05:21 - Senin, 26 Januari 2015

“Jangan” Cium Tangan Ibumu

Rubrik: Artikel Lepas | Oleh: Kesha Meisatu - 29/04/12 | 09:30 | 07 Jumada al-Thanni 1433 H

Ilustrasi (123rf.com/Jasmin Merdan)

dakwatuna.com – Sahabat sekalian, suatu waktu saya pernah menghadiri suatu acara training motivasi di kampus saat masa kuliah dahulu. Pada waktu itu ada statement trainernya yang masih saya ingat sampai sekarang. Ia berkata: “rata-rata orang sukses di seluruh dunia itu, mempunyai hubungan yang baik dengan kedua orang tuanya khususnya dengan ibunya” jadi jika kita ingin sukses maka sebelum itu yang harus diperhatikan ialah bagaimana hubungan kita dengan orang tua saat ini? Apakah penuh kehangatan atau penuh dengan kebencian? Yang saat ini hubungan dengan orang tuanya penuh kehangatan bersyukurlah Anda orang yang beruntung. Untuk mereka yang punya hubungan tidak baik dengan orang tuanya berdoalah agar dimudahkan Allah untuk memperbaiki hubungan dengan mereka.

Sangat penting sekali mempunyai hubungan yang baik dengan orang tua, khususnya ibu. Kenapa? Karena ridha Allah ialah ridha orang tua, dan doa ibu itu Subhanallah, tanpa hijab di hadapan Allah mudah menembus langit. Sehingga doa seorang ibu yang dipanjatkan untuk anaknya sangat mudah untuk Allah kabulkan. Mungkin sebagian dari kira ada yang tidak sadar bahwa, kemungkinan kesuksesan-kesuksesan kita selama ini adalah buah dari doa ibu kita kepada Allah tanpa kita ketahui. Dan seorang ibu itu tanpa disuruh pasti akan selalu mendoakan anaknya di tiap nafasnya kala bermunajat kepada Allah. Tapi seorang anak belum tentu selalu berdoa untuk orang tuanya ketika Shalat.

Mungkin sebagian dari kita suka mengeluh tentang sifat buruk orang tua kita, entah karena ibu nya cerewet, suka ikut campur, suka nyuruh-nyuruh, tidak gaul dan lain sebagainya. Jika kita seperti ini maka tragis. Kenapa tragis? Karena kita terlalu focus dengan secuil kekurangan orang tua kita dan melupakan segudang kebaikan yang telah diberikan kepada kita selama ini. Di pihak lain ada Orang-orang seusia Anda di luar sana di pinggir jalanan, di bawah kolong jembatan dan di tempat lainnya mereka juga suka mengeluh, tapi yang mereka keluhkan ialah bukan karena sifat orang tua atau ibu mereka, tapi mereka mengeluh karena mereka tidak punya lagi orang tua. Bersyukurlah kita yang saat ini masih mempunyai orang tua. Jika ingin tahu rasanya tidak punya ibu, coba tanyakan kepada teman-teman Anda yang ibu nya telah tiada. Mungkin perasaan mereka sangat sedih dan kekurangan motivasi dalam hidup. Coba bayangkan jika kita tidak punya ibu lagi, maka ketika kita akan pergi ke luar rumah untuk sekolah atau bekerja, maka tidak ada lagi tangan yang bias kita cium, jika kita tidak punya ibu lagi maka mungkin tidak ada lagi makanan yang tersedia di meja makan saat kita pulang, jika kita tidak punya ibu lagi ketika hari lebaran rumah terasa sepi dan lebaran terasa tanpa makna, jika kita tidak punya ibu lagi kita hanya bisa membayangkan wajah tulusnya di pikiran kita dan melihat baju-bajunya di lemarinya.

Banyak di antara kita suka mengeluh tentang sifat negative ibu kita, tapi kita tidak pernah berfikir mungkin hampir setiap malam ibu kita di keheningan sepertiga malam bangun untuk shalat tahajjud mendoakan kita sampai bercucuran air mata agar kita sukses dunia dan akhirat. Mungkin di suatu malam beliau pernah mendatangi kita saat tidur dan mengucap dengan bisik “nak, maafkan ibu ya… ibu belum bisa menjadi ibu yang baik bagimu” kita mungkin juga lupa di saat kondisi ekonomi rumah tangga kurang baik, ibu kita rela tidak makan agar jatah makannya bisa dimakan anaknya. Ketika kita masih kecil ibu kira rela tidur dan lantai dan tanpa selimut, agar kita bisa tidur nyaman di kasur dengan selimut yang hangat.

