Topic
Home / Berita / Nasional / Peduli Moral, UGM Batalkan Diskusi Irshad Manji

Peduli Moral, UGM Batalkan Diskusi Irshad Manji

(erv/js)

dakwatuna.com – Jogjakarta. Aliansi Gerakan Jogja Peduli Moral Bangsa berhasil menggagalkan diskusi Irshad Manji, seorang tokoh homoseksual yang mengaku sebagai reformis Islam. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi ini, Rabu (9/5) berkumpul di gedung Pascasarjana UGM untuk melaksanakan aksi damai. Aliansi ini merupakan gabungan dari FSLDK Jogja, Jama’ah Shalahuddin UGM, Sie Kerohanian Islam Se-UGM, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Indonesia Tanpa JIL, PII, dan Jaringan Muslimah Daerah Yogyakarta.

Gabungan massa ini menolak kedatangan Irshad Manji yang akan menjadi pembicara dalam Bincang Pagi yang diselenggarakan oleh Center for Religious and Cross-Cultural Studies (CRCS) di Gedung Sekolah Pascasarjana UGM.

Pemikiran yang dibawa Irshad Manji dianggap meresahkan, karena ia menghalalkan perilaku homoseksual yang bertentangan dengan ajaran agama Islam. Selain itu, ia juga dianggap telah menodai Al-Quran dan melecehkan nabi. Sebagai seorang aktivis feminis liberal yang mengaku muslim, secara terang-terangan mengakui bahwa dia adalah seorang lesbi dan melakukan kampanye tentang halalnya perilaku gay dan lesbian. Kedatangan Irshad Manji di Yogyakarta dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pemikiran dan tingkah laku masyarakat.

“Irshad Manji tak diterima di jogja. Sebab, selain bertentangan dengan syariat Islam, juga berseberangan dengan budaya Indonesia,” ujar Harmoko Anggriawan, selaku koordinator lapangan.  Ia menegaskan, pemikiran liberal, yang dibawa oleh siapa pun, yang dianggap telah menyimpang dari syariat Islam, tak akan dibolehkan masuk dan berkembang di Indonesia.

Aksi ini berlangsung damai. Massa aksi membubarkan diri setelah mendapat kabar bahwa Dr. Zainal A. Bagir, Ketua Program Studi CRCS, membatalkan penyelenggaraan acara CRCS dengan Irshad Manji, sesuai komando Ir. Sudjarwadi, Rektor UGM. (erv/js)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 9.75 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bolehkah Membatalkan Shalat di Saat Terjadi Gempa?

Figure
Organization