Home / Berita / Nasional / Mahasiswa: Lecehkan Kitab Suci, Jokowi-Ahok Harus Minta Maaf

Mahasiswa: Lecehkan Kitab Suci, Jokowi-Ahok Harus Minta Maaf

Pasangan Jokowi-Ahok yang diusung oleh PDIP dan Partai Gerindra. (Antara/Yudhi Mahatma)

dakwatuna.comKritik terhadap pernyataan Calon Wakil Gubernur Basuki T Purnama (Ahok) yang mengatakan rakyat harus patuh pada ayat-ayat konstitusi terus menggelinding. Pria yang mendampingi Joko Widodo pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta ini dianggap melecehkan kitab suci yang menjadi pegangan umat beragama di Indonesia. Ia pun dituntut minta maaf atas pernyataan itu.

Ketua Umum Forum Mahasiswa Daerah (Formada), Faris Ismu Amir mengatakan pernyataan Ahok yang melukai keberagaman umat beragama harus ditebus. Menurutnya, untuk menghentikan kritikan, pasangan berakronim Jokowi-Ahok ini harus meminta maaf secara terbuka.

“Ahok harus minta maaf, ini jelas melecahkan umat beragama, bukan hanya umat Islam. Tapi umat agama yang lain. Ahok tidak pantas untuk jadi pemimpin,” kata Ketua Umum Forum Mahasiswa Daerah (Formada), Faris Ismu Amir kepada wartawan, Kamis (5/7).

Faris mengatakan, jika Ahok tidak meminta maaf segera maka warga Jakarta akan mempertimbangkan untuk memilih Jokowi-Ahok. “Joko Widodo tentu akan menerima getah dari pernyataan Ahok tersebut. Warga Jakarta cerdas, tentu tidak akan memilih pemimpin yang tidak bisa memahami apa yang menjadi panutan warga,” tandasnya.

Pasangan yang diusung PDIP ini dicap sebagai calon yang sekuler karena pernyataan Ahok. Ahok mengatakan bahwa,”Kita tidak boleh taat pada ayat suci. Kita taat pada ayat-ayat konstitusi,” di salah satu stasiun televisi swasta. Pernyataan ini disampaikan dalam acara debat dengan pasangan calon pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Protes terhadap pernyataan Ahok ini juga datang dari para habaib. Habib Salim Assegaf mengaku tersinggung. Ia pun curiga dengan kepemimpinan Ahok. “Saya curiga mereka aliran liberal. Kita butuh pemimpin yang melindungi umat beragama” katanya. (awa/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (181 votes, average: 7,90 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Untung Ane Bukan Pemilih Nih Pasangan CAGUB DAN CAWAGUB……katanya untuk smua agama JOKOWI BASUKI tp malah melukai UMAT BERAGAMA……

    • wew…. lu liat sumbernya dong gan….. media partai onta!!! – -“

  • duilee.. tolong dunk lebih pinter lagi yg kritik.. kalau dalam kehidupan bernegara, ya harus patuh pada aturan negara. kehidupan beragama itu untuk pribadi masing2. Dan jangan lupa lah, aturan2 negara itu juga sebagian besar bersumber dari aturan agama. Mahasiswa yg protes pinternya cuma segini doang nih?? Atau jangan2 cuma termakan oleh pihak2 yg berkepentingan untuk menjatuhkan pasangan ini yaa?? Dan jangan lupa, kehidupan beragama itu diatur oleh negara, misalnya Lebaran, Puasa, dll..

    • hahahahaha….. ini mah pemikiran JIL

      • Tolong dibaca dengan baik dan benar, darimana anda bisa bilang ini pemikiran JIL? Lalu Islam yg seperti apakah anda?

        • Walaupun Sesama Islam, Belum Tentu Membela kepentingan Rakyat Kecil.. banyak Pejabat yang Korupsi, Buktinya Negara Kita tertinggal jauh negara negara lain, lalu apa bedanya kita Di jajah dengan anak negeri sendiri. dengan mengunakan nama islam… ngak usah rasis lah

    • Tergantung mas. jika mas bicara Di Forum Kelompok mereka, ya mereka tidak mau peduli.. dan tidak bisa Netral cara berpikir nya, makannya banyak yang tidak sependapat. masing masing dari kelompok itu kan. ingin nya berpegang dari ayat suci. sekarang ayat suci yang mana yang mau jadi Pegangan?. sedangkan yang lain pun ada Ayat suci nya sendiri dan berbeda beda pandangan. bisa berantem kalo menjalani hidup bernegara berpegang pada ayat suci. bukan berdasarkan ayat Konsitusi. lalu ayat konsitusi buat apa ya di buat?>

  • INDONESIA adalah negara bukan negara agama… aturan negara harus di patuhi… kalau agama itu masing2… lihat dana Haji di korupsi, pengadaan Alquran di korupsi… ini lah orang2 yang tidak mau taat pada aturan pemerintah… munafik pura2 suci dari agama tetapi alquran saja di korupsi….

    • nur aini

      aturan negara..?? punya agama ngga..?? aturan agama hnya untuk di dunia, namun ayat suci panduan hidup slma qt hidup di dunia jg akhirat….
      orang2 yg korupsi tidk bs dijadikan pnilaian..!! visi mereka hnya ingn mmperkaya diri sendiri..!!

    • Tapi indonesia bukan negara liberal. Sila pertama kita KETUHANAN yang maha esa, dan erat kaitannya dengan keagamaan. Dengan bgini, nilai2 keagamaan tidak boleh dilecehkan. Agama mana yang mengajari ingkar pada kitab sucinya?

      Pengadaan Alquran dan dan dana haji yang dikorup tidak ada hubungannya dengan tidak patuhnya kita pada aturan pemerintah. Itu pribadi oknumnya saja yang salah. kasus ini tidak bisa dijadikan sebagai eviden untuk tidak patuh pada kitab suci.

    • saat ini maunya “mereka”, umat islam hanya diperbolehkan utk sholat, dzikir, puasa, haji sj. “mereka” mau umat islam membaca “kitab sucinya” sj tanpa pengamalannya. padahal segala segi dlm kehidupan (termasuk berpolitik dan bernegara) sudah di atur dlm al quran.

    • Sekarang Indonesia bukan hanya agama Islam, jika berpegang pada ayat suci. Ayat suci islamkah yang di jadi Pegangan?. tentu Agama Yang lain tidak setuju?. itu maksud Masuki. Tidak boleh mengunakan ayat suci. tetapi saya yakin. beliau berpegang pada ayat suci. hanya penyampaiannya sekilas, sehingga Penantara ke dalam bahasa indonesia nya yang kurang baik. Dari Track record nya beliau Masih lebih baik dari orang orang yang mengatakan lebih Suci di hadapan Tuhan. maaf saya hanya melihat memakai Realita dan tidak melihat dengan menuduh dan gosip gosip yang ada. masyarakat bisa melihat dan cerdaslah untuk menilai sendiri

  • belum jadi apa2 sudah kayak gini..
    apa lagi klo sudah jadi…
    mikir dah klo yg dulu nya mau milih jakowi-Ahok
    di injak2 nanti umat islam or agama yg lainya di jakarta..
    sekuler banget tuch…
    Kita butuh pemimpin yang melindungi umat beragama

    • yg sekular yg dibutuhkan , tidak fokus terhadap 1 agama aja seperti yg terjadi sebelumnya , indonesia itu negara agama tapi demokrasi , paham kan

  • sompret juga nih calon wakil gubernur !

  • ini lah bukti pengusung kaum Liberal……

  • Pendapat saya:

    Selama aturan negara sesuai apa yang ada pada Al-Qur’an saya setuju dengan pernyataan beliau-beliau diatas, yaitu agar patuh pada ayat-ayat konstitusi/ aturan negara.

    Yang jadi pertanyaannya apabila ada bagian konstitusi tidak sesuai dgn Al-Qur’an apa kita harus tetap mematuhinya Pak? hehe

    Afwan, kalau ada yg salah dari pendapat saya… mohon bantuannya untuk dikoreksi :)

    • betul….haruslah tetep bersumber pada ALQURAN…kalu udah menyalahi aturan kitab suci…ya gak perlu di ikuti..HARAM…bagaimanapun agama adalah tetap nomer 1..

      • ckckkckcckck , emg AGAMA DI INDONESIA CUMA ISLAM DOANG ? fanatik amat lu pada , kasihan bgt sih

        • yang kasihan loe deh kyknya..

          • betul tu,sadar kek.yag hars dkasihani tu loe..dasar kakek ni

          • kalau tiap aturan dalam konstitusi ada yang bertentangan dengan tiap-tiap aturan agama, lalu penegakan hukumnya bagaimana?

            kalau misal juga ada kasus hukum lintas agama, penyelesaiannya bagaimana ya jika tiap orang dari agama masing-masing ngotot mempertahankan aturan agamanya?

    • Assalamu’alaikum,,

      Semoga Allah merahmati antum,,,.

      ana juga setuju,, semua aturan konstitusi dibuat sebagai jalur alternatif terhadap penyikapan untuk seluruh Umat beragama di Indonesia.

      Walau semua sempurna dalam Islam,namun seperti Hukum QISAS,kemudian aturan Hub.kerjasama antar luar dan dalam negeri,Pemilu ,dll yang menyangkup hal dunia adalah bagian Konstitusi. Semua demi kemashlahatan bersama.

      Tapi,saya menyinggung dari perkataan Ahok yang mengatakan,”Kita tidak boleh patuh pada ayat-ayat suci.” Menurut saya,perkataan ini jauh dari konteks yang sedang ditujukan untuk kemashlahatan Rakyat Indonesia melainkan sebagai pemikiran liberal bahkan bisa jadi Atheis karena Tidak ada rasa takut,ragu,cemas,sedih kepada Tuhannya, seakan-akan mengatakan tersebut sudah ada tumbuh sebagai prinsipnya dalam hatinya.

      Wallahu’alam

      wassalamu’alaikum
      @IslamIkhlasIndah

  • Saya kira media ini merupakan media yang independen, netral dan terhindar dari kepentingan politik….. TErnyata saya salah…. Baru melihat iklan Cagubnya saja sudah bikin muak….

