Home / Berita / Nasional / PKS: Pemerintah akan Bebaskan Biaya Ujian Masuk PTN

PKS: Pemerintah akan Bebaskan Biaya Ujian Masuk PTN

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Mamuju. Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Mustafa Kamal, menyatakan, pemerintah telah membebaskan biaya ujian masuk ke Perguruan Tinggi (PT) negeri dalam rangka melindungi masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

“Sistem penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi perhatian pemerintah, termasuk para anggota DPR. Pembebasan biaya masuk ke PT negeri ini akan memberikan dampak positif dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia,” kata Mustafa Kamal saat berada di Mamuju, Kamis (19/4).

Dengan diberlakukannya pembebasan biaya masuk ke PT negeri ini tentu diharapkan masyarakat kurang mampu juga turut mendapatkan pendidikan yang layak. “Selama ini banyak alumni SMA sederajat terpaksa putus pendidikan ke PT karena alasan mahalnya biaya pendaftaran. Berangkat dari berbagai persoalan inilah sehingga kami khususnya fraksi PKS mendorong agar pemerintah turut membesakan biaya masuk ke PT negeri,” ungkapnya.

Mustafa yang juga alumni Universitas Indonesia (UI) ini menyampaikan, investasi pendidikan harus berjalan optimal sehingga bangsa yang besar ini melahirkan generasi muda yang andal dan berkualitas. “Perguruan Tinggi Negeri harus bisa menerapkan sistem pembebasan biaya masuk tanpa harus ada pembebanan kepada masyarakat terlebih bagi ekonomi yang kurang mampu,” tutur dia.

Ia menambahkan, alokasi anggaran untuk pendidikan tetap diberikan porsi 20 persen dari total alokasi APBN sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang pendidikan. “Jika nanti ada PT Negeri yang melakukan pungutan biaya, maka bisa dilaporkan. Kami dari PKS siap mencegah adanya aksi pungutan pembayaran biaya masuk ke PT negeri,” ujar dia. (Endah Hapsari/antara/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 9,71 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pilkada DKI

Tak Usung Kader Sendiri, Ini Pertimbangan PKS Usung Anies-Sandi