Topic
Home / Berita / Nasional / Temui Walikota Depok, Hidayat Bahas Solusi Kemacetan

Temui Walikota Depok, Hidayat Bahas Solusi Kemacetan

Hidayat Nur Wahid dengan Batik "Ayo Beresin Jakarta". (Tribunnews)

dakwatuna.com – Jakarta. Calon gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nurwahid, Jumat (25/5) pagi, menemui Walikota Depok, Nurmahmudi Isma’il, di Balai Kota Depok, Jawa Barat, untuk membicarakan peluang kerjasama antar kedua daerah bertetangga ini.

Di antara masalah yang dibicarakan kedua tokoh ini adalah solusi untuk mengatasi banjir dan kemacetan di Jakarta.

“Untuk mengurangi pengguna kendaraan pribadi yang berasal dari Depok, mungkinkah ada busway yang rutenya sampai ke Depok,” ungkap Hidayat.

Menanggapi masuknya busway ke Depok, Nurmahmudi menyatakan infrastruktur jalan di Depok belum memadai. “Jalan-jalan di Depok tidak siap untuk dilewati busway,” kata Nurmahmudi, yang juga mantan Menteri Kehutanan dan Perkebunan.

Untuk mengurangi kemacetan dengan menekan jumlah mobil yang masuk ke Jakarta, menurut Nurmahmudi, yang memungkinkah adalah mengoptimalkan operasional kereta rel listrik (KRL).

Solusi Banjir di Jakarta

Sedangkan untuk mengurangi banjir di Jakarta, hal yang bisa dilakukan kedua daerah bertetangga ini adalah memanfaatkan situ-situ, terutama yang ada di Depok.

“Situ-situ itu bisa menampung air agar tidak langsung masuk ke sungai,” kata Said Kholik, Asisten Tata Praja Depok saat mendampingi Walikota Depok.

Said menambahkan, Sungai Ciliwung letaknya rendah sehingga tidak bisa dialirkan ke tempat lain. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah mengurangi volume air yang masuk ke Sungai Ciliwung.

Hidayat menambahkan, situ-situ yang ada bisa dimanfaatkan untuk rekreasi sehingga menambah nilai guna situ.

“Situ-situ tersebut juga bisa digunakan untuk rekreasi, untuk pemancingan misalnya,” pungkas Hidayat. (ist)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Halal Bihalal Salimah bersama Majelis Taklim dan Aa Gym

Figure
Organization