Setelah semua pengorbanan telah diberikan oleh ibu kita selama ini, lalu coba renungkan apa yang kita perbuat selama ini kepada ibu kita? Kapan terakhir kita membuat dosa kepadanya? Kapan terakhir kita membentak-bentaknya? Pantaskah kita membentak ibu kita yang selama Sembilan bulan mengandung dengan penuh penderitaan? Pantaskah kah kita membentak ayah kita yang setiap hari pergi pagi pulang malam, lebur setiap hari, ngutang sana-ngutang sini agar kita terpenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu maka berusahalah untuk berbakti kepada orang tuamu khususnya kepada Ibumu. Karena masa depan mu ada di desah doa-doanya setiap malam. Dan ingat “perilaku kita dengan orang tua kita saat ini akan mencerminkan perilaku anak kita kepada diri kita nanti”.

Redaktur: Hendra El-Bugeri

Topik:

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (559 orang menilai, rata-rata: 9,36 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • 222383 views
  • Email 2 email
  • http://twitter.com/observer_ward Mhd Iqbal Siregar

    can’t……resist….tears

  • http://twitter.com/Lanialdilani Hajriyani Aldilani

    Ibu..baca sambil nangiss T_T 

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000111711406 Rosidah Siegel

    Hanya do’a dan cintaku buat kedua orangtuaku yang sudah  kembali kepadaNya.Bagi saudar2 ku yang masih diberi kesempatan berbakti kepada Ayah /dan ibu , bahagiakan mereka, sayangi mereka seperti mereka menyayangi kita sewaktu kita masih bayi.

  • http://www.facebook.com/people/Ozi-Tu-Roziqi/100002333426104 Ozi Tu Roziqi

    terima ksihku padamau selalu ibu smg rahmat Alloh sllu mnyertaimu

  • http://www.facebook.com/people/Maswida-Mustafa/100000440127313 Maswida Mustafa

    artikel yg begitu menyentuh hati. marilah kita muhasabah semula bagaimana sikap kita terhadap ibu kita.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=1602195816 Kesha Meisatu

    Penulis mohon maaf karena tidak ada penjelasan dari Judul. maksud judul itu ialah jika hidup anda tidak ingin bahagia di dunia dan akhirat, jangan cium tangan ibu (tidak berbakti) jika ingin selamat dunia dan akhirat (berbaktilah kepada ibu kita) terimakasih segala responnya

    • http://www.facebook.com/saufi.pasaribu Saufi Pasaribu

       judulnya hanya utk memancing pembaca,

      • http://www.facebook.com/feryechy Fery Tyo

        Sebenarnya artinya adalah “jangan cium tangan ibumu” tapi “cium kaki ibumu”

  • http://www.facebook.com/people/Sucy-Wulandari/100000487443179 Sucy Wulandari

    jdul sama isinya..kok ga nyambung ???

    • http://www.facebook.com/people/Adi-Sodiqin/1616978469 Adi Sodiqin

      simak judulnya dulu,kata “jangan” itu dengan tanda kutip artinya ada maksud yg lain..

  • http://www.facebook.com/antho.massardi Antho Massardi

    Bagi seorang Muslim, berbakti kepada orangtua, terutama kepada ibunya adalah tiga kali lebih wajib: karena kita diciptakan dalam rahimnya, dipelihara dengan asi-nya, dan di telapak kakinya ada surga. Lihatlah, kalau para mafia yang sangat memuliakan ibunya saja sukses hidup di dunia kejahatannya, bagaimana dengan kita yang semuanya sebagai ibadah? Insya Allah, logikanya, akan sukses di dunia dan akhirat. Betul?

