Home / Berita / Nasional / Indonesia, Belajarlah dari Pemilu di Mesir

Indonesia, Belajarlah dari Pemilu di Mesir

Foto ini diambil dari TV Nasional Mesir, pendukung Muhammad Mursi bersuka cita setelah pengumuman kemenangan Mursi, di Tahrir Square, Kairo, Mesir, (24/6). (AP Photo)

dakwatuna.com – Jakarta. Pengamat hubungan internasional dari Universitas Indonesia Prof Zainuddin Djafar mengatakan Indonesia harus belajar dari pemilihan umum yang telah berlangsung di Mesir.

“Saya tidak pernah mengira bahwa yang tampil sebagai presiden dari Ikhwanul Muslimin yakni Muhammad Mursi. Banyak pengamat yang tak pernah memperkirakan hal tersebut,” ujar Zainuddin di Jakarta, Kamis (28/6).

Dia menjelaskan meskipun Mursi hanya meraup 52 persen suara, namun dalam politik hal tersebut dikenal dengan “silent majority” atau kekuatan yang selama ini tidak pernah terdengar sebelumnya. “Ini merupakan perubahan yang luar biasa, karena sejak awal 2011 belum ada tanda-tandanya,” tambah dia.

Hal itu, lanjut dia, harus menjadi pelajaran bagi Bangsa Indonesia jika terjadi dalam konteks negatif. Misalnya saja kekuatan negatif yang tidak terorganisir dengan baik, sehingga menyebabkan negara dalam keadaan “chaos”.

“Kemenangan Mursi merupakan kegembiraan bagi umat Muslim yang ada di Indonesia, karena selama ini banyak kalangan Islam yang hanya bermain di sektor formal seperti di parlemen.”

Ketua Komisi Tinggi Pemilihan Presiden Mesir, Farouk Soltan pada Minggu (24/6) mengumumkan Mohamad Mursi sebagai pemenang pemilu. Mursi meraup 13,2 juta suara,sedangkan lawannya, Ahmad Shafik hanya mengantongi 12,2 juta suara.

Mursi dan Shafik bertarung dalam pemilihan tahap kedua pada 16 dan 17 Juni setelah meraih suara terbanyak dalam Pilpres tahap pertama pada 23 dan 24 Mei silam. (Ant/OL-2/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Rohingya

DPR Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas atas Insiden Kekerasan di Rohingya