  • ya memank bener sih kita harus taat pada ayat-ayat konstitusi dlm suatu negara TAPI bukan berarti harus dibandingkan dgn ayat-ayat suci. hati-hati dlm berucap pak…!!!!

    • Benar,

      • iye bener…
        emang mulut nye liberal bahasa nye emang ghitu…
        bisa jadi jokowi-ahok brani bgt ngumbar janji,,,,g tau nye d backing ama yahudi

        • ahhh lu menghayal terlalu jauh. banyak nonton fil perang

        • khoiron anwar

          eh jadi yahudi lagi yang disalahin???

          • zafranc12

            Emang yahudi bangsat…bangsa tanpa tanah air makanya nyaplok negara lain memang sih diberi kelebihan cerdas dan licikhihihih

          • YUSUF ANDRI

            emang yahudi biang keroknya

    • setuja pak…

  • Wakil gubernur ya??? Kesian banget ketuanya… -_-”
    Apa dia ga mikir,
    Padahal ujung2nya kan Qurdits juga… -_-

  • Komen musti tetep kalem, gag boleh pake urat ya, hehe..
    OK pernyataan , ”Kita tidak boleh taat pada ayat suci. Kita taat pada ayat-ayat konstitusi,”
    Dalam “konsep bernegara” (khususnya Indonesia) memang benar bukan menggunakan hukum agama, Akan tetapi dalam “konsep beragama”. pernyataan tersebut jelas salah besar. Faktanya sampai saat ini, kita (Indonesia) adalah negara yang berlandaskan atas hukum negara (bukan agama),, Jadi, klo penilaian saya.. “pernyataan tersebut BENAR dalam konsep bernegara, dan SALAH dalam konsep beragama..”

    tentunya definisi dari Ayat-ayat konstitusi sendiri adalah undang2 yang telah disahkan di Indonesia. Yang perlu diketahui adalah setiap undang2 yang di sah kan, tentunya telah melewati penilaian2 & kajian olem lembaga yang berwenang dengan tidak melanggar norma dan aturan dari agama2 yang berlaku di Indonesia. Sehingga kalaupun masyarakat tunduk pada ayat-ayat kontitusi jelas tidak akan melanggar ayat suci yang dimaksud dalam konteks peryataan diatas.

    NB: Pahami dulu informasinya, baru berkomentar, cheers.. :)

    • stuju ane ,,, hehe cuman ngenes juga liad komen yang awam ,, yang gampang terpengaruh ga di cerna dluu ,, lucu ya hhehe #piss

    • Betul. Kalo Ayat Suci. Mau Pake Ayat Suci Yang Mana?. Indonesia memiliki banyak Warna? dan Pandangan?>

  • gak ada dalilnya buat taat sama ayat2 konstitusi…. BTW calon wagub yang dampingin Ust. Hidayat nur wahid orang JIL juga ya…???? ckckckckckck…. sama aja dong gak ada bedanya….!!!! hedehhh

  • ya, bner2 aj c, ga ad yg dslahkan, krn dy bcra bgtu krna Indonesia Multi agama, jd yg dtitik beratkan dsni adlh yg umum utk brsama, ayat2 suci itu kn mluas. Islam dgn ayat sucinya, blon mampu dterapkn d Indonesia, jd itu terbatas hanya utk umat islam sndri, bgtupn dg agama lainnya berlaku pd umatnya msg2. ini kn ruang publk jd, bhsanya yg mampu mncakup ksmwnya tanpa mmndang, agama ras, wrna kulit. klo ngmong di altar gereja atao Tabligh akbar baru ga ky bgni,…

  • Udah, gak usah milih…. Gitu aja kok repot – Gusdur

  • bodoh..dunia adalah panggung sandiwara,negara adalah cuma mainan..jika mau selamat dunia akhirat,ikutlah aturan agama dan taat aturan2 pada kitab suci..persetan dngan negara..jika kiamat semua negara akan musnah dan di akhirat gak bakal di tanyakan kita taat pada negara atau tidak….jadi..berfikirlah bahwa kita hidup saat ini hanya untuk mencari bekal pada kehidupan yang sebenarnya nanti di akhirat…HIDUPKU UNTUK AGAMAKU…BUKAN UNTUK NEGARAKU…mari beribadah dan beramal sholeh untuk bekal di akhirat nanti..jangan terlena tipu daya keduniawian..

    • ya tetep juga sebagai warga negara yang berdomisili di Indonesia jiwa nasionalis kita harus ditumbuhkan doongs, islam juga menyuruh kita taat pada amir.. pokok-pokok pancasila pun membicarakan tentang keagamaan Ketuhanan yang Maha Esa, kita sebagai muslim seharusnya membawa misi dakwah tapi dengan cara yang baik-baik, tidak membawa permusuhan dan pertikaian.. Rasulullah SAW mengajarkan bagaimana toleransi antar ummat beragama.. Rasulullah berdakwah dengan perkataan yang baik dan kelemahlembutan.. itulah ciri seorang muslim yang membedakan kita dengan ajaran agama yang lain.. balance lah dunia dan akhirat..