  • http://twitter.com/dhanuell I’m Dhanny

    kaget liat judulnya :D

  • http://www.facebook.com/people/Nur-Idayati/100003569534731 Nur Idayati

    ibu adalah segalanya,tapi kini aku hanya bisa berdoa semoga engkau mendapatkan tempat yg layak,disisiNYA

  • http://twitter.com/iluvtari syarifah lestari

    tambahan, kalo ada orangtua yg gak “asik” cepat ambil hikmahnya, biar anak2 kita bisa jauh lebih baik dr kita. jangan copas kekurangan ortu

  • http://www.facebook.com/people/Abu-Ahja/522266449 Abu Ahja

    Robighfirli wali walidayya warhamhuma kama robbayani soghiroh…………….

  • http://www.facebook.com/people/Atik-Hidayati/100000439693736 Atik Hidayati

    mhon diberikan penjelasa scara detail ats statement “jangan cium tangan ibumu”..mkasih

    • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000583396474 Prasetyo Utomo

       jangan cium tangan ibumu, tapi cium kaki ibumu
      *meminjam kata” dari Munawir Mantaring

  • http://profile.yahoo.com/TBTHZNOG25IG5WO7CF6KE2GQ2E mrsfad88

    biar lbh penasaran,,, makanya judulx jangan cium tangan ibu mu.
    asal jgn cuma baca judul aja, nnt malah salah persepsi “dibaca dulu”
    Subhanallah, menyentuh :’)

  • http://www.facebook.com/people/Muhammad-Basri/100001565751845 Muhammad Basri

    sangat menyentuh qolbu..

  • http://salman.alfarish.com/ salman alfarish

    Benar sekali, segala kesuksesan saya di mulai dari doa ibu saya

  • MTZAMROWI

    BAGUS BAGUS BAGUS….

  • http://www.facebook.com/widodo.kainan Widodo Kainan

    subhanallah…..saya jadi teringat akan ibu saya yg sll mngharapkan kdatanganku….smoga ibu sy bisa mmklumi perjuangan sy saat ini.

  • http://twitter.com/shelvykyu shevy

    subhanallah…

    jagalah kedua orang tuaku ya Allah… T_T

  • http://profile.yahoo.com/V4BA3K26EPOJX6MYD5T37WO7JQ .: o.c.h.i.e :.

    *teardrop … hiks…hiks…

  • http://twitter.com/ArdiniRahma Dini Diprutz

    menarik dibaca.. akan tetapi lebih menarik lagi jika

  • http://profile.yahoo.com/VKUZUE3PGJZM37X4OGTXS3RQQE Aisyah

    Benar2 tertipu ya dengan judulnya???kening saya sampai berkerut karena gak bisa menemukan hubungan antara judul dan isinya…..Cukup kreatif….

  • http://www.facebook.com/kenzie.lew.1 Kenzie Lew

    seneng banget bagi yg masih bisa mencium tangan Ayah & Ibu.. ^_^

  • http://www.facebook.com/hendra.t.saragih Hendra Tama Saragih

    Mas bro… eh saya baca artikel ini karena judulnya menarik dan membuat saya bertanya tentang apa arti judulnya, namun tidak ada satupun dari artikel yg dibawah yg menjelaskan dari judul diatas walaupun isinya bagus :(

    • http://twitter.com/arminasleman arminasleman

      Penulis artikelnya dah canggih bisa membuat orang penasaran untuk membaca artikelnya.. muantaaaabbbbbb

  • http://www.facebook.com/people/Elly-Lutfy/1595288697 Elly Lutfy

     izin share, sykrn

  • http://www.facebook.com/people/Sukmahadi-Adi/100000917836175 Sukmahadi Adi

    iya judul dan isinya ngg nyambung…

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=1414198134 Zhee Zhe

    judul sama isinya ko ndak nyambung ya,

  • http://www.facebook.com/munawir.mantaring Munawir Mantaring

    Jika ingin mencium surga “jangan” cium tangan Ibumu tapi cium kakinya karena surga ada di telapak kaki Ibu bukan di telapak tangan Ibu

  • http://www.facebook.com/people/Rahmat-Hidayat/100000034206583 Rahmat Hidayat

    Begitu indah isinya hingga termenung menerawang Perasaan Ibu lupa kalu judulnya ” jangan”.  Cium tangan Ibumu”.

