Home / Berita / Nasional / Mensos Dampingi 400 Anak Yatim Belanja Bareng

Mensos Dampingi 400 Anak Yatim Belanja Bareng

Logo PKPU

Berbagi Berkah Ramadhan Bersama Anak Yatim dan Dhuafa

dakwatuna.com – Jakarta. Dalam bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Carrefour Indonesia menyelenggarakan acara bertajuk “Belanja Bareng Yatim (BBY)”. Kegiatan ini diikuti oleh 1.827 yatim piatu di seluruh Indonesia. Acara akan dibuka secara simbolik di Gerai Carrefour Cempaka Putih, Jl Jend A Yani No. 83, Jakarta Pusat mulai pukul 10.00-15.00 WIB dengan menghadirkan 400 anak yatim sekaligus Khataman Al Quran bersama seluruh peserta.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri selain dijadwalkan untuk membuka acara, juga akan menyambut anak-anak yatim dan dhuafa yang sudah menyelesaikan acara belanja. Selanjutnya, Salim Segaf akan memberikan pesan-pesan Ramadhan agar anak-anak dapat mengisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Program BBY adalah program penyaluran santunan langsung kepada anak yatim dan dhuafa yang sudah berjalan sejak tiga tahun lalu. Melalui program ini setiap anak yatim dan dhuafa mendapat voucer belanja sebesar Rp 200.000,- yang dapat dipergunakan untuk berbelanja barang belanjaan yang disukai dan dibutuhkan anak-anak menjelang Hari Raya Idul Fitri di gerai Carrefour. Pada kegiatan tersebut, Carrefour juga menyediakan kasir khusus bagi anak-anak untuk mempermudah pelaksanaan acara ini.

Direktur Utama PKPU Agung Notowiguno mengungkapkan, suatu kebahagiaan tersendiri dapat berbagi peduli sekaligus membahagiakan anak yatim dan dhuafa saat lebaran nanti. Dengan cara ini mereka semua dapat merasakan kebahagiaan sebagaimana dirasakan anak-anak lainnya yang masih memiliki orang tua dan berkecukupan.

Sebelumnya, kata Agung, di awal Ramadhan PKPU juga telah melakukan kegiatan serupa dengan melibatkan 580 anak yatim dan dhuafa. Sehingga total sementara anak yatim penerima manfaat Belanja Bareng Yatim Ramadhan ini sebanyak 2407 anak yatim di seluruh Indonesia.

“Mari kita bahagiakan mereka di bulan Ramadan ini, jangan biarkan ada anak yatim dan dhuafa kelaparan karena tidak memiliki makanan,” kata Agung Notowiguno. Agung juga mengajak umat Islam untuk terus meningkatkan kesadaran dengan membayarkan zakat. “Sebaiknya disalurkan melalui lembaga amil zakat daripada langsung sehingga lebih efektif dan tepat sasaran,” pungkas Agung.

“Kegiatan ini diharapkan merupakan suatu bentuk kerja sama antara Carrefour dan PKPU yang bisa dikembangkan ke sektor lain. Carrefour memberikan kesempatan juga kepada UKM binaan PKPU untuk dapat bergabung sebagai supplier Carrefour sepanjang sudah memenuhi persyaratan yang ada. Ini bisa membantu mewujudkan kemandirian ekonomi kaum dhuafa,” demikian tegas Adji Srihandoyo, Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia.

Acara ini digagas oleh lembaga kemanusiaan nasional PKPU ini bekerja sama dengan FIF (Federal International Finance), Permata Bank Syariah, Majlis Taklim XL, ZIS Indosat, ZIS Lintasarta, IHH Belgia, KMI Korsel dan donasi individu yang tidak dapat disebutkan satu per satu, dengan didukung penuh oleh Carrefour Indonesia sebagai fasilitator. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pasca Konflik, PKPU salurkan 3 Ton Beras untuk Pengungsi Rohingya