  • Hhmm, Agak risi juga sih klo liat banner pasangan cagub di kanan atas,, :)
    Mustinya media islam berbasis online seperti Dakwatuna ini bersih dari hal2 yang berbau politik.
    Sangat disayangkan sekali,, :)

    Salam,

    • itu iklan dari google adsense pak,
      dari situ dakwatuna dapat pemasukan duit

      • Nurcahyo Adinugroho

        keren kali yak google adsense jaman sekarang, ngasih banner iklan sesuai dengan kondisi politik setempat?
        lagipula bukannya tiap banner iklan ada watermark sumber iklannya? ex: by google adsense or something else?

  • yah …. kok ada banner cagub-cawagub di dakwatuna … !!

  • berarti calon pemimpin itu Belum Paham, jadi calon pemimpin seperti itu jangan sampai di pilih.. masyarakat DKI tidak bodoh jadi dia pasti tidak akan memilih pemimpin seperti itu.

  • Riz Ramdhani

    bener tuh, ga pantas calon pemimpin ngomong kaya gtu,,,

  • Ane lihat debat tu.. Gak adapun ahok bilg ”
    Kita tidak boleh taat pada ayat suci” tp klo dia bilg ”
    Kita taat pada ayat-ayat konstitusi” itu mmg benar! tolg klo benar dia bilg begitu kasih link videonya.. jgn2 ini cuman strategi tim sukses salah satu calon yg mengatas namakan agama bt politiknya! Rakyat kt dah pandai pak jgn di adu domba dg agama!
    AYO PILIH CAGUB NO.4 SEPERTI BANNER DIATAS..!! hadeeh ampuuun…..!

    • emang bener nih rakyat udah pandai??? tp kok msh banyak rakyat yg mau terima uang dari money politic ya???

  • ahok..ahok, yg katanya selangkah lagi..jadi aja korban dr perkataan sendiri. emg bnr yg namanya kalimat “mulutmu adalah harimaumu”

    • dani ramdani

      anak buah si kumis nih…..

  • Saya mau tanya dulu… Pak Ahok, beragama apa ya ?
    Saya tidak mendengar langsung perkataan beliau, dan tidak melihat persis bagaimana Pak Ahok mengucapkan kalimat tersebut dan dalam kondisi yang bagaimana beliau mengatakan hal tersebut…
    Mari kita berfikir positif, jangan mengambil sepotong-potong kalimat yang diucapkan oleh sesorang, dan berfikirlah logis…
    Atau ada maksud lain dari calon lain untuk menjatuhkan pasangan Jokowi-Ahok ?
    Bagi Saya, Jokowi-Ahok masih oke…

    • iyah bener ,

    • Permasalahannya cuma 1 nih.. Dakwatuna tidak netral dalam hal ini.. Terlihat jelas dukungannya terhadap pasangan calon yg mana.. Seharusnya dakwatuna sebagai media informasi mengutip dengan jelas dan lengkap perkataan dari Ahok.. Jadi tidak menimbulkan kericuhan dan perpecahan seperti ini.. Dan buat yg mau komen, pahamilah dahulu permasalahannya, cari tahu dengan sejelas2nya baru memberi komentar. Jika anda menghujat seseorang hanya dari berita sepotong2 yg anda dapatkan, itu sama dengan fitnah.. Terima kasih..

      • i_pin54

        betul sekali.. media online ini kayaknya jadi media humasnya pihak tertentu..

        • hahaha….anda lihat donk judul media online di atas,namanya udah “DAKWATUNA”semboyannya “MENUJU CAHAYA ISLAM” ya kalo muatan beritanya gak netral itu wajar,dakwatuna membuat pemberitaan berdasar kepada sudut pandang kaca mata ajaran Islam,jika anda mendapat pemberitaan yg netral anda tinggal cari saja di KOMPAS,TRIBUN,METRO TV,SINDO dll,itu udh pasti netral bung,,,,,seorng yg mengerti ajaran Islam akan membenarkan pemberitaan ini,karena dalam ajaran Islam yg sesungguhnya tidak ada manusia harus patuh kepada ayat ayat buatan manusia.jika anda beragama Islam sudah pasti anda akan mempertimbangkan sttment Mr.ahok ini

          • Teliti menjawabnya semua harus ada bukti. Harus dikaji dulu semua, mentang2 covernya pake simbol muslim dianggap dalemannya muslim.

          • Media TV yg anda sebutkan … menurut saya juga ga netral koq … bisa dilihat sering skali tayangannya memihak :D

          • YUSUF ANDRI

            kompas juga g netral, tribun, metro apa lagi, tv sindo apa lagi,,, kompas (komando pasturr) dan yg lainnya ambil beritanya dari media yahudi . dari mana netralnya ,, baca media yg bener doong, tidur aja kamu,, sep

      • kiyo

        setuju…
        gak netral BEUD!!!

