^, bos baca deh komen gw buat christian black.. esensinya loncat-loncat itu yg dirugikan masyarakat.. asbun..

  • ari ams

    Bagaimana bisa
    yang jokowi dan ahok ini dianggap salah atau tidak sehat karena meninggalkan
    tugasnya ( itu kalo menang, kan? ) sedangkan yang dilakukan
    Jokowi sekarang ini juga pernah dilakukan oleh orang-orang PKS, antara lain:

    ·
    Ahmad Heryawan, anggota / Wakil Ketua DPRD DKI periode 2004-2009, memilih
    meninggalkan kursi DPRD untuk maju pada pemilukada Jawa Barat tahun 2008 dan
    terpilih sebagai Gubernur

    ·
    Irwan Prayitno, anggota DPR RI periode 2009-2014, memilih meninggalkan
    kursi DPR untuk maju pada pemilukada Sumatra Barat tahun 2010 dan terpilih
    sebagai Gubernur

    ·
    Tifatul Sembiring, anggota DPR RI periode 2009-2014, memilih meninggalkan
    kursi DPR untuk menerima tawaran Presiden SBY menjadi Menteri Negara Komunikasi
    dan Informasi

    ·
    Hidayat Nurwahid, anggota DPR RI periode 2009-2014, berusaha meninggalkan
    kursi DPR untuk maju pada pemilukada DKI tahun 2012, sayangnya gagal

    • jokowi & ahok kan mencalonkan lagi di luar daerahnya, kalo jokowi walikota solo mau jadi gubernur di jakarta, mau di kemanain tu solo, mending yg ganti orang orangg sebagus dia ini 180 derajat berbeda, ahok juga sama dari belitung ke jakarta tahu apa dia soal jakarta!!!! peace!!!!!

    • asal GOBLEK neeh org kaga ngerti dan kaga bisa ngebedain inti pembahasannya

      • ari ams

        Asal goblek ya?

        Maksud ane gini loh: kalo model jokowi yg mencalonkan diri jadi cagub dki dianggap melompat2 dan dianggap bukan contoh baik, maka politisi dpr asal pks yg jadi menteri dan gub pun sama saja.

        Ketika menteri dan gub/wali yg anggota dpr ini bisa diterima/diangga benar, kenapa giliran jokowi kok salah? –ust hnw kan kemaren nyagub belon selesai juga masa baktinya di dpr..
        Pada 23 Agu 2012 14.55, “Disqus” menulis:

        • sy mo sharing ilmu aja ya…gubernur atau bupati adlh jabatan EKSEKUTIF, jelas dia tdk bs meninggalkan jabatannya, krn kedudukannya fardu ain. sedangkan anggota DEWAN adalah jabatan di LEMBAGA LEGISLATIF, kedudukannya fardu kifayah (kepemimpinan kolektif). jadi mari kita fahami klo pada akhirnya jokowi dan ahok yg disorot dlm masalah ini, krn mereka ber2 adalah pejabat EKSEKUTIF…wallahu’alam

          • ari ams

            lupa ya mas kalo sekarang anggota dewan juga dipilih langsung?
            emang masih ada juga yang nyoblos/nyontreng partainya sih, tapi ide dasarnya adalah pilih langsung..

            2012/8/27 Disqus

          • trm ksh. insyaAllah sy g lupa. tp perlu diketahui (ini ilmu jg ya) jwbn yg anda masuk itu adalah bab : syarat administratif dan ketetntuan uu seseorang berhasil masuk ke dalam parlemen. sedangkan ketika dia sdh masuk ke dlm parlemen dia bekerja berdasarkan ketentuan yaitu berupa : alat & kelengkapan dewan (fraksi, komisi, sidang komisi, paripurna, dll dech). semua program kebijakan dibahas di komisi. di komisi ada individu yg bekerja mengatasnamakan lembaga yg mengutusnya (fraksi) yg bs terdiri dr 1-3 orang. jd klo ada komisi A misalnya sedang ada tugas tertentu, maka bs sj ada slh satu anggota komisi yg izin cuti (krn utusan fraksi bs lbh dr 1 org)….jd panjang ceritanya ya…(pokoke belajar dulu ilmu politik dan ketatanegaraan dulu aja kayak sy gitu…please!!). wallahu’alam.