  • Griselda Iskandar

    sedih juga.. kasih ibu sepanjang jalan kasih anak sepanjang galah

  • http://www.facebook.com/amy.defender Amy Sang Defender

    Saya bingung juga, judul dan isi ga sinkron. Tapi benar coment mas “Munawir Mantaring” diatas,judul artikel ini memiliki makna implisit, “jangan cium tangan ibumu” tapi “cium kaki ibumu” karena surga di bawah telapak kaki ibu.

    :)

  • http://www.facebook.com/ahmad.muadzin Ahmad Muadzin

    tapi kreatif…,munkin saja klo jiudulnya gak begitu aq jg g begitu perhatikan….mantabbs…

  • http://www.facebook.com/abina.hafizh Abi Na Hafizh

    Right !!!

  • sandy raharjo

    terima kasih atas artikel yang membuat saya menangis membacanya.
    Semoga Allah nmembalas dengan kebaikan yang banyak, dan menjadikan kita hamba yang taat pada Allah dan Rasul-Nya, serta berbakti kepda orang tua. Amin Allahumma amin

  • http://www.facebook.com/people/Asep-Siapudin/100002584367638 Asep Siapudin

    .Saya menangis,…..

  • http://profile.yahoo.com/BVUORJUU5YKFG5DMDQSPBIVG2E Dewi

    Jangan cium tangan ibumu, ciumlah kakinya, karena surga ada di telapak kakinya…

    • wawan

      jangan, ga boleh bersujud kepada manusia. cuci kakinya saja.

  • http://www.facebook.com/peny.alami Alam Punya Cerita

    uhmmmm…..aku lebih dekat dgn bapak ketimbang ibu,karena bapak yg ngrawat aku dari kecil.tapi ibu juga yg tlah melahirkan aku bertaruh nyawa..hiks..ibuu….maafin ananda yang kurang perhatian sama ibuuu.

  • http://www.icahbanjarmasin.com/ Icahbanjarmasin

    Semoga saja kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang sangat MENCINTAI IBU…amienn

  • http://www.icahbanjarmasin.com/ Icahbanjarmasin

    Semoga saja kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang sangat MENCINTAI IBU…amienn

  • Hanif Muammar Rifqi

    assalamu’alaikum..

    izin share n repost k blog saya mas, krn mnurut saya isi dari web nih sangat penting n patut  d sebarkan.

  • http://www.facebook.com/lutfi.abiivy Lutfi Abi Ivy

    begitu hebatnya ibu,(wanita) hingga Tuhan saja meletakan syurga dibawah kakinya, semua  masih beribu, hanya jasadnya saja yang lenyap, kasih sayangnya akan tetap mengalir bersama kasih saysng dari sang Pencipta Ibu…..

  • http://www.facebook.com/hartini.titin.9 Hartini Titin

    Dari judulnya sudah menarik sekali, membuat penasaran untuk membaca….setelah membaca isinya,semakin tertarik lagi….kasih sayang dan doa ibu sepanjang masa….

  • http://www.facebook.com/dariezt Dariezt Dewo

    Langsung ngrasa kangen kedua Orang tua, dirumah,…

    mantaab!!

  • http://www.facebook.com/people/Nur-Anwar/1572510951 Nur Anwar

    langsung nangis,inget almh ibu..

  • http://www.facebook.com/yunus.palaguna Yunus Palaguna

    Mudah-mudahan anakku juga membacanya…..Amieeen…

  • riza huda

    ketika kita sdh mjd org tua, br sadar bahwa pengorbanan yg dilakukan orang tua sangatlah besar, terutama ibu mk berbaktilah kpd orang tua sembari mereka masih hidup….

  • http://www.facebook.com/hatchi.mimih Hatchi Anake Mimih

    hanya memberi tak harap kembali…

    • liwonariyanto

      bagai sangkuryang menyinari dunia

  • http://www.facebook.com/hatchi.mimih Hatchi Anake Mimih

    hanya memberi tak harap kembali..

