Home / Berita / Silaturahim / Muslim-Muslimah Gathering 2012 Korea Selatan

Muslim-Muslimah Gathering 2012 Korea Selatan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(ist)

dakwatuna.com – Busan. Tanggal 16 dan 17 Juni 2012 lalu merupakan saat-saat yang berbahagia bagi muslim-muslimah Indonesia di Korea Selatan. Bagaimana tidak? Amirul Mu’minim Umar bin Khattab ra pernah mengatakan, “Ada dua hal yang membuat aku betah berlama-lama di dunia, yaitu saat bersujud kepada Allah SWT dan saat berjumpa dengan saudara-saudaraku seiman.” Pada tanggal tersebut, di Korea Selatan, tepatnya di daerah Taejongdae, sebuah daerah pesisir pantai kota Busan, diadakan sebuah acara silaturahim muslim-muslimah Indonesia di Korea Selatan yang diberi tajuk Muslim-Muslimah Gathering (MMG) 2012.

MMG merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diadakan oleh IMUSKA (Indonesian Muslim Society in Korea). “Tujuan utama diselenggarakannya MMG adalah sebagai ajang silaturahim muslim-muslimah Indonesia di Korea Selatan. Selain itu, MMG merupakan gerbang awal bagi IMUSKA untuk memperkenalkan IMUSKA dan program-programnya sehingga muslim-muslimah Indonesia di Korea Selatan menemukan wadah dalam menjaga dan menguatkan keimanan,” ungkap Hadi Teguh Yudistira selaku pembina panitia MMG 2012. Acara yang didukung oleh Bank Syariah Mandiri, PKPU, dan Pulsaaku ini dihadiri tidak kurang dari 70 muslim-muslimah Indonesia yang berasal dari berbagai penjuru Korea Selatan seperti Seoul, Suwon, Daegu, Daejeon, Gwangju, dan Busan.

Pada Sabtu malam (16/6) peserta MMG 2012 berkumpul di Masjid Busan. Kegiatan malam itu diawali dengan perkenalan peserta yang sebelumnya hanya komunikasi melalui jalur online. Walaupun kali pertama bertatap muka secara langsung, hal tersebut tidak mengurangi keakraban dan rasa ukhuwah di antara peserta. Hari Ahad (17/6) setelah sholat shubuh berjama’ah, acara dilanjutkan dengan tilawah, olahraga pagi, serta sarapan bersama. Pukul 7 pagi seluruh peserta MMG berkemas dan menuju Taejongdae.

Konsep kegiatan MMG 2012 sangat menarik. Selain mendengar siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Suharsono dari PKPU, MMG 2012 ini juga menyajikan berbagai kegiatan menarik seperti permainan kelompok yang dapat meningkatkan ukhuwah serta tadabbur keindahan pantai Taejongdae.

“Selama ini interaksi muslim dan muslimah lebih sering dilakukan melalui dunia maya dan bahkan tidak sedikit yang belum mengetahui wajah saudara seimannya. Pada hakikatnya, ukhuwah tidaklah cukup melalui dunia maya, tapi justru dunia nyatalah yang sangat menentukan terikatnya hati-hati kita,” imbuh Ketua IMUSKA periode 2011/2012, Hadiyawarman.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Muhammad Hilmy Alfaruqi

Lihat Juga

Ilustrasi. (huffingtonpost.com)

Be a Real Muslim