Home / Berita / Internasional / Asia / Rombongan MUI Bertemu Menteri Agama Cina

Rombongan MUI Bertemu Menteri Agama Cina

Logo MUI

dakwatuna.comMajelis Ulama Indonesia (MUI) mengunjungi China sejak sejak Sabtu (12/5) lalu hingga Kamis (24/5) mendatang. Dalam muhibah ini, rombongan MUI mengunjungi komunitas Islam dan pejabat pemerintahan di negara Tirai Bambu tersebut.

Hari ini misalnya, rombongan yang dipimpin KH. Amidhan tersebut, bertemu dengan Menteri Urusan Administrasi Agama Republik Rakyat Wang Zuo An.

Hal itu disampaikan salah seorang anggota rombongan MUI, Amirsyah Tambunan, lewat Blackberry Messenger kepada Rakyat Merdeka Online (Selasa, 22/5).

Dalam pertemuan itu, Wang Zuo An mengungkapkan, jumlah umat Islam di negara tersevyt sebanyak 21 juta dengan 30 ribu masjid dan imam sebanyak 4 ribu. Tak hanya itu, di China juga terdapat 10 unit instusi pendidikan.

“Hari besar Islam, pemerintah mengijinkan libur, juga pejabat (dapat) mengunjungi masjid. Setiap tahun 10 ribu yang menunaikan haji/umroh ke Mekkah,” jelasnya.

Secara teknis, pemerintah China menyerahkan semua pelaksanaan yang terkait dengan urusan umat Islam China Islamic Association (CIA). Dia juga mengungkapkan, Pemerintah China cepat mengatasi jika ada berita miring soal kerukunan beragama seperti di Xinjiang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kerjasama dan hubungan Luar Negeri MUI, Mahyuddin Juanidi, menjelaskan, pemerintah Indonesia memberikan kebebasan beragama untuk menciptakan kerukunan, perdamaian bagi dunia. “Ini merupakan perinsip yang sama bagi kedua negara tandas,” timpal Menag China.

Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan berharap, kunjungan MUI dari Indonesia ke China dapat meningkatkan hubungan kedua negara. [zul/Zulhidayat Siregar/RMOL]

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. (viva.co.id)

Kapolri Tuding Masyarakat yang Ingin Ahok Segera Ditahan Miliki Motif Lain