Home / Berita / Daerah / Pilih Hidayat+Didik, Seribu Tokoh Jawa Deklarasikan Dukungan

Pilih Hidayat+Didik, Seribu Tokoh Jawa Deklarasikan Dukungan

Hidayat - Didik (pks-diy.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Tokoh dan masyarakat Jawa di Jakarta hari ini akan mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan No 4 Hidayat+Didik dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta nanti. Dukungan terbuka tersebut diberikan dengan membubuhkan tandatangan oleh 1.000 tokoh Jawa di atas kain putih berukuran 1×20 meter. Deklarasi dukungan digelar di pelataran kantor pemenangan duet pasangan berdarah Jawa tersebut di Jalan Warung Buncit No 30 Jakarta Selatan , Selasa (15/5/2012), pukul 12.00 WIB.

Sedikitnya, 1.000 tokoh masyarakat dan perwakilan anggota komunitas Jawa telah memberikan konfirmasinya untuk hadir secara langsung. Mereka adalah warga Jakarta yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur,dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dari warga asal Jateng, dukungan mengalir dari dari komunitas masyarakat Solo, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Semarang dan Demak (Jawa Tengah). Seperti komunitas pedagang sayur mayur dan bakso (Solo), komunitas pengrajin mebel (Jepara), dan lain-lain.

Sedangkan warga asal Jawa Timur diwakili antara lain oleh: Komunitas Reog Ponorogo, Paguyuban Keluarga Besar Arema, Ojek Kramat Jati (Pamekasan), Paguyuban Supir Trailer Jakarta Utara (Sampang) dan Alumni Warga Persis Bangil.

Adapun dari Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut nama Komunitas Kulonprogo, Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) dan Komunitas Warakaban Jakarta.

Ketua Panitia Deklarasi Komunitas Masyarakat Jawa Dukung Hidayat+Didik, Joko Widodo (41), menyatakan komunitas masyarakat Jawa ini berasal dari lintas profesi, agama, afiliasi sosial politik dan kemasyarakatan. Walaupun lahir dan berasal dari suku Jawa, mereka sudah bertahun-tahun tinggal dan menjadi warga Jakarta.

“Jaringan komunitas mereka sangat besar dan berkomunikasi satu sama lain. Mereka ada yang dipersatukan karena faktor pekerjaan, seperti paguyuban warteg, perajin batik, pedagang martabak, namun banyak pula yang diikat karena hubungan darah dan kekerabatan. Jadi dukungannya sangat solid,” imbuh Joko.

Selain menyosialisasikan Hidayat+Didik di internal mereka, komunitas masyarakat Jawa ini juga siap terlibat dalam kampanye pasangan no 4 ini secara luas di masyarakat lainnya.

“Para pedagang siap menempeli toko, warung dan gerobak dagangan mereka dengan stiker dan alat peraga kampanye Hidayat+Didik. Sementara kaum professional siap menyebarluaskan pesan-pesan Hidayat+Didik ke para kolega dan kliennya,” jelas Joko.

Jadi, lanjut Joko, sosialisasi Hidayat+Didik akan bergerak terus secara berantai di masyarakat, sebagai sebuah kampanye word of mouth yang tak pernah berujung. Kekuatannya akan lebih besar daripada kampanye konvensional karena masyarakat sendirilah yang menjadi agen iklannya. Sehingga yang terkerek bukan sekedar popularitasnya, namun
juga level elektabilitasnya.

“Apalagi sebagian besar populasi warga Jakarta juga berasal dari Jawa. Maka ikatan emosional mereka akan semakin kuat mendukung duet Hidayat+Didik yang berasal Klaten Jateng dan Madura Jatim,” tuturnya.

Acara deklarasi sendiri akan dipenuhi dengan nuansa Jawa. Baik panggung dan hiburan yang ditampilkan dirancang khusus dengan sentuhan budaya Jawa. Bahkan sajian makanan untuk para hadirin pun berasal dari penganan khas Jawa. Para pedagang dari komunitas pendukung akan membawa gerobak makanannya untuk menjamu para peserta.

Diantaranya akan tersedia gudeg yogya, soto kudus, bakso malang, Sate Madura, Dawet Ayu Banjarnegara dan lain sebagainya.

Selain itu, dalam acara ini, rencananya akan dideklarasikan pula kampanye dukungan Hidayat Didik lewat media sosial. Yakni “Gerakan Satu Juta Facebookers Dukung Hidayat Didik Pimpin DKI Jakarta”. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Surat Cinta Untuk Pendukung LGBT

Organization