  • Budiyono

    Tema yang tepat untuk menyambut hari ibu

  • http://www.facebook.com/mzamil Muhamad Zamil

    “Jangan” Cium Tangan Ibu,

    kata jangan yang dipisahkan dengan tanda kutip dapat membuat tulisan yang tersirat.
    “Jangan” Cium Tangan ibu, apa bila tidak mau dapat Ridha Allah SWT.
    Semoga Allah SWT., memberika berkah yang berlimpah untuk kita semua yang “Mau Cium Tangan Ibu”. Selamat Hari Ibu

  • http://www.facebook.com/specialy.ayu Specialy Ayu

    lucu unik…bertolak belakang dengan judul tapi makna didalamnya luar biasa….

  • Tunggul Ametung

    Nampaknya judul dengan isi tulisan tidak nyambung. Tapi mungkin maksudnya adalah bahwa “cium tangan saja tidak cukup” tetapi juga bagaimana harus bersikap agar tidak menyakiti hati ibumu.

  • http://twitter.com/SholichulArief Solikul Arip

    bingung

  • http://www.facebook.com/asnawati.muradi Asnawati Muradi

    hati jadi semakin trenyuh mengingat bnyaknya dosaku pada ibu alm…maafkan aku ibu…

  • Agus waluyo

    SUBBHANALLAH MAHA SUCI BAGINYA, cerita ini sungguh menggugah hati seorang anak akan keridhoan seseorang yg bernama IBU, sungguh Mulianya hati seorang IBU, Andai seorang anak membayarnya seluruh Alam inipun tak akan bisa untuk membalas semua keridhoan serta keihklasan hatinya…

  • ahek

    jika masih ada yang bilang judul dan isi artikelnya gk nyambung brarti kalian termasuk orang2 yang berpikiran dangkal..

    • wawan

      y udah, jelaskan lah kepada kami yang berpikiran dangkal ini, gimana maksudnya.

  • http://www.facebook.com/mohamad.khalif.ikhsan Ikhsan Al-Khadafi

    mudah-mudahan orang tua kita selalu dalam perlindungan & naungan Alloh swt dimanapun mereka berada. aamiin :’)

  • najib berkarat

    wah ibu ku dah tiada…

  • http://www.facebook.com/huriyya.zurdi Huriyani Zurdi

    bacaannya bermanfaat dan mencerahkan, terimakasih sebelumnya tapi maaf, ada PELANGGARAN kode etik jurnalistik… menarik pembaca tidak bisa dijadikan alasan, ini pembohongan

  • http://www.facebook.com/zulfikar.hakim Zulfikar Hakim

    agak kesel kalo baca artikel yang ga nyambung sama judulnya -__-“

    • wawan

      Bener e mas, bingung saya. isinya bagus, tapi apa hubungannya dengan judulnya… apa sekedar membuat wah biar pada baca ya…

  • http://www.facebook.com/daisuke.yoshihiro Daisuke Yoshihiro

    :) subhanallah.!

  • http://www.facebook.com/rizki.suherman Rizki Suherman

    dan saya pun menangis… :'(

  • wawan

    Bagus isinya. Tapi meskipun kata jangan di judulnya dah pakai tanda kutip, mestinya ada bagian isinya yang menjelaskan maksud tanda kutip itu.

  • Bakrie Gun

    Insya Allah kita dijadikan Allah SWT menjadi anak yang sholeh dan sholeha serta berbakti kepada kedua orang tua kita. Meskipun diantara kita ada yang orang tuanya telah tiada mereka akan selalu mengirimkan doa kepada orang tuanya. Amiiin

  • rachmad simbara

    cium tangan ibu mu , sujud & cium pula kaki ibu mu jika kamu merindukan surga dengan ridho NYA

  • Hacker_MosLeem

    ya

  • Ssusilo

    KRennn Isi ya niee. .

    juduL ya niee, Kurang Bersahabatt di bacanya ..

  • Sanpra Abinya Tora

    Ya ALLAH.. ampunilah dosa dan kesalahan kedua orang tua Hambu Mu ini Ya ALLAH, Aamiin..

