Home / Berita / Silaturahim / 2,5 Ton Bingkisan Ramadhan Ditebar FOTAR IIUM

2,5 Ton Bingkisan Ramadhan Ditebar FOTAR IIUM

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(Abi Mumtaz)

dakwatuna.com – Sabtu, 4 Agustus 2012 menjadi hari yang berbeda bagi seluruh pekerja tenaga kebersihan di kampus utama International Islamic University Malaysia (IIUM) di daerah Gombak, Kuala Lumpur. Pada hari ini, mereka mendapatkan undangan istimewa dari Forum Tarbiyah (FOTAR), salah satu organisasi mahasiswa Indonesia di IIUM untuk berbagi kebahagiaan dan keceriaan bersama dalam program “Sharing for Surroundings”.

Bentuk program ini adalah berupa pendistribusian paket bingkisan Ramadhan kepada tenaga kebersihan (cleaner dan landscaper) yang bekerja di lingkungan IIUM. Program ini merupakan kelanjutan dari program serupa di tahun-tahun sebelumnya, namun dengan skala yang jauh lebih besar dari sisi jumlah penerimanya. Untuk tahun ini, pendistribusian paket bingkisan dilaksanakan di kantin Kulliyyah of Education.

Paket bingkisan berisi bahan-bahan makanan pokok dengan berat sekitar 4,5 kg itu dibagikan kepada 564 pekerja yang kebanyakan berasal dari Indonesia. Jika dikalikan, berat keseluruhan paket yang dibagikan pada hari ini melebihi 2,5 ton. Kampus IIUM Gombak yang terletak di kawasan berbukit seluas 700 hektar menjadi saksi atas hajatan besar FOTAR tersebut.

Tami Astie Ulhiza, salah seorang koordinator kegiatan menjelaskan bahwa panitia, khususnya kalangan akhwat (perempuan), cukup gencar menawarkan program ini kepada para calon donatur, baik melalui media sosial, secara lisan, maupun sosialisasi di beberapa forum pertemuan di IIUM. Hasilnya, “subhanallah, kami menerima respon yang amat luar biasa, bahkan di luar perkiraan. Ini kian menambah motivasi kami untuk menorehkan amal unggulan di bulan penuh berkah ini,” tutur mahasiswi Kulliyyah of Engineering (KoE) ini. Di sisi lain, Rininta Nurrachmi, mahasiswi Kulliyyah of Economics and Management Sciences (KENMS), mengakui bahwa kesuksesan program ini tidak terlepas dari bantuan sejumlah dosen di IIUM, seperti Dr. Mira Kartiwi dan Dr. Teddy Surya Gunawan, bahkan tanpa canggung beliau berdua juga turut terlibat langsung membantu kerja-kerja panitia.

Proses pendistribusian bingkisan berjalan lancar dan tertib. Tidak ada keributan atau saling desak-desakan. Yang ada adalah senyum kebahagiaan yang terpancar jelas dari wajah para pekerja. “Kami merasa bahagia dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada adik-adik Indonesia dari Forum Tarbiyah yang telah memberikan kami bingkisan Ramadhan,” ucap Mardalena yang telah bekerja 4 tahun sebagai tenaga kebersihan di Mahallah (asrama) Siddiq. Ibu asal Padang ini berharap bingkisan Ramadhan seperti ini dapat terus diadakan pada tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Fandy, berasal dari Bawean, Jawa Timur dan bekerja di unit apartemen dosen sempat salah menduga. “Awalnya saya mengira ini adalah kegiatan dari student-student Malaysia. Namun setelah bertemu muka, ternyata adik-adik ini adalah student-student dari Indonesia, saya sangat terharu sekali.  Bingkisan yang diberikan sangat membantu sekali, dek.” Dengan mata yang berkaca-kaca bapak yang telah bekerja sebagai cleaning service selama sepuluh tahun ini mengatakan, “sekali lagi terima kasih banyak, dek, hanya Allah yang mampu membalas segala kebaikan adik sekalian.” Amiin.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mochammad Arif Budiman
Mengenyam bangku sekolah di MAPK Martapura, Kalimantan Selatan, kemudian melanjutkan studi ke Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dan Program Magister IAIN Sunan Ampel, Surabaya. Saat ini, penulis mengambil Program Doktor Ekonomi Islam di International Islamic University Malaysia (IIUM). Penulis bekerja sebagai dosen di Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

Lihat Juga

Muhasabah Ramadhan