Home / Berita / Nasional / Siswa SD Muhammadiyah Yogya Raih Emas di Ajang Robot Internasional

Siswa SD Muhammadiyah Yogya Raih Emas di Ajang Robot Internasional

Tim Robot SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta mempersiapkan 10 robot untuk mengikuti kontes robot "International Islamic School Robot Olympiad" di Malaysia. (Antara/ROL)

dakwatuna.com – Yogyakarta. Dua tim robotik asal SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta berhasil meraih emas dan perak pada International Islamic School Robotic Olympiade, di Pusat Sains. Kuala Lumpur, Malaysia 23-28 Mei kemarin.

Mereka berhasil menyisihkan tim dari 187 sekolah Islam di Indonesia dan Malaysia. “Ini kebanggaan yang luar biasa bagi kami, karena kami tidak mengira akan memperoleh Emas dan Perak,” terang guru pendamping tim robotik SD Muhammadiyah Sukonandi, Benny Octyanto, Selasa (29/5).

Menurutnya, olimpiade robotik di Malaysia tersebut baru ajang pertama tingkat internasional yang diikuti tim SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta. Di ajang tersebut SD Muhammadiyah Sukonandi mengirimkan dua tim yaitu tim robot teater dan tim desain robot terbang. Tim robot teater terdiri dari tiga siswa yaitu Athaya Zahra, Farah Nabila dan Mlathi Anggayuh Jati.

Sedangkan tim desain robot terbang menampilkan tiga siswa yaitu Faiz Zulfikar, Hasna Hanansari, dan Nabila Rahma.”Tim robot teater mendapat medali emas sedangkan tim desain robot terbang mendapatkan medali perak atau spesial medali dalam ajang itu,” terang Benny. Persiapan yang dilakukan SD Muhammadiyah Sukonandi untuk maju ke ajang tersebut hanya satu bulan.

Namun hasil yang dicapai cukup maksimal. Tim robot teater membawakan tema Bhineka Tunggal Ika dan ajang tersebut. Ketiga siswa memerankan berbagai macam tokoh yang menggambarkan kekayaan budaya dan kesenian di Indonesia. Mereka harus berpadu dengan enam robot yang juga ikut dalam teater itu.Dengan prestasi itu, tim SD Muhammadiyah Sukonandi akan bersiap menggikuti ajang olimpiade robot selanjutnya di Bandung pada Juni mendatang.

“Ini juga akan ujian kenaikan kelas, jadi mungkin konsentrasinya ke ujian terlebih dahulu. Pasalnya tim kami adalah siswa kelas 4 dan 5,” tambahnya.Diakuinya, kegiatan robotik merupakan ekstrakurikuler pilihan di sekolah tersebut. Kegiatan ini juga baru beberapa bulan di gelar di sekolah tersebut. Namun hasil yang diperoleh siswa SD ini cukup luar biasa. (Hafidz Muftisany/Yulianingsih/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammadiyah - (rimanews.com)

Beberapa Pertimbangan ini Mendasari Muhammadiyah ajukan Judicial Review UU Tax Amnesty