    • dil la

      saya juga ga nonton,tp bukan berarti kalo kita ga nonton trus berita ini jadi bohong kan?! wallahu a’lam.sbnrnya tanpa ada berita ini pun saya ada feeling ga enak sama pasangan ini,yah kalaupun mereka menang kita liat aja kepemimpinannya..untung saya bukan warga jakarta :D jadi ga galau pas milih,tapi kalau warga jakarta salah pilih juga berimbas ke kota saya yang sebelahan ama jakarta -_-

      yuk cari di youtube,mungkin ada yang upload pas diskusi itu

    • kiyo

      setuju mas Mukhlis Amir…
      Maklumlah takut KALAH mereka2 itu…

  • selamat memilih warga jakarta,,,,jgn lupa klo udah milih di tuntut trus ya gubernurnya,,

  • politik pencitraan nih,
    begitu dilhat lagi tidak ada bagian yg menghina,

  • Apakah pantas umat muslim memilih Basuki T Purnama alias Ahok sebagai pemimpin yang telah menghina kitab suci….kalau saya jadi warga DKI Jakarta haram memilih pemimpin seperti Ahok yang mendapingi Joko Widodo dalam pilgub DKI yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 juli 2012…..

    • Saya pun Mendukung beliau. walau Tajem Lidahnya, tetapi jujur bicara apa ada nya?> ketimbang yang Diam diam, tidak berani mengutarakan Pendapat. berbicara manis embela kepentingran Rakyat.. Tetapi banyak Bangun Mall di sana sini. memntingkan orang orang kaya saja… Beliau… Bicara apa ada nya. Jika beliau ingin licik. juga bisa diam diam tidak mengutarakan. seperti yang lain.

  • iyaa,, jangan langsung men- judge sseorang! coba di cari tau kebenarannya,, yang belum tau persoalan nya jgn cuman menggembar gemborkan dan membuat permasalahan smakin runcing! dan mempengaruhi pemikiran seseorang.

  • I am Hacker

    kalo sampe kepilih, segera beli popcorn lalu duduk manis sambil kita tunggu kehancuran bangsa ini

  • Jangan cengeng, gitu aja tersinggung, Tidak ada yg bermaksud melecehkan agama. Islam sendiri sdh tegas agamaku agamaku agamamu agamamu (lakum dinnukum waliyyadin). Jika Anda tdk setuju dengan Jokowi – Ahok jgn dipilih, Saya tahu pilihan Anda si Kumis itu.

    Saya malah yaqin bahwa umat beragama di Indonesia sangat dewasa, tdk cepat tersinggung, yang cepat tersinggung biasanya ada niat tendensius yg tdk sehat.

  • Yang menarik dari Jokowi, dia melarang pujian untuknya dan mewajibkan kritik untuknya ini sudah mereka buktikan. Dan ini juga bagian dari ayat ayat suci /konstitusi. Kwalitas Pemimpin
    Adalah tergantung kepada kwalitas pemilihnya (bukan pemilih money politik atau pemimpin baliho.

    • yakin jokowi ga main money politics?
      berani sumpah atas nama apa pak?

    • temuan KPK, semua calon gubernur DKi main uang pak kecuali nomor 2 dan 5. nah lo :D

  • Agung Nugroho

    Padahal yang ditulis itu RAKYAT, bukan UMAT. Sebagai RAKYAT jelas harus patuh kepada ayat-2 konstitusi, tetapi beda apabila sebagai UMAT jelas harus taat kepada ayat-2 kitab suci. Seharusnya sebagai “media Islam” bisa lebih jujur dalam memberitakan sesuatu.

    • hehehe emangnya ntar di akhirat ente ditanya “ente rakyat ato ummat?” peraturan agama mutlak harus dijalankan oleh semua manusia.itupun klo manusianya msh mau selamat di akhirat.

  • atii’u Allah wa atii’u arRosul, wa ‘ulil amri minkum’
    konstitusi menurut sy masuk ke ulil amri, sepanjang tidak bertentangan dg Allah dan Rosulnya, jelas lah kita harus tunduk. Klo enggak gitu, bisa kacau lalu lintas, lampu merah ga dianggap :D
    jd qt ga bisa nge-judge krn info di berita ini sepotong, kita ga tahu konteksnya apa.

  • PILKADA DKI JAKARTA > Kekalahan Fauzi Bowo bukan karna citra buruk partai pendukungnya, melainkan karna faktor BETAWI – JAWA DAN CHINES

    • dani ramdani

      dangkal banget punya otak….

  • Kalo saya Rasa, Maksud dia. jika dalam menjalani kehidupan Bernegara dan Bersosialisasi. kita harus berpacu pada ayat ayat Konsitusi bukan pada ayat Suci. Ayat suci itu di gunakan hanya untuk menjalani Hidup. Jika jika kita taat kepada ayat Suci… ayat suci mana yang mau kita pegang?> Sedangkan Indonesia memiliki berbagai macem, warna, suku, dan Agama, takut hanya mementingkan Kelompok Tertentu jika taat kepada ayat Suci Tertentu.

    • lalu jika kita taat Kepada ayat Suci?> untuk apa ayat konsitusi Di buat?.