          • bocah baleng

            @facebook-1677506161:disqus
            Ada wakil walikota… dengan kewenangan yang sama…
            … cobalah cari alasan yang lebih bagus untuk menunjukkan benarnya dukungan pada Foke…

          • Mas mo pejabat eksekutif,legislatif mereka sebenarnya dibebani oleh amanah dari masyarakat…..jadi gak hanya jokowi ahok aja yg gak boleh paparan dari ari ams jga ada benarnya juga

    • kalo gak faham politik jangan ngomong politik, politik itu jadi kotor ya karena banyak orang2 seperti anda ini mas @ariams:disqus , triaspoliticanya beda pembagiannya mas, jangan malu2in diri dengan kebodohan yg ditunjukkan gitu lo mas,,,,

      • ari ams

        Tunjukin bedanya. Jangan cuma bisa nyela. Saya fair kok kalo salah ya saya akan ngaku salah. Tapi kalo orang2 kayak kamu yg cuma bisa nyerang ad hominem, mana saya tau saya salah? Yg saya tau jadinya cuma ada orang ngeles.

        Rakyat memilih.anggota dewan maupun eksekutif untuk bertugas. Dia paket. Jokowi hilang masih ada Rudy. Kalo anggota dpr?
        Pada 2 Okt 2012 11.39, “Disqus” menulis:

  • baru bisa buat mobil biasa aja udah meninggikan derajatnya, lihatlah mantan Presiden kita Bapak Habibi yang telah membuat berbagai macam mobil mewah dan berbagai pesawat terbang, Beliau disingkirkan dari Indonesia yang akhirnya pergi ke Jerman. Apa yang bisa dilakukan oleh Bangsa kita apabila selalu seperti sekarang ini yang hanya meninggikan dari segi pandangan yang hanya seperti itu saja.

  • kita
    keliru semua, siapapun yang terpilih ndak bakalan memuaskan kita, jangan dulu2
    terlalu berharap kepada siapapun, buktikan omongan saya 1-2 tahun lagi,
    siapapun yang jadi akan kita hujat juga, walau kita sekarang kita sedang
    mbelain dia ….. yang memilih sama yang dipilih masih sama- sama kok, sama
    sama brengseknya !!!!!

  • kita
    keliru semua, siapapun yang terpilih ndak bakalan memuaskan kita, jangan dulu2
    terlalu berharap kepada siapapun, buktikan omongan saya 1-2 tahun lagi,
    siapapun yang jadi akan kita hujat juga, walau kita sekarang kita sedang
    mbelain dia ….. yang memilih sama yang dipilih masih sama- sama kok, sama
    sama brengseknya !!!!

  • kita keliru semua, siapapun yang terpilih ndak bakalan memuaskan kita, jangan dulu2
    terlalu berharap kepada siapapun, buktikan omongan saya 1-2 tahun lagi,
    siapapun yang jadi akan kita hujat juga, walau kita sekarang kita sedang
    mbelain dia ….. yang memilih sama yang dipilih masih sama kok, sama
    sama brengseknya !!!!!

  • kita keliru semua, siapapun yang terpilih ndak bakalan
    memuaskan kita, jangan dulu2 terlalu berharap kepada siapapun, buktikan omongan
    saya 1-2 tahun lagi, siapapun yang jadi akan kita hujat juga, walau sekarang
    kita sedang mbelain dia ….. yang memilih sama yang dipilih masih sama kok,
    sama sama brengseknya !!!!!

    • siapapun calonnya, harus kita pilih. kalau kita GOLPUT artinya kita merendahkan diri kita sendiri, seolah-olah kita menganggap diri tidak ada. artinya kalau akhirnya negara ini maju, kita tidak mengambil peran apa2. kalau negara ini hancur, itu karena kita sendiri, karena tidak melakukan apa2. dari 2 calon yang jelek, pasti ada yg terbaik. tidak ada manusia yang sempurna.

      • ada juga yang berfikir, kalo kita memilih, berarti merendahkan diri sendiri, karena suara kita (jika kita orang baik dan tahu ilmu), nilainya sama dengan suara orang lain (yang jelek dan tidak tahu ilmu)… bagaimana menurut Mas Riyan?

      • Loe

        Menurut saya GOLPUT itu boleh asal nnti jangan protes oleh ke dua calon tsb klo mungkin terpilih. klo” ternyata gagal.

    • bicara yg baik atau diam dan gunakan ilmu agama bukan ilmu nafsu… mencari pemimpin / wakil harus melihat banyak sedikitnya dampak kerusakan yg akan terjadi jika mereka memimpin

    • bang kamen

      terjadi kok.. Jokowi “loncat” lagi :D

  • kagak bisa pada rukun apa?