  • Jampang Betawi

    sampai bercucuran air mata saya membacanya…subhanalloh…

    • anonim

      ah lebay

  • syahrudin

    Dengan Tidak mengurangi rasa Hormat dan tidak pula mengurangi makna isi tulisan anda…
    Jangan”(menimbulkan penafsiran konotasi negatif ) karena anda tidak menjelaskan arti dari Kalimat tersebut….Isinya…Mantap Brooo….Maha suci Allah…

  • Abshan Shihab AbBedulloh

    kata jangan nya itu loh,, bikin orang “oh berarti jangan cium tangan, ibu” bgtu,, klo orng yang ga baca bisa lgsung persepsi sndri,

  • ardan ginanjar

    kalau udah Membawa Orang Tua Apa Lagi Ibu Bawannya Merinding
    bikin Menangis Manah

  • Ricky Frankenstein

    Do’akan kedua orang tua seusai sholat…

  • triastutiandriani

    Subahanallah, Muda-mudahan tulisan ini dapat membuka hati kita yg sudah lama terkunci Aamiin ya robb.

  • Yunita Rahayuningtias

    mungkin lbih bagus lagi kalo judulnya gak itu, tapi isinya bagus :D

  • eva yunita

    judulnya sm isinya gk ada koherensi.. hehehe

  • Ricat Riansyah

    jika sudah sampai rumah saya akan memeluk orang tua saya :’)

  • Zulfikar

    boleh copas ga?

  • fauzia tjambolang

    Kunci dr sebuah tulisan utk dibaca adalah judul yg menarik. Bravo utk penulisnya. Kebanyakan dr kita pasti sdh tau bahwa kita tdk boleh berkata kasar kpd kedua orang tua kita, dan saya yakin, ada beberapa dr pembaca yg akan defensive dan berbicara dng dirinya sendiri krn mengingat pernah mengomel saat dilarang ini ataupun disuruh itu. I know I have :) thanks for opening my mind and my eyes even wider. I am a mother and I am sure dont want my children behave like me when they’ve grown up.

  • Humairoh Yasmin

    Subhaanallah, mudah2an saya tidak termasuk orang yang tidak mencintai orang tua sendiri, saya adalah orang yang sayang terhadap orang tua saya sendiri, demikian juga dengan orang tua orang lain saya juga sayang sekali, yang namanya orang tuan dimanapun dia berada siapapun dia saya selalu tetap sayang padanya, walaupun itu bukan orang tua saya, apalagi terhadp orag tua saya sendiri.

  • vi

    andai hubungan ku dengan ibu baik..
    jadikan aku anak yang sabar ya ALLAH. amien

  • Fitri Meidyawati

    love u mama.

  • rio

    mama saragheooo eeeeeeeeeeeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuuaccccccccccccchhhhhhhhhhhhh

  • TinTin Vernando

    Subhanaallah, semoga aku bisa selalu menjadi anak yg bisa di banggakan oleh orang tua,, My mom and my dad is the best…

  • Rizky Abdullah

    I love my mom….i love my father

  • Dedi Susilo

    manfaat bget nie. buat ngengigetin (sebelum terlambat) Tq

  • Harsini Ajah

    Alhamdulillah di setiap ahir dari solat ku dan do’a ku selalu ku do’akan orang tua ku .

  • Endang Sulastri

    Judulnya kagak nyanbung coiii :((((

  • prabu

    subbhanalloh,,,,,

  • Muhammad Alfian

    bertele-tele dan tidak mengena sama sekali, antara ganti judul anda atau pembahasan anda diubah menyesuaikan judul.

  • seorang ibu

    Orang tua juga jgn mudah main bentak, main kasar ke anak hanyak krn kesalahan yg secuil… anak akan mencontoh kelakuan orang tua nya. Jika anak dibesarkan dg rasa trauma tentu sangat menyakitkan . Dan kelakuan orang tua tsb bisa2 diturunkan pd keturunan selanjutnya
    Ingi anak sholeh? Jgn hanya meminta pd Allaah tp kita juga harus brusaha mendidik dan bersabar dlm mendidik

  • Syahrul Malik

    “jangan ” = belum pantas cium tangan ibu ketika seorang anak masih durhaka..mungkin itu maksud judul diatas

  • Bunda Jihad

    isinya sangat bagus…tapi gak inline atau gak sinkron atau gak nyambung sama judulnnya…

Iklan negatif? Laporkan!
127 queries in 1,553 seconds.