Home / Berita / Nasional / Perbankan Syariah Diuntungkan Aturan Uang Muka Kredit Kendaraan

Perbankan Syariah Diuntungkan Aturan Uang Muka Kredit Kendaraan

Ilustrasi (RoL)

dakwatuna.com – Jakarta. Pembiayaan industri keuangan syariah akan meningkat mencapai Rp15 triliun pada 2012.

Pengamat perbankan syariah Adiwarman Azwar Karim memperkirakan itu di Jakarta, Sabtu (7/7). Itu karena pemberlakuan aturan batas uang muka kredit kendaraan bermotor bagi industri keuangan konvensional.

“Dengan adanya aturan uang muka kredit kendaraan bermotor bagi perbankan konvensional, maka pembiayaan bank syariah akan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman,” kata Adiwarman.

Sebelum Peraturan Bank Indonesia dan Menteri Keuangan mengenai uang muka kredit kendaraan bermotor di industri keuangan konvensional diberlakukan, batas uang muka kredit kendaraan bermotor pada perbankan konvensional hanya lima persen dari total harga kendaraan dan perbankan syariah sebesar 10 sampai 15 persen.

Sejak diberlakukannya aturan baru tersebut mulai 15 Juni 2012, batas uang muka kredit kendaraan bermotor di industri keuangan konvensional menjadi 25 persen bagi kendaraan roda dua, 30 persen bagi kendaraan roda empat untuk kegunaan nonproduktif, dan 20 persen bagi kendaraan roda empat untuk tujuan penggunaan produktif.

Menurut Adiwarman, aturan uang muka itu akan membuat masyarakat beralih kepada pembiayaan perbankan syariah untuk mendapatkan dana pembiayaan kendaraan bermotor.

Dia berharap perbankan syariah bisa memanfaatkan peluang pembiayaan ini dengan baik. Caranya dengan mempersiapkan infrastruktur yang memadai beserta manajemen kerja yang baik.

Dia juga berharap melonjaknya permintaan pembiayaan nantinya tidak mengakibatkan meningkatnya pembiayaan bermasalah.

“Karena itu, perlu adanya manajemen risiko pembiayaan yang baik dari masing-masing perbankan syariah. Jangan sampai permintaan meningkat, tapi pembiayaan bermasalah ikut meningkat,” kata dia. (Ant/OL-5/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (macleans.ca)

Kredit Secuil untuk Multiplikasi Manfaat Selangit dalam Dakwah