Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Akan Hadiri KTM GNB di Mesir

Menlu Akan Hadiri KTM GNB di Mesir

Menlu RI, Marty Natalegawa (Antara/Andika Wahyu)

dakwatuna.com – Kairo. Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Luar Negeri Gerakan Non-Blok di Sharm el-Sheikh, Mesir, pada pekan depan.

“Pak Menlu Natalegawa akan berkunjung ke Mesir selama tiga hari pada 8-10 Mei untuk menghadiri KTM GNB,” kata Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, kepada ANTARA di Kairo di Kamis.

Nurfaizi di sela pertemuan untuk menjajaki kerja sama pendidikan dengan Universitas El Menia (243 km selatan Kairo) itu menjelaskan, kunjungan Natalegawa ke Mesir tersebut hanya terfokus pada KTM GNB.

KTM yang akan dihadiri 120 negara anggota dan 17 negara pengamat itu akan diawali dengan pertemuan tingkat pejabat senior pada 7-8 Mei.

KTM GNB ini dilakukan di tengah upaya Mesir untuk memulihkan stabiltas politik dan keamanan menyusul tumbangnya rezim pimpinan Presiden Hosni Mubarak pada awal tahun lalu.

Saat ini sedang maraknya kampanye pemilihan presiden yang direncanakan berlangsung tiga pekan lagi, pada 23 dan 24 Mei.

Aksi unjuk rasa anti-pemerintah masih terus berlangsung di ibu kota Kairo. Unjuk rasa pada Rabu (2/5) di Maidan Abbasea, Kairo Timur, menewaskan 11 orang dan puluhan luka-luka akibat bentrok dengan aparat keamanan.

Unjuk rasa itu dilancarkan pendukung Hazem Abu Ismail, calon presiden yang disingkirkan oleh Komisi Pemilu karena tidak memenuhi persyarakatan, di antaranya ibu dia memiliki kewarga-negaraan Amerika Serikat.

Tempat pelaksanaan KTM GNB di kota wisata Laut Merah di ujung paling selatan Semenanjung Sinai (500 km timur Kairo) itu tampaknya untuk menghindari gangguan keamanan. (M043/Ade Marboen/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammad Mursi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis (islammemo.cc)

Jangan Lupakan Presiden Mursi