      • lalu utk apa neraka dibuat? ya jelas utk manusia2 yang ingkar thd kitab suci

      • zafranc12

        Ayat konstitusi itu buatan manusia rekaan untuk berusaha mengayomi semua umat beragama tp ternyata yg bikinnya kayaknya kurang ilmu dan kerjasama dengan para pemuka agama

    • yah bener , posisikan disaaat kita bernegara ataupun beribadh :) setuju

    • UUD45 ikulo jalanono seng temen ojo di ingkari.. sekarang ini pejabat sendiri tidak menjalankan UUD45 ato menegakkannya.. ancor indonesia.. keadilan tidak ditegakkan sesuai UUD45 ya begini korupsi merajalela.. mending golput aja.. ra usah meleh.. TEORI TOK..

  • PILGUB DKI JAKARTA : Benarkah menjadi barometer BETAWI – JAWA – CHINES – GOLPUT ????

  • PILGUB DKI JAKARTA : Benarkah menjadi barometer BETAWI – JAWA – CHINES – GOLPUT ????

  • ya kan sudah jelas, AHOK melecehkah ayat2 yg ada di kitab suci..
    tidak seharusnya beliau menbandingkan kitab suci dengan kitab konstitusi

  • Ahaaaa. Kenapa jadi begini. No koment. Belum lihat tayangannya dan blm jelas asal-usulnya….

  • Anjing menggong kafilah berlalu….

  • stlh pemilu putaran pertama, apa msh ada yang muji2 jokowi? ane kmrn baru denger klo kubu dia maen money politic. ga percaya?? dateng aje ke kantor ane.

  • ada kampanye terselubung nich… rupanya dakwatuna ini pendung fokke …….

  • ana dya

    wallahu ‘alam..semoga Allah swt memberikan pemimpin-pemimpin yg terbaik utk kita..Aamiin..

  • politik… ayat yang d nyatakan hanya untuk konstitusi..pasal-ayat adalah kesatuan… agama ga usah d bawa-bawa.. sabar jokowi-ahok ini mungkin hanya black campanye… maju trus… ingat selalu kepentingan rakyat. terima kasih

  • Hendy Dermawan

    yang tulis artikel kelihatannya memihak salah satu kandidat. silahkan dibuktikan kebenaran dari artikel diatas. link video dan hasil dari percakapannya ditulis lengkap donk, agar tidak menimbulkan fitnah. sekalian diselidiki track rekord perilaku dan moralitas penulis artikel dan ketua formada-nya yang protes2 itu. apa moralitas mereka lebih baik dari saudara jokowi dan ahok…? mana bukti nyata kalian dalam masyarakat…? jangan cuma bisa omong doank. percuma beragama kalau moralitas buruk… sudah gak jamannya kampanye hitam menggunakan isu SARA.

    • i_pin54

      sudah frustasi kali pasangan nomor empat kalah jauh..

  • Taatlah kepada Allah, Taatlah kepada Rasul dan Pemimpin di antara kalian: taatlah kepada pemimpin yang taat kepada Allah dan Rasul

    • Nasution

      “Hai orang-orang yang beriman, jangan kalian jadikan orang-orang
      Yahudi dan Nasrani menjadi wali-wali1 kalian. Sebagian mereka adalah
      wali bagi yang lain. Siapapun diantara kalian yang menjadikan mereka
      sebagai wali, maka sebenarnya orang itu termasuk golongan mereka.
      Sungguh Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah: 51)

  • khoiron anwar

    site ini tendensius dan memihak, tidak netral

  • khoiron anwar

    tulisan ini tendensius dan memihak.

  • “Mereka tidak seharusnya di sana. Mereka salah tempat.”

  • aduuh.. jujur saya kecewa sama dakwatuna, yg biasanya menyajikan isi artikel yg berbobot,.. tapi kali ini kok kayak artikel yg tidak bisa berpikir secara dewasa ya? jangan telan mentah2 suatu omongan dari sesorang pahami dulu konteks apa yang dimaksud.. yang dimaksud pak ahok itu adalah ayat2 konstitusi untuk konteks kehidupan bernegara dan berbangsa.. kalau dalam konteks beragama ya lain lagi lah, kalau umat Islam ya Kitab suci Al-qur’an dan agama lainnya ya menyesuaikan dg kitab sucinya masing2.. thanks

  • terkadang kita salah paham untuk mengartikannya perbedaannya yang ada janganlah di besar besarkan tetapi harus di selesaikan dengan bijak,inilah dunia politik kita harus banyak mempelajari istilah istilah nya bukan berarti orang yang mengatakannya tidak mempunyai agama,semuanya bisa saja terjadi dengan tidak sengaja.

  • Jadi inget kalimat di salah satu link ‘ttgga’..
    Cara trmudah untuk mencuci otak manusia lemah hati & lemah akal adalah dengan membolak balikkan antara Kebenaran dengan visi Menghancurkan secara perlahan2 & terus menerus, dan makin gencar ketika sudah ada jalan yang lebih luas untuk menjalankan Pembauran dari satu misi saja..
    Bersikap sesuai keinginan masyarakat yang kangen pemerintah yg ‘sehat’ & brttggjwb, walaupun peraturan yg diterapkan bertolak belakang dgn Yang Haq..
    Lantas masyarakat perduli apa?
    Yg penting keinginan mereka akhirnya begitu dekat waktunya untuk bisa tercapai.
    Jadi yang mencoba menghalang2i dianggap “Seneng liat orang susah, susah liat orang seneng” atw bersikap berat sebelah.

