Home / Berita / Nasional / Irwan Prayitno Desak Pemerintah Pusat Manfaatkan Panas Bumi Sumbar

Irwan Prayitno Desak Pemerintah Pusat Manfaatkan Panas Bumi Sumbar

Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Solok Selatan. Ada banyak tempat panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat, terutama dalam Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP), yang selama ini hanya dibiarkan begitu saja. Di Sumatera Barat ada 17 lokasi geothermal, dan yang terbanyak itu di Kabupaten Solok Selatan ada lebih kurang 5 lokasi potensi PLTP dan salah satunya di Liki Pinangawan Muaro Labuh milik PT Supreme Energy Muaro Labuh (PT SEML).

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno saat di sela-sela kunjungan kerja ke lokasi pembangunan Proyek Geothermal PT SEML Kab Solok Selatan, Sabtu siang (11/8). Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Muzni Zakaria, Kadis ESDM Ir. Marzuki Mahdi, Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kabiro Humas Irwan, S.Sos, MM, Kabiro Binsos Drs. Jefrinal Arifin , MM, Sekdakab Solsel, Fahril Murad, SH, para pimpinan PT SEML serta beberapa kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkab Solsel.

Lebih jauh Irwan Prayitno menyampaikan, saat ini kita juga tengah menunggu hasil telaah di pembangunan geothermal di Pasaman dan, mudah-mudah dalam tahun ini bisa kelar. Dan masih ada usulan kita yang sedang dibahas oleh tim dari pusat.

Kita berharap dan mendesak pusat untuk sesegera memanfaatkan semua sumberdaya panas bumi yang ada di Sumatera Barat, dimana jika dibiarkan sesungguhnya kita telah menyia-nyiakan potensi yang sesungguhnya mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat kita sendiri, di saat kebutuhan listrik yang semakin besar, ujarnya.

Irwan juga menjelaskan PLTP ini merupakan proyek ramah lingkungan, di mana dengan menjaga kelestarian lingkungan panas bumi dapat bisa dipertahankan. PT SEML ini dibangun di atas lahan tanah lebih kurang seluas 100 Ha, dengan harapan menghasilkan tenaga listrik sebanyak 2X 110 MW.

Di lokasi ada 6 lokasi yang akan disatukan dalam mengeluarkan energi pembangkit tenaga listrik dengan membuat sumur sebanyak 22 buah. Program proyek mahamega terbesar di Solsel ini senilai Rp. 6 trilun ini, akan memberikan dampak yang luar biasa nanti dalam peningkatan pembangun di Kabupaten Solsel ini.

Terutama dalam sektor pariwisata, industri rumah tangga/UKM, infrastruktur, jalan dan jembatan, pertanian, peternakan, perikanan, serta juga akan mendorong peningkatan produktifitas pelayanan jasa maupun sektor indutri skala besar dan menengah, harapnya.

Bupati Muzni Zakaria dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa proyek geothermal di Solsel ini tidak sama dengan kondisi yang terjadi di Lapindo, karena solsel memiliki bebatuan padat bukan seperti Lapindo yang ada pada lokasi sindemen.

Selain itu kita juga berharap Pemkab Solsel akan mendapat royalti produksi sebesar 2,5 persen dengan persentase penghasilan pertahun sebesar 35 persen dari Rp45 miliar net, perkiraan kasar sebesar Rp15 miliar masuk dalam APBD Pemkab Solsel.

Kita patut bersyukur segala kendala dapat kita atasi secara baik, semua ini berkat partisipasi dan peran serta masyarakat yang bergitu besar dalam memberikan dukungan terhadap kemajuan pembangunan di Solok Selatan yang lebih baik. Kita menyadari Proyek PLTP ini merupakan pembangunan listrik nasional, dapat dinikmati oleh seluruh Pulau Sumatera dan tentunya masyarakat Solsel mendapat porsi yang lebih banyak dari keberhasilan ini nantinya, ungkapnya.

Dalam press release tertulisnya, PT SEML berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja serta perlindungan lingkungan, optimalisasi produksi dalam negeri, serta melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang memfokuskan pada sektor pendidikan, kesehatan, perbaikan infrastruktur serta pemberdayaa ekonomi masyarakat sekitanya.

Dalam kegiatan ini PT SEML menggandeng dua mitra kerja yakni, IPR-GDF Suez dan Sumitomo Corp. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sumber: BPS (2011-2015), diolah. (Muhammad Rofik)

Realisasi Peran LAZ Sebagai Mitra Pemerintah Dalam Memandirikan Umat Melalui Advokasi Kebijakan

Organization