Home / Keluarga / Kesehatan / Makanan Cerdas Pemuda Islam

Makanan Cerdas Pemuda Islam

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.comSyabab (pemuda) Islam di zaman ini dituntut untuk bisa melakukan berbagai hal. Mulai dari berdakwah, belajar ilmu duniawi dan juga berorganisasi. Ketiganya adalah hal yang penting dan juga urgen (segera) harus dipenuhi untuk menyokong dakwah Islam di bumi Indonesia tercinta ini.

Untuk itulah, sudah selayaknya para pemuda selalu mempersiapkan diri mereka supaya dapat melakukan ketiga hal tersebut dengan sebaik mungkin, dan salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan kesehatan otak kita, di mana organ otak merupakan alat bantu utama kita untuk dapat belajar tentang Islam, memikirkan strategi dakwah, dan juga mengais maisyah untuk anak istri dan perjuangan Islam yang mulia. Jika daya pikir kita lemah, lemah juga kemampuan kita.

Untuk meningkatkan daya pikir otak kita sendiri, tidaklah susah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari latihan otak, hingga makanan untuk otak. Akan tetapi karena memang keahlian saya di bidang yang terakhir, maka saya akan lebih memfokuskan untuk membahas makanan untuk otak.

Mikro Nutrien: Peningkat Kemampuan Otak

Salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh otak supaya dapat bekerja dengan maksimal adalah dengan memenuhi kebutuhan mikro nutrien (micronutrient) yang dibutuhkan oleh otak.

Mikro nutrien yang dibutuhkan salah satunya adalah iodine, yang membantu untuk menghantarkan oksigen dalam bentuk terbaiknya kepada otak. Kita para pemuda muslim dapat menemukan mikro nutrien iodine ini di dalam ikan yang mengandung banyak minyak.

Mikro nutrien lainnya yang perlu untuk dipenuhi adalah vitamin C. Vitamin C selain dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum, diketahui juga dapat membantu untuk menambah agilitas mental. Para pemuda muslim dapat menemukannya di dalam buah jeruk dan kiwi.

Selain itu, ada baiknya juga untuk mengkonsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup. Vitamin K diketahui dapat meningkatkan kemampuan kognitif kiga dan juga meningkatkan kekuatan otak. Vitamin K banyak ditemui di dalam brokoli dan juga Telur.

Anti Oksidan: Penjaga Otak

Oksigen dalam berbagai bentuknya akan dapat bermanfaat ataupun berbahaya bagi otak manusia. Dalam struktur dan kondisi kimia yang ekstrim, oksidasi dari oksigen bebas dapat merusak sel dan menjadikannya terkena kanker.

Di sinilah pentingnya anti oksidan, di mana dia bekerja sebagai tameng untuk tubuh, terutama untuk bagian organ otak yang banyak berisikan berbagai data dan syaraf penting untuk tubuh. Pemuda muslim yang tidak menjaga kesehatan otaknya dengan mengkonsumsi anti oksidan dalam jumlah yang cukup berisiko besar untuk terkena penyakit mental dan syaraf seperti Parkinson.

Untuk menambah jumlah asupan anti oksidan di dalam tubuh para pemuda muslim, ada baiknya untuk memperbanyak makan tomat (buah yang kaya lycopene, sejenis anti oksidan yang kuat). Dan khusus untuk otak, sangat disarankan untuk memperbanyak memakan sayuran hijau, sayur, nasi merah dan juga gandum serta kacang karena banyak mengandung vitamin E (anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kepikunan).

Fats: Builders and Insulators

Lemak: Insulator dan Pembangun Otak

Jika kita mendengar kata lemak biasanya yang terbayang di dalam benak kita hanyalah yang negatifnya, padahal lemak tidak semuanya buruk. Sebagiannya dibutuhkan oleh otak untuk dapat beroperasi secara baik dan optimal. Sebagai contohnya adalah myelin di dalam otak yang berfungsi menghubungkan aliran listrik di dalam otak, 70% dari myelin merupakan lemak. Jadi lemak tidak perlu ditakutkan, akan tetapi pilihlah yang memang diperlukan oleh otak.

Ada dua jenis asam lemak esensial yang diperlukan oleh otak, yang pertama adalah asam alfa-linoleat, yang merupakan bagian dari Omega-3. Kita dapat menemukan banyak dari asam ini pada sayuran hijau dan pada sayuran laut.

Yang kedua adalah asam linoleat, yang merupakan bagian dari Omega-6. Kita dapat menemukan jenis asam lemak yang satu ini pada bunga minyak bunga matahari dan juga minyak wijen.

Asam Amino dari Protein: Penyusun Sel Utama

Untuk menyusun berbagai sel di dalam otak diperlukan berbagai asam amino yang banyak, yang bisa kita dapatkan dari protein. Pada akhirnya di dalam tubuh berbagai asam amino akan disintesa menjadi berbagai jenis protein yang berbeda, dan akan menjadi bahan baku bagi pembuatan sel. Jadi akan sangat baik jika kita para pemuda muslim selalu menjaga asupan protein di dalam tubuh kita selalu cukup, sekira 50-60 gram/hari.

Untuk protein, kita bisa mendapatkannya dari berbagai jenis daging, telur dan berbagai kacang-kacangan. Akan lebih baik jika sumbernya bervariasi, tidak hanya dari protein hewani, akan tetapi diperbanyak juga dari sumber protein nabati.

Glukosa: Bahan Bakar Sel

Terakhir, yang perlu kita penuhi untuk memiliki kesehatan otak yang prima adalah kebutuhan Glukosa dalam tubuh. Untuk yang satu ini, kita harus menyuplainya secara terus-menerus sebab neuron-neuron di dalam tubuh kita tidak dapat menyimpan glukosa sendiri.

Sumber yang baik untuk glukosa adalah berbagai jenis gandum utuh seperti sereal, roti gandum utuh, pasta gandum utuh, mie gandum utuh dan sejenisnya. Sedangkan sumber lainnya yang dapat dijadikan andalan adalah buah, nasi dan juga sayuran, serta berbagai makanan yang memiliki rasa manis.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai apa saja makanan cerdas yang perlu untuk dikonsumsi oleh para pemuda dan pemudi muslim, supaya memiliki daya pikir yang prima. Semoga bermanfaat dan semoga membantu untuk terwujudnya izzul Islam wal Muslimin.

Referensi

BBC Good Food, bbcgoodfood.com/content/wellbeing/features/boost-brainpower/3/

The Franklin Institute, fi.edu/learn/brain/pyramid.html

National Institute of Health, nccam.nih.gov/health/antioxidants/

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 8,64 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Pecinta dunia medika nabawi dan juga dunia IT. Saat ini mengelola ahliherbal.com.
  • Khalid

    izin share ya admin.

Lihat Juga

Ilustrasi. (id.finspi.com)

Islam Menghendaki Kemudahan