  • kata2 orang sirik

    • sirik apa ngiri …. kaga bisa ngomong aja komen

  • adiet prast

    susah kalo media seperti ini dipegang sama aktivis partai (Keadilan Sejahtera), katanya partai dakwah..koq selalu saja Suudzhon..naudzubillah

    • jokowi itu org baik, tp sulit lepas dari org2 yg memperalatnya, Akidah yg diutamakan dalam mencari Pemimpin atau Wakil… jika anda memang org 15LAM

    • anti asbun

      fakta dibilang suudzhan.. bangun mas.. jangan ngelindur…

  • mediya

    tul…ngapain juga jokowi mau jadi gubernur DKI..dan harus meninggalkan solo saat ini,..pake ngegandeng ahok…segala heheheh . Orang dapat menilai kesuksesan ataupun sejarah adalah diakhir hidupnya atau diakhir jabatannya…Hai jokowi jangan takabur…anda belum tentu Sukses diakhir jabatan anda di solo…jika sekarang anda menjadi kutu luncat.. jikapun anda berhasil jadi gubernur DKI…..maka 25 tahun kedepan solo tidak akan punya pimpinan…lagi. meskipun ada pejabatnya…hahahah

    • Loe

      Baca berita ga? Klo masyarakat SOLO aja ikhlas jika walikotanya terpilih untuk Membenarkan Jakarta yang macet dll. masyarakatnya aja ikhlas dan bilang “Masih ada wakil walikota nya, yang juga hebat dalam memimpin.”

      Jgn ngeluh / nyesel klo ternyata mengulang kegagalan lagi o/ org yg sama. Karena org yg anda pilih.

      • iwan

        Solo msih tetap macet bos…apalagi Jakarta ibukota negara..tambah macet kalo diurus ama Jokowi

  • stupid christian

    tidak layak seorang muslim mengambil teman setia dengan non muslim

    • henry

      klo temen muslimnya tukang makan temen, ente masih mau di jadiin temen bro ?
      ane punya temen dari berbagai agama bro.

      • anti asbun

        artinya temen setia itu bukan dalam masalah muamalah bos… asal jeplak aja.. temen gw juga banyak yg nasrani.. asbun

        • iwan

          Loe, henry, anti asbun ternyata pendukungnya Jokowi..meskipun Jokowi gagal dalam memimpin Solo krn PAD yg rendah, Macet di solo yg tidak bisa teratasi dll nya. mereka2 ini akan tetap mati2an membela Jokowi-Ahok..pikiran mereka udah tertutup meskipun tahu ahok wakilnya yg jg bakal jd pemimpin mereka berbeda agama dengan mereka

    • Loe

      Siapa bilang. situ tuhan?? yang membatasi pertemanan antar umat beragama. Anda tuhan?? Lihat sisi pandang dengan sederhana dong. Jangan rasis.

  • Indonesia berubah

    Buat saya sih yang ringan-ringan saja,”maju jokowi bantu perbaiki negeri ini dengan ketulusan hati bersih,pesan saya jangan anda korupsi itu saja”.Maju terus jangan dengarkan para pedagang.

  • Rinaldi Reza

    Heran, knapa slalu berprasangka ya, apa karena non muslim wakilnya jadi bebas berprasangka? Katanya rahmatan lil alamin,

    Bukankah ada hadist yg mengatakan ” jngan lah kebencianmu thdp suatu ka menyebabkan kamu berlaku tidak adil”

    • anti asbun

      adil itu dalam menilai dan bersikap, anda sudah adil belum dalam menilai dan bersikap? kalo ente merasa orang adil, maka nilailah keduanya dari sisi kemampuan, bukan perasaan.. silahkan nilai, siapa yg lebih mampu dari keduanya, kalo sudah, silahkan pilih.. ati-ati tertipu pencitraan palsu ketika menilai.. selamat menjadi orang adil.

      • Loe

        Nabi aja mau kok berteman dengan org yg berbeda agama. Bahkan nabi pun di jahati dgn non muslim saja ttep berteman & baik. Walaupun manusia bukan nabi bukan kah ini suatu pembelajaran / contoh yg di berikan oleh nabi u/ umatnya.

