Home / Berita / Internasional / Asia / Azyumardi Azra: Pemerintah Mestinya Memfasilitasi Promosi Produk Halal

Azyumardi Azra: Pemerintah Mestinya Memfasilitasi Promosi Produk Halal

Prof Dr. Azyumardi Azra. (inet)

dakwatuna.com – Xi’an. Untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk halal Indonesia, pemerintah sudah semestinya memfasilitasi promosi produk tersebut, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, agar produk-produk asal Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.

“Pemerintah dan MUI harus semakin meningkatkan sinergi dalam mengangani pangan halal ini. Masing-masing pihak harus mengoptimalkan peran masing-masing, MUI sebagai lembaga pelaksana sertifikasi dan pemberi fatwa, sementara pemerintah yang memiliki anggaran semestinya lebih meningkatkan promosi produk halal ini agar produk nasional kita terutama dari kalangan industri kecil menengah (IKM) dapat meningkatkan daya saing.”

Hal tersebut dikemukakan oleh mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Azyumardi Azra, di sela-sela kunjungan delegasi MUI ke China, pada 19 Mei 2012. Azyumardi Azra yang juga cendekiawan dari ICMI itu dimintai tanggapannya sehubungan dengan gencarnya pemerintah Malaysia dan China dalam mempromosikan produk-produk halal yang menjadi unggulan mereka.

Malaysia, misalnya pada 11-20 Mei 2012 ini menggelar pameran produk halal bertajuk Malaysia Halal Food Festival 2012 yang berlangsung di kawasan muslim Xi’an, China, dan diikuti oleh belasan perusahaan asal Malaysia. Produk yang dipamerkan adalah produk sandang dan pangan yang berbahan dasar dari pertanian dan kelautan, yang sebagian besar berasal dari Industri Kecil Menengah (IKM).

Senior Manager International Trade dari Persatuan Nelayan Kebangsaan Malaysia, Jamil Bin Hj. Rosdi mengemukakan, semua kegiatan tersebut dapat dilangsungkan berkat jalinan komunikasi yang efektif antara pemerintah, pelaku usaha nasional serta komunitas masyarakat Malaysia di China. Adapun biayanya, sebagian besar ditanggung oleh pemerintah melalui kementerian terkait, serta dari para pengusaha peserta pameran. Selain di China, Malaysia juga menggelar pameran serupa di Indonesia, yakni di kota Surabaya.

Dengan pameran itu, Jamil menambahkan, pihaknya berharap agar produk-produk halal dari Malaysia semakin dikenal luas oleh masyarakat Internasional. “Selain itu, konsumen juga akan semakin tertarik untuk datang ke Malaysia untuk menikmati aneka makanan dan minuman yang sudah terjamin kehalalannya,” ujar Jamil.

Menurut Azymardi Azra, langkah yang dilakukan pemerintah Malaysia, juga negara-negara lain seperti Singapura dan Thailand yang sangat gencar melakukan promosi produk halal, yang biasanya dipadu dengan promosi pariwisata, sebenarnya bisa ditiru oleh pemerintah Indonesia. “Tanggung jawab promosi produk halal asal Indonesia tidak hanya menjadi beban MUI yang tidak memiliki anggaran. Pemerintah harus lebih proaktif,” tukas Azzumardi. (FM/halalmui)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Brexit

Ini Pesan SBY ke Pemerintah Usai Beri Bantuan ke Korban Insiden Tol Brexit