Home / Berita / Nasional / Label Halal Bisa Perluas Pangsa Pasar Produk

Label Halal Bisa Perluas Pangsa Pasar Produk

Ilustrasi (detikfood)

dakwatuna.com – Jakarta. Peneliti pemasaran syariah Universitas Oxford, Paul Temporal berpendapat label halal suatu produk dapat memperluas pangsa pasar produk tersebut.

“Label halal sebuah produk makanan sebaiknya juga menggunakan alasan lain yang bisa diterima seperti kesehatan daripada hanya alasan agama,” kata Paul, di Jakarta, Senin 923/7).

Ia menyebutkan jika produsen dapat meyakinkan konsumen bahwa dari sisi lain misal kesehatan produk bersertifikat halal itu lebih bagus maka akan semakin memperluas pangsa pasar.

“Ketika masalah kesehatan itu dapat diterima oleh semua konsumen maka mereka akan melihat mana yang baik dan mana yang buruk,” katanya.

Sementara itu konsultan bisnis dari Fleishman-Hillard, Yusuf Hatia, mengatakan produsen harus memiliki hubungan baik dengan semua konsumen tanpa membedakan agama.

“Secara umum tantangan bagi produsen adalah bagaimana membentuk hubungan baik dengan semua konsumen, mengidentifikasi diri dengan nilai-nilai Islam sementara di sisi lain tidak tercerabut dari hubungan dengan konsumen sebelumnya,” katanya.

Menurut Yusuf terkadang produsen menerapkan sertifikasi halal dalam sebuah produknya tapi lupa mengomunikasikannya dengan konsumen yang terbiasa mengkonsumsi produknya tanpa label halal.

“Ketergesa-gesaan tersebut akan menjadi pertanyaan dan kecurigaan bagi konsumen lamanya,” kata Yusuf.
Yusuf mencontohkan di China, Kentucky Fried Chicken (KFC) pernah secara tiba-tiba melabeli produknya dengan label halal tanpa mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan konsumennya sehingga yang terjadi kemudian adalah kecurigaan dan munculnya berbagai pertanyaan konsumen terhadap produk tersebut.

“Membangun kepercayaan serta reputasi untuk berbagai ragam pelanggan dunia membutuhkan kepekaan, rasa hormat dan pengetahuan budaya yang tepat,” kata Yusuf. (Ant/OL-3)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pentingnya Makanan yang Halal dan Thayyib untuk Kesehatan