Home / Ramadhan / Konsultasi Zakat / Suburkan Zakat Memusnahkan Riba

Suburkan Zakat Memusnahkan Riba

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi – Bayar Zakat (inet)

dakwatuna.com Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertanyaan:

Ustadz, mengapa di dalam Al-Quran dikemukakan ayat yang menyatakan bahwa Allah akan menghancurkan riba dan menyuburkan sedekah? Mohon penjelasannya.

Hamba Allah, Jakarta

 

Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 276 Allah SWT berfirman:

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.”

Maksud dari ayat tersebut adalah, riba itu akan dihancurkan oleh Allah, karena merusak nilai-nilai kemanusiaan. Dengan sistem riba orang akan menjadi materialis, egois, dan hilang perasaan ingin menolong sesamanya. Karena dalam sistem ribawi yang dicari adalah keuntungan materi semata-mata. Sedangkan dalam bersedekah ataupun dalam berzakat akan ditumbuhkan semangat menolong kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Sedekah dan zakat juga akan mendorong orang untuk memiliki semangat tinggi dalam bekerja atau dalam berusaha mencari rezeki yang halal. Karena itu, dengan sedekah dan zakat akan makmur dan penuh dengan keberkahan dalam hidup ini. Sebaliknya dengan riba akan rusak kehidupan ini.

Itulah yang dimaksud firman Allah dalam ayat tersebut di atas. Hal yang sama dikemukakan pula dalam firman Allah dalam Al-Quran surat Ar-Rum ayat 39:

“Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).”

Wallahu a’lam.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Prof. Dr. Muhammad Amin Suma, SH., MA., MM.

Lihat Juga

Ilustrasi. (pajak.go.id)

Tax Amnesty Sekaligus Riba Amnesty