  • Pejabat sekarang sedikit yg jujur mending golput aja.. UUD45 ikulo jalanono seng temen ojo di ingkari.. sekarang ini pejabat sendiri tidak menjalankan UUD45 ato menegakkannya.. ancor indonesia.. keadilan tidak ditegakkan sesuai UUD45 ya begini korupsi merajalela.. mending golput aja.. ra usah meleh.. TEORI TOK..

  • UUD45 ikulo jalanono seng temen ojo di ingkari.. sekarang ini pejabat
    sendiri tidak menjalankan UUD45 ato menegakkannya.. ancor indonesia..
    keadilan tidak ditegakkan sesuai UUD45 ya begini korupsi merajalela..
    mending golput aja.. ra usah meleh.. TEORI TOK..

  • namanya juga ahok .. ahok tu artinya bodoh ..

  • Buat Para Tim Dakwatuna “Wallahu Allam Bishawab ” jangan ber Su Udzon terhadap sesama”
    jadilah islam yang cerdas bukan islam yang mudah terhasut!!! bagi islam yang mudah terhasut,,,belajar lagi,,yuuuk kita sama sama belajar, Islam itu indah, Rahmatan Lil Alamin!!!

    • Utk kebaikan, mesti dikemukakan sekalipun pahit! Ini juga perlu sbg warning utk jokowi seandainya menang nanti……..

  • kok menyeramkan sekali pernyataan ahok ya, dlm agama kita justru harus mentaati ayat2 suci kalau mau selamat dunia akherat…

  • ayat-ayat suci adalah harga mati……….tidak bisa dibawah dari ayat-ayat konstitusi yang bikinan manusia. Jangan memberikan pernyataan yang asal njeplak

  • mediya

    Itu membuktikan ahok belum siap menjadi pimpinan..masih terbawa emosi ketika menghadapi serangan ..maksunya benar didalam pilkada harus turut pada ( Aturan ayat2 institusi )….tapi bagi orang yang beragama…kalimat ayat ayat ( akan selalu berhubungan ) dengan kitab kitab suci ahok sudah terpeleset dari kalimat aturan aturan…menjadi Kitab…AHOk berarti tidak beragama…dia hanya punya aturan dan tidak punya kitab suci.

  • goes

    ketahuan juga belangnya, ati2 bisa bisa ribut jakarta nanti, bukannya malah maju malah terjadi bentrok karena agama, ingat kekuatan umat islam sangat besar

  • Nasution

    “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul
    (Nya) serta pemimpin kalian. Kemudian jika terjadi silang pendapat
    diantara kalian dalam suatu masalah, maka kembalikanlah kepada Allah (Al
    Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada
    Allah dan hari akhir.” (An-Nisa:59)

    “setiap muslim wajib mendengar dan mentaati (perintah) pemimpinnya
    selama dia tidak diperintahkan untuk berbuat maksiat. Apabila dia
    diperintahkan untuk bermaksiat, maka dia tidak boleh mendengar dan
    mentaatinya.” (muttafaq ‘alaihi)

    “tidak ada ketaatan dalam rangka berbuat maksiat kepada Allah. Ketaatan hanya ada dalam rangka berbuat baik.” (muttafaq ‘alaihi)

    “lalu kami memberimu sebuah syariat (peraturan agama), maka ikutilah
    syariat itu dan jangan kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak
    mengetahui.” (Al-Jatsiayah: 18)

    Wallahu a’lam

  • stevano itong

    yah .. inilah calon gubernur jakarta berikutnya .. :))

  • hati2 dalam memilih pemimpin… ini bukan kali pertama pasangan jokowi ahok n tim sukseksx,. melecehkan ayat2 suci n para ulama kita.., mw jadi apa negara ini klu calon pemimpin kita tidak berpegang teguh pada agama n justru melecehkanx dgn berbagai alasan yg tdk bisa diterima..

  • kilauB

    warga turunan kok malah mimpin pribuni….? dimana marwah pribumi..ahok…ahok….ngacak lo….

    • Johan Ebtrans

      kayaknya agan ini suka dengan wajah pemimpin bukan dengan cara memimpinnya. Kebanyakan nonton sinetron tu bang…

      • denx_88

        setuju..

      • denx_88

        pemimpin pribumi nya lbh parah buktinya g dapat dukungan…?

  • singgih

    saya belajar islam tp bkn belajar menhasut…

  • ady si penjaga kebun

    kok kyakna selalu menjatuhkan pihak jokowi yah?????????

  • Jika Klian ingin kebenaran pergilah ke Tuhan Kalian (Allah), Pergilah ke panutan Kalian (Rosululloh SAW), dan Pergilah ke pegangan kalian (Al-Qur’an dan Sunahnya)… Berdebat disini rasanya tiada guna, karena yang paling benar dan paling mengetahui isi hati tiap manusia adalah yang menciptakan manusia…..

