Home / Berita / Nasional / Zakat Semakin Mudah dengan Z-Mobile

Zakat Semakin Mudah dengan Z-Mobile

Rumah Zakat melaunching aplikasi zakat via Blackberry (Z-Mobile). (ist)

dakwatuna.com – Perkembagan teknologi informasi semakin memudahkan kita dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam membayarkan zakat di bulan Ramadhan ini. Dalam rangka memberikan kemudahan kepada umat Islam dalam membayarkan zakat, Rumah Zakat meluncurkan terobosan baru teknologi zakat yang diberi nama Z-Mobile. Aplikasi yang kini sudah tersedia untuk para pengguna Blackberry ini memiliki sejumlah fitur seperti kalkulator zakat, fiqh zakat, rekening zakat, dan berita terkini seputar pemberdayaan dana zakat yang dilakukan oleh Rumah Zakat.

“Untuk ke depannya kami akan mengembangkan fitur pembayaran donasi, sehingga melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat membayar Zakat Infak Shadaqah (ZIS), serta dana kemanusiaan lainnya,” ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, dalam Launching Zakat via Blackberry atau Z-Mobile di Jakarta, Rabu (8/8).

Menurut Efendi, sejak diunggah hingga saat ini sudah ada lebih dari 10.000 orang yang mengunduh Z-Mobile melalui blackberry mereka. Hal tersebut menunjukkan jumlah orang yang membutuhkan informasi ZIS serta tempat penyalurannya cukup banyak. “Insya Allah ke depannya aplikasi ini akan bisa diunduh melalui smartphone Android, iPhone, iPad, maupun Windows Phone,” ujarnya.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, lanjut Efendi, maka membayar zakat akan semakin mudah. “Sesuai dengan salah satu slogan kami ‘Berbagi itu gampang’. Jadi dengan Z-Mobile masyarakat dapat memanfaatkannya kapan saja di mana saja. Gampangnya, kalau misal bangun tidur ingat mau bayar zakat, bisa langsung bayar di situ,” kata Efendi.

Aplikasi Z-Mobile dikembangkan oleh PT. Dihital Jaya Solusi (Petani Digital). Z-Mobile memudahkan para donatur Rumah Zakat untuk mendapatkan informasi seputar ZIS (Zakat, Infaq, Sadaqah), update kegiatan terbaru Rumah Zakat dalam hal implementasi program-program pemberdayaan, dan melakukan transaksi donasi.

Menurut Ibnu Maksum CEO PT. Dihital Jaya Solusi, aplikasi ini merupakan terobosan teknologi yang memudahkan pengguna smartphone Blackberry™® untuk mengakses fitur Rumah Zakat sekaligus berdonasi secara online. “Dalam waktu dekat kami juga meluncurkan aplikasi serupa untuk smartphone berjenis Android™® dan iPhone™® sehingga memudahkan masyarakat pengguna smartphone lainnya untuk berhubungan dengan Rumah Zakat,” kata Ibnu.

Sementara itu, Pemilik PT. Dihital Jaya Solusi, H. Iqbal Farabi, SH, MH, aplikasi Z-Mobile juga merupakan sarana dakwah kepada masyarakat untuk lebih mengenal zakat. “Ini akan semakin mensyiarkan zakat kepada umat, sehingga mereka akan mengetahui apa itu zakat dan bagaimana menunaikannya. Melalui aplikasi ini mereka bisa membayarkan zakatnya kepada Rumah Zakat,” kata pria yang juga pengurus HIPMI Pusat dan KADIN itu.

Ke depan, aplikasi ini akan terus dikembangkan dan diperkaya dengan berbagai konten yang memudahkan para pengguna seperti perencanaan keuangan keluarga, pembayaran listrik, dan telepon.

“Komitmen kami adalah bagaimana memberikan layanan yang memudahkan bagi masyarakat dan para donatur dalam menyalurkan dana ZIS dan dana kemanusiaan lainnya,” pungkas Efendi. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

zakat

Geliat Zakat Sebagai Pengentas Kemiskinan