        • hakeem ajaah

          hadeh…. yang ini asal ngomong.
          Siapa teman nabi yang non muslim? Coba sebutkan?
          Waktu nabi dijahatin memang jawaban nabi apa? Coba sebutkan?
          Setelah dikasih tau gak berubah dan malah mengancam kaum muslimin ya diperangi….
          Asal ngomong ajah dah…

  • wah ribut bener…..harusnya sekarang melihat nasib Solo ke depan akan dipimpin oleh orang yang tidak seaqidah…..doakan semoga itu tidak terjadi……Mr Jokowi i miss u to Solo…^_^

  • henry

    ngak usah di komentarin ngalor-ngidul bos, ini area politik.. ente ngak dapet ape2.
    ntar klo udah pada di pilih dan terpilih emang mereka bakal inget sama ente ?
    100% kagak bakalan dah.

  • Astaga mentang2 pak Ahok minoritas alasan sampah macam “kutu loncat ” saja dipermasalahkan , Ternyata pangkat sekjen hanya sebatas nama…… CUIH !!! Jokowi-Basuki adalah figur yang jarang bisa ditemukan , kebijakannya sudah terakui , memang hanya pola pikir sampah yang berkata bahwa jokowi-tidak pantas .

    • anti asbun

      bos, coba banyakin baca deh… jokowi itu di solo gagal, tingkat kemiskinan sangat tinggi,17%, pad kenaikiannya cuma 1.5%, banjir juga, macet juga, dana PMKS aja sampe ngutang sama rumah sakit 3,5 milyar, 2 tahun berturut2, dan lain-lain, ahok? setali tiga uang, orang gagal juga, cari sendiri aja, males gw ngetiknya..hmmm emang bener sih, figur yg jarang bisa ditemukan, kebijakannya diakui kegagalannya. Foke belum berhasil, tapi gak separah Jokowi.

    • hakeem ajaah

      Wow…. si black ini hebat yach… memang ente dah buat apa sama bangsa ini sampai merendahkan begitu? Coba ente ketemu dengan ust.anis dan adu ilmu sama dia… kira2 menangan siapa?
      Waktu pak hidayat mencalonkan memang ente kemana? Kalau ente bilang jokowi-basuki figur yang jarang ditemukan. Apa kelebihan mereka berdua sich? Coba ente sebutkan?
      Nich biar ane sebutkan kelebihan ust.hidayat:
      1. Tokoh nasional.
      2. Hapal Al Quran.
      3. Hapal hadits.
      4. Sering diminta ceramah di dalam dan luar negeri.
      5. Fasih berbahasa arab.
      6. Tamatan luar negeri.
      7. Keluarganya cinta Al Quran.
      8. Hidupnya sederhana. Lebih sederhana mungkin dari jokowi.
      9. Di dukung sama partai yang track recordnya terpercaya (kalau ente mau bantah mengenai hal ini jangan asbun yach. pakai data).
      10. Yang pasti beragama Islam.
      Kalau ente gak percaya semua hal yang di atas datangin aja ust.hidayat atau cari tau tuch di internet.

      Nah coba ente sebutkan kelebihan Jokowi dan Ahok

  • noni

    Mencintai jangan terlalu berlebihan….sebaliknya membencipun jangan terlalu berlebihan…hati boleh panas tetapi kepala tetap dingin…..
    Jangan sampai nanti mereka seperti Presiden kita saat ini…dulu disambut dgn antusias…sekarang dihujat habis…jadi tetaplah objektif

    • betul, betul, betul….

  • jokomu

    aahhhh..mas jokowi, pake pencitraan segala, jangan pake topeng laaaahhhh, kalo yang pernah kesolo dan tinggal disana…., bisa tau gimana tuh urusan ke rakyatnya aja masih belum /gak ada prestasinya, jangan ke jakarta dululahhhhhh..ntaarrrrr kesasar

  • fiqri

    jadi apakah foke nara yang lebih bagus..?
    apakah orang munafik pantas jadi pemimpin..?

  • iwan

    semoga jokowi nanti berminat juga mencalonkan diri jadi presiden RI menggantikan SBY, mumpung loncat-loncat itu sehat menyehatkan dan halal……..

  • Muhammad Nafarin

    tapi bisa menang ya ???

  • bang kamen

    daaan.. pada akhirnya Jokowi “melompat” lagi :D
    meninggalkan tugasnya (lagi)

  • zulkarnaennawawi

    Jokowi kutu loncat mengejar jabatan jadi walikota tidak selesai jadi gubernur tidak selesai .sekarang ngejar jabatan presiden .nyata sekali orang ini ngejar jabatan,semoga rakyat Indonesia tidak mulupakan hal ini .

Lihat Juga

Ketua MUI Din Syamsuddin.  (panjimas.com)

Ulama Minta Umat Islam Kawal Kasus Ahok