  • berbicara masalah yang berhubungan dengan ras/suku dan agama adalah sangat sensitive sekali. seharusnya sebagai seorang calon pemimpin harus mengetahui etika dalam setiap pernyataan, jadi harus dipikirkan terlebih dahulu, jangan ASBUN apalagi negara kita Indonesia terdapat beberapa agama yang di akui oleh negara.

  • anggoro yudi

    yang dimaksud dengan rakyat, mungkin saja yah rakyat jakarta dan bukan umat jakarta, selama ini ayat-ayat konstitusi tidak bertentangan dengan ayat-ayat Al-Qur’an, mungkin yah saya akui bahasa pak Basuki ada salah dan saya secara pribadi sebagai pendukung JB yg beragama Islam ingin meminta maaf dan juga seperti kita ketahui bahwa manusia tdk ada yang sempurna?Kemudian, saya ingin mengajak saudara2 muslim lainnya supaya anda teliti lebih lanjut bagaimana sepak terjang pak Basuki ketika menjabat Bupati Belitung timur walaupun hanya 1,5 tahun. Apa yang sudah dilakukan pak Basuki untuk warga-warga muslim disana yg kebeneran disana mayoritas muslim. Apakah muslim disana membenci atau malah mencintai Beliau? Kita harus lebih teliti dan pahami lagi. Mohon maaf kl ada salah kata dari saya. Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amien ya Rabb.

  • sadli

    makanya jgn slh pilih kmrn ad yg jujur, islami, cerdas, sosial, n memiliki link internasional di dunia islam, rakyat jakarta malah tdk memilihnya, dlm tafsir sayid quthub, kehancuran suatu bangsa di sebabkan oleh rakyat yg mendukung kemaksiatan pemimpinya, bila jakarta msh begini atau lbh buruk lg ya slh sendiri kenaapa slh memilih, dan biasanya kemaksiatan itu akan hancur pd saat kemaksiatan itu pd saat puncaknya, di sinilah manusia yg sia2 baru sadar. akan penyesalannya.

  • sadli

    sy heran org jakarta ni, di medan ahok ikut pilgub aja kalah, malah di org babel tdk suka beliau, waduh, di mn kritisnya org jakarta ni

    • bambang

      karena org medan belum tahu kelebihan ahokkk bosss

  • clo pemimpin berbicara seperti itu sudah bisa diketahui kmana rakyatnya akan dibawa

  • hmmm

  • Ariesty

    kok ini beritanya seperti hasutan ya? :/

  • bambang

    mohon maaf admin, negara ini rusak karena aturan tidak ditegakkan dan cenderung diabaikan. berapa banyak orang yg mengerti agama, tahu tentang agama tapi perilakunya “maaf” bagai orang tak kenal agama. silahkan cek sendiri……

  • bambang

    ini medianya PKS, klo org PKS korupsi bpun tetap dibela…. tp org lain yg jujur berbuat demi masyarakat seperti Jokowi – Ahok selalu dicari-cari kesalahannya……. SADARLAHHHH………NETRALLLLLLLLLL……..

  • Robby Mangkubuana

    Saya rasa, sebagai masyarakat netral dan tidak memihak, pernyataan bapak Basuki merupakan didalam konteks hidup dalam masyarakat dan bernegara, dalam arti kita taat dan patuh pada ayat konstitusi itu sudah pasti HARUS. karena dengan konstitusi tertulis/tidak tertulis saja banyak terjadi pelanggaran.. apalagi tidak?

    sedangkan ayat suci, tentunya masing” individu memiliki keyakinan yang berbeda.. dan ingat gan. kita bukan negara Islam.. kita negara hukum :) berhenti menyalahkan para pemimpin, jika kalian tidak dapat menjadi pemimpin yang lebih baik. Sebagai warga yang baik, kita harus mendukung mereka yang merupakan khalifah/pemimpin kita. “bukan apa yang negara dapat berikan pada kalian, tapi apa yang dapat kalian berikan pada negara.”

    dan saya juga teriris hatinya melihat pribumi beragama yang ilmu agamanya tinggi, tapi (mohon maaf) berkelakuan seperti tidak beragama.. kalau ini terjadi terus dan menyebabkan konflik internal dalam kehidupan bernegara di Indonesia…haha kapan majunya? XD

    ”Kita tidak boleh taat pada ayat suci. Kita taat pada ayat-ayat konstitusi.”
    link or didn’t happen. saran saya, jangan terlalu memperlihatkan artikel yg menyalahkan/mendukung satu pihak. Mohon beri link, bukti video dia mengatakan itu. Dalam ilmu hukum, kita harus memperhatikan setiap kata/unsur yang dimaksud.
    terimakasiiiiih~

  • Benar2 luar biasa, dunia sudah semakin maju,,, hanya dengan
    modal Rp.10.000 doang udah bisa buka usaha sendiri…………penasaran usaha
    apakah itu? klik disini….. http://goo.gl/tc1n55

Lihat Juga

Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym.  (dpu-daaruttauhid.org)

Ahok Tuding Massa Aksi Damai 411 Dibayar 500 Ribu, Aa Gym: Setop Sakiti Hati Umat Islam