Home / Berita / Nasional / 10 Tahun lagi, Pangsa Pasar Perbankan Syariah 15 Persen

10 Tahun lagi, Pangsa Pasar Perbankan Syariah 15 Persen

Ilustrasi (Kontan)

dakwatuna.com – Jakarta. Pangsa pasar perbankan syariah nasional diprediksi dapat meningkat menjadi 15% pada 10 tahun mendatang.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengatakan, hal tersebut tidak mustahil tercapai jika industri perbankan syariah dapat mempertahankan stabilitas pertumbuhan aset. Dalam beberapa tahun terakhir, aset perbankan syariah mengalami pertumbuhan rata-rata 40,5% per tahun.

“Kalau pertumbuhannya bisa berlanjut seperti sekarang, bukan mustahil dalam lima tahun mendatang pangsa pasar syariah bisa mendekati 10%. Kalau ditambah lima tahun lagi bisa 15%,” ungkap Halim di Jakarta, Rabu (21/3).

Menurut dia, pertumbuhan tersebut tercatat dua kali lebih cepat dibandingkan dengan perbankan menurut data BI per Januari 2012.

Aset bank umum syariah saja terjadi peningkatan nilai sebesar 47,43% menjadi Rp115,296 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp78,203 triliun.

Saat ini, dunia perbankan syariah di Tanah Air memiliki sekitar 11 bank umum, 24 unit usaha, 115 BPR syariah, dan 2.172 jaringan kantor di Indonesia. Dengan angka tersebut, perbankan syariah mampu mengarap sekitar 4% pasar perbankan di dalam negeri. (Atp/OL-5/MICOM)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (blogcheps.wordpress.com)

Angin Segar Investasi Syariah