Home / Berita / Internasional / Asia / ACT Kirim 3 Relawan Bantu Pengungsi Muslim Rohingnya

ACT Kirim 3 Relawan Bantu Pengungsi Muslim Rohingnya

Muslimah pengungsi dari Rohingya Myanmar, Amina Akhtar, memeluk anaknya yang baru lahir di Taknaf, Bangladesh, Jum’at 22/6/2012. Akhtar melahirkan anaknya di pulang St. Martin di Bangladesh setelah melarikan diri – bersama suaminya Mohammad Rafique dan dua anaknya – dari penindasan di Myanmar. (AP Photo)

dakwatuna.com – Jakarta. Bantuan kepada warga Muslim Rohingnya, Myanmar terus mengalir. Lembaga kemanusian ACT (Aksi Cepat Tanggap) mengirim 3 relawan untuk membantu pengungsi korban kekerasan di wilayah tersebut.

“Kita kirim 3 orang, ada dokter dan tim media internal kita,” kata Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur, di acara pelepasan relawan, di Resto Bumbu Desa, Jl Cikini Raya, Jakarta, Kamis (26/7/2012).

Para relawan tersebut direncanakan akan berangkat pada hari Minggu atau Senin depan. Mereka akan menuju daerah Rohingya lewat Bangladesh.

“Tim akan terbang ke Bangladesh dan akan menuju Rohingnya lewat jalur darat,” jelasnya.

Menurut Syuhel, aksi ini dilakukan karena kondisi di sana sudah memprihatinkan. Tim ACT akan membawa peralatan dan bantuan medis bagi warga Rohingnya.

Ia juga meminta pemerintah agar melakukan langkah kongkret terhadap masalah di Rohingnya. Terlebih, masalah tersebut terjadi di kawasan ASEAN.

“Kita mendesak pemerintah supaya menggalang solidaritas di kawasan ASEAN untuk menghentikan tindakan represif pemerintah Myanmar terhadap warganya, terlebih untuk warga Rohingnya,” papar Syuhel.

ACT juga menerima donasi bantuan dari segenap warga untuk menbantu pengungsi Rohingnya. Saluran donasi dapat dikirim melalui rekening Bank Mandiri 128 000 4723 620, atas nama Aksi Cepat Tanggap. Atau dapat menghubungi 021-7414482. (rvk/mpr/Detikcom)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pengungsi Rohingya (channel 4)

Advokat: Jika Gagal Lindungi Rohingya, ASEAN Bubarkan Saja