00:21 - Minggu, 24 Agustus 2014
Fakhir Muhammad Mumtaz

Cara Menjaga Fokus

Rubrik: Life Skill | Oleh: Fakhir Muhammad Mumtaz - 06/07/12 | 12:30 | 17 Shaban 1433 H

Ilustrasi. (inet)

Pentingnya Menjaga Fokus

dakwatuna.com - Salah satu alasan penyebab banyak orang gagal atau tidak maksimal dalam mencapai target atau tujuan yang telah mereka tetapkan adalah ketidakmampuan dalam menjaga fokus. Fokus ini menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan dan mendapatkan hasil yang terbaik karena dengan fokus kita mampu mensinergikan dan menyatukan energi-energi dan pemikiran-pemikiran menjadi satu sehingga menghasilkan hasil yang terbaik.

Jika kita ingin menganalogikannya, seperti sebuah kaca pembesar/LUP yang mampu memusatkan energi panas matahari yang tersebar sehingga mampu membakar benda yang dituju. Seperti gambar di bawah ini:

Kita dapat melihat betapa fokus akan menghasilkan hasil yang terbaik, oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga fokus!

Menjaga fokus ini memang tidaklah mudah. Untuk meraih tujuan, apalagi tujuan besar, kita perlu kesabaran karena mungkin memerlukan waktu yang lama untuk mencapai tujuan tersebut. Selama proses mencapai tujuan, akan ada banyak hal yang mengganggu dan membuyarkan fokus kita. Jika kita tidak bisa menjaga fokus, maka tercapainya tujuan akan lebih lama bahkan gagal. Menjaga fokus memang tantangan banyak orang.

OK, sekarang kita akan bahas bagaimana cara menjaga fokus dari mulai menetapkan tujuan sampai tujuan tersebut dicapai. Cara-cara menjaga fokus sebenarnya sederhana, bahkan seperti terlihat aneh. Inilah mungkin yang menyebabkan banyak orang yang tidak berusaha untuk menjaga fokus. Karena merasa ribet atau menganggapnya sepele.

Sudahkah Anda menetapkan tujuan? Anda tidak akan fokus jika Anda belum menetapkan tujuan. Jadi langkah-langkah di bawah ini hanya bisa dilakukan setelah Anda menetapkan tujuan.

Trik-trik Menjaga Fokus

1. Ada pengingat atau yang mengingatkan. Kita akan kehilangan komitmen jika kita lupa dengan tujuan kita. Dengan berbagai kesibukan dan kewajiban yang harus kita lakukan setiap hari, kadang kita terlupakan untuk berusaha mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Jadi, harus ada pengingat bahwa Anda sedang mencapai tujuan tertentu. Ada banyak ide agar ada pengingat setiap hari:

  • Menempel gambar yang berkaitan dengan tujuan kita di tempat yang setiap hari pasti terlihat. Misalnya Anda cari foto mobil yang Anda inginkan, kemudian tempel di lemari es atau di kamar tidur Anda. Setidaknya, Anda akan teringat terus setiap hari bahwa Anda sedang mencapai tujuan tertentu.
  • Bekerja sama dengan orang lain, bisa keluarga, untuk saling mengingatkan dalam upaya mencapai tujuan.
  • dan lain-lain

2. Menghujamkan tujuan Anda ke pikiran bawah sadar Anda. Jika tujuan sudah terhujam dalam pikiran bawah sadar Anda, maka secara otomatis Anda akan teringat kepada tujuan Anda atau tindakan Anda akan diarahkan secara otomatis menuju tujuan Anda. Caranya:

  • Mereview atau membaca tujuan Anda secara berulang-ulang. Dengan suara lantang lebih bagus.
  • Tulis tujuan Anda, dengan tulisan tangan, berulang-ulang. Sampai ratusan kali.
  • Melakukan visualisasi tujuan Anda.

3. Miliki mental juara. Mental juara akan mendorong Anda untuk mencapai tujuan Anda secepat mungkin. Seseorang yang memiliki mental juara tidak akan pernah menunda-nunda. Tidak akan mudah terganggu pikirannya oleh hal lain. Dengan memiliki mental juara, Anda akan lebih mudah untuk menjaga fokus.

Fakhir Muhammad Mumtaz

Tentang Fakhir Muhammad Mumtaz

Fakhir Muhammad Mumtaz, atau dengan nama aslinya M. Arief Gusti Putra. Aku hanyalah sebuah pasir di antara ribuan pasir di pantai. Aku hanyalah sebuah debu yang beterbangan ke sana kemari,… [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword:


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (13 orang menilai, rata-rata: 9,62 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
100 queries in 1,399 seconds.