Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DPR: Myanmar tak Layak Pimpin ASEAN

DPR: Myanmar tak Layak Pimpin ASEAN

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Bila Myanmar tak mampu menyelesaikan masalah dan tetap arogan terhadap warga muslim Rohingya di Arkana, Myanmar, maka Myanmar tak layak pimpin ASEAN.

Demikian pernyataan Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq di Jakarta, Selasa, menyikapi kejadian adanya pembantaian terhadap warga muslim Rohingya, sebagaimana yang diberitakan oleh ANTARA.

“Myanmar tidak layak memimpin Asean 2012 jika arogansi dalam pembiaran diskriminasi dan kekerasan terhadap kaum minoritas di Arakan tidak mereka hentikan,” kata Mahfudz.

Oleh karenanya, ia menyarankan kepada Myanmar untuk mengambil peluang dengan membuktikan dirinya sebagai negara demokratis sejati yang menghormati HAM sebagaimana yang telah ditunjukan oleh Aun San Sukyi.

Selain itu, politisi PKS itu meminta kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri yang merupakan panutan di Asean untuk melakukan langkah-langkah tegas dalam bentuk diplomasi.

“Komisi I DPR RI akan melihat ini sebagai salah satu indikator penting kesuksesan Kemenlu dan pertimbangan efektivitas manfaat penggunaan APBN yang dipercayakan rakyat pada Kemenlu,” kata dia.

Ia menyebutkan, Turki yang bukan bagian dari Asean, bisa menunjukkan kepeduliannya pada kaum minoritas di Arakan secara kongkrit. Bahkan, kata Mahfudz, Perdana Menteri Erdogan dan Menlu Ahmet Dovutoglu Turki secara terbuka di media internasional berulang mengajak komunitas internasional peka terhadap pembersihan etnis ini.

“Dubes-dubes asal Turki juga memberikan pernyataan keras terhadap kebiadaban ini termasuk di akun twitter pribadi mereka,” pungkas Mahfudz. (Zul/Suryanto/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization