Topic
Home / Berita / Nasional / Ekonomi Syariah Jadi Kunci Atasi Krisis Keuangan

Ekonomi Syariah Jadi Kunci Atasi Krisis Keuangan

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Sistem perekonomian syariah diyakini dapat menjadi alternatif meredam berbagai kelemahan yang ada dalam sistem perbankan konvensional. Pasalnya, sistem ekonomi syariah mempunyai daya resistansi yang kuat terhadap krisis keuangan global.

“Karena dapat menjauhkan diri dari riba (bunga), lalu dapat terhindar dari sesuatu hal yang tidak transparan dan terhindar juga dari adanya berbagai spekulasi,” ungkap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, kala ditemui dalam 2nd Bank Indonesia International Seminar on Islamic Finance di Hotel Hilton, Bandung, Senin (7/5/2012).

Ahmad melanjutkan, ekonomi syariah mungkin menjadi kunci mengatasi krisis keuangan yang melanda berbagai negara dibelahan dunia. Di sisi lain, dia berpendapat prinsip berbisnis yang cenderung spekulatif yaitu mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan mengandalkan berbagai cara haruslah disudahi.

“Modal yang kecil lalu memperoleh untung yang sebesar-besarnya dengan berbagai cara kita sudahi saja. Prinsip tersebut harus diubah. Kita harus menciptakan ekonomi kebersamaan untuk keberlangsungan kehidupan umat manusia,” paparnya.

Maka dari itu, dengan adanya sistem ekonomi syariah yang telah ada dan sedang berkembang di Indonesia diharapkan dapat meubah prinsip tersebut ke depannya.

“Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Khususnya juga wilayah Jawa Barat ada sekira 44,2 juta penduduk, yang mayoritas muslimnya juga banyak. Ini diharapkan akan membantu mendorong perkembangan ekonomi syariah,” pungkasnya. (mrt/R Ghita Intan Permatasari/OZ)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 8.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization