Home / Berita / Internasional / Asia / Palestina Protes Pemukiman Israel ke PBB

Palestina Protes Pemukiman Israel ke PBB

Ilustrasi (knrp)

dakwatuna.com – PBB. Pemimpin Palestina melayangkan protes kepada PBB tentang lonjakan pembangunan permukiman Israel di wilayah-wilayah pendudukan, yang menghancurkan harapan solusi dua-negara dalam konflik Timur Tengah.

Utusan Palestina di PBB, Riyad Mansour, mengirim surat protes kepada Dewan Keamanan PBB, Senin. Protes itu dilakukan menjelang pertemuan kuartet diplomatik mengenai konflik itu di Washington, Rabu.

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, dan kekuatan-kekuatan lainnya telah secara rutin mengecam pembangunan pemukiman Israel, sementara juga menyerukan rakyat Palestina untuk kembali ke perundingan perdamaian yang membeku.

“Rencana-rencana Israel itu dinilai ilegal dan merusak tidak hanya mengobarkan ketegangan, tetapi lebih lanjut menggarisbawahi sifat meragukan klaim penguasa pendudukan atas kesediaan mereka untuk melakukan perundingan penyelesaian secara damai,” kata Mansour dalam surat itu.

Surat itu melanjuti publikasi pekan lalu pemerintah negara Yahudi itu untuk melakukan tender bagi pembangunan 1,121 permukiman rumah baru.

Mansour menyerukan Dewan Keamanan untuk mengutuk kampanye penyelesaian yang katanya adalah “sengaja dilancarkan dalam upaya untuk merebut lebih banyak tanah Palestina dan berkubu di bawah kontrol Israel, atas wilayah Palestina itu.”

Para pemimpin Palestina memutuskan pembicaraan perdamaian pada September 2010 setelah Israel menolak untuk memperpanjang moratorium pembangunan permukiman di wilayah yang diduduki.

Israel mengatakan pembicaraan harus dilanjutkan tanpa syarat.

Para pemimpin Kuartet Timur Tengah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton akan bertemu di Washington pada Rabu untuk membahas upaya-upaya menghidupkan perundingan.

Kuartet tahun lalu menyerukan dimulainya perundingan untuk melanjutkan kembali perundingan Israel-Palestina dan menetapkan sasaran kesepakatan perdamaian pada akhir tahun 2012.

Kontak-kontak pendahuluan dilakukan di Jordania pada Januari namun gagal untuk menghidupkan kembali proses perdamaian.
(H-AK/Ade Marboen/Ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta

Organization