11:18 - Rabu, 16 April 2014
Oktarizal Rais

Benarkah Pasangan yang Baik Hanya Untuk yang Baik?

Rubrik: Artikel Lepas | Oleh: Oktarizal Rais - 14/03/12 | 09:30 | 21 Rabbi al-Thanni 1433 H

Ilustrasi (kawanimut)

dakwatuna.com - Umur bumi sudah sangat tua, banyak sudah cerita yang tercipta, dan zaman menjadi saksi bisu perputaran waktu. Tapi kita tidak layak untuk membisu, kita harus bisa mengambil hikmah dari semua kejadian yang telah terjadi. Ada kisah para anbiya, ada kisah para shohabah yang penuh mahabbah, ada kisah tentang kaum yang Allah selamatkan, ada pula kisah tentang kaum yang Allah binasakan. Semua kisah itu bisa kita temukan di lembaran-lembaran Al-Qur’an dan As sunnah.

Dan pagi hari ini Allah telah menggerakkan bapak saya untuk bercerita sebuah kisah yang tidak ada di dalam Al-Qur’an dan As sunnah. Karena yang bapak ceritakan adalah kisah nyata yang terjadi di zaman yang penuh fitnah. Seperti sekarang wahai ikhwah… L

Entah dari mana saya harus menceritakannya. Karena saya memang bukan penulis ulung. Untuk berbicara pun biasanya belepotan. Namun saya tidak bersedih. Karena kepandaian berpidato, kefasihan lidah, dan kelancaran berbicara bukanlah syarat mutlak dalam berdakwah di jalan Allah. Kalimurrahman, Musa AS ialah seorang nabi yang merasakan kakunya lidah dalam memberikan penjelasan, dan beliau memohon kepada Allah dengan ucapannya; wahlul ‘uqdatan min lisaaniy. Jadi, yang terpenting, gairah tebar dakwah dan hikmah selalu merekah.

Oke, kembali ke topik.

Bermula saat tadi pagi saya sarapan berdua dengan bapak. Momen santai seperti ini memang menjadi waktu paling pas, enak, dan cocok untuk ‘transfer’. Transfer kumpulan huruf, transfer kumpulan kata, transfer kumpulan kalimat, dan jadilah seporsi wejangan yang nikmat…

Tapi, dalam kesempatan ini saya urungkan niat untuk bercerita secara detail. Mungkin, intisarinya saja.

Tadi bapak menceritakan seorang wanita yang bapak kenal dan saya juga mengenalnya. Wanita itu berhijab. Bajunya longgar dan jilbabnya lebar. Kostum itu ia kenakan sudah lama, sejak duduk di bangku kuliah. Sekarang umurnya sudah kepala tiga. Dan wanita itu juga termasuk aktivis. Sampai sekarang pun masih aktif duduk di halaqah. Wanita itu sudah menikah, dengan seorang pria. Sudah lama. Mungkin kurang lebih 8 tahun silam. Nah, saya ingin bercerita tentang malam-malam pertama pasutri tersebut.

Singkat cerita, kurang lebih 1 minggu setelah menikah. Si suami komplain sama istrinya (wanita berhijab yang diceritakan bapak). Suaminya komplain, karena menemukan sesuatu yang harusnya tidak ia temukan. (apa ya sesuatu itu???).

Namun si wanita tidak mau menjawab, ia hanya menyuruh suaminya untuk bertanya pada kakak iparnya (suami kakak perempuan si wanita). Dan meluncurlah si suami ke rumah kakak ipar istrinya. Sesampainya di sana, ia langsung menceritakan tentang sesuatu yang harusnya tidak ia temukan di malam-malam pertama pernikahan.

Si suami bercerita bahwa ia dapati istrinya sudah tidak perawan lagi! Kewanitaannya bersih tanpa selaput.

Maka sang kakak ipar menjelaskan. Ternyata, dahulu ketika si wanita masih duduk di bangku SMA, ia mengidap penyakit keputihan. Sudah parah. Dan kakak iparnya itulah yang mengantar untuk berobat. Dokter pertama berkata bahwa penyakit keputihan separah ini tidak mungkin menimpa kecuali kepada wanita yang sudah beberapa kali melakukan hubungan seksual. Untuk yang sudah bersuami, minimal 3 bulan setelah menikah. Ketika itu, si wanita tidak puas dengan jawaban sang dokter dan minta berobat ke dokter lain. Sampai 3 dokter dikunjungi, semua mengutarakan jawaban yang tidak jauh berbeda…

Ternyata, pesan yang ingin bapak sampaikan adalah; “wanita shalihah otomatis akan berbaju longgar dan berjilbab lebar. Karena itu salah satu cirinya. Tapi hati-hati, jangan sampai tertipu oleh baju longgar dan jilbab lebar, karena itu bukan jaminan… meskipun ianya sudah bertaubat, tapi kamu inginnya yang ‘fresh’ kan?”

Sampai di sini mungkin ada yang nyeletuk, “ah santai aja, kalau kita baik pasti dapetnya yang baik juga kok. Kan ada tuh di Al-Qur’an. Surat an-nur ayat 26, Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula).

AnNur ayat 26

 

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”

Berangkat dari pemahaman di atas, tentu saja kita bertanya-tanya apakah yang dimaksud baik di sini? Atau keji? Apakah kita dapat menentukan sesuatu itu baik atau tidak baik? Kalau kita cermati, ayat di atas merupakan satu paket ayat yang bersambung ,tidak hanya putus pada kalimat “untuk wanita yang baik” tetapi masih berlanjut dengan bahasan tuduhan , juga ampunan. Artinya ayat ini sebenarnya diturunkan dalam konteks tertentu. Coba kita lihat konteks ayat ini turun (asbabun nuzul);

“Ayat ini diturunkan untuk menunjukkan kesucian ‘Aisyah RA dan Shafwan bin al-Mu’attal RA dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Pernah suatu ketika dalam suatu perjalanan kembali dari ekspedisi penaklukan Bani Musthaliq, ‘Aisyah terpisah tanpa sengaja dari rombongan karena mencari kalungnya yang hilang dan kemudian diantarkan pulang oleh Shafwan yang juga tertinggal dari rombongan karena ada suatu keperluan. Kemudian ‘Aisyah naik ke untanya dan dikawal oleh Shafwan menyusul rombongan Rasulullah SAW dan para sahabat, akan tetapi rombongan tidak tersusul dan akhirnya mereka sampai di Madinah. Peristiwa ini akhirnya menjadi fitnah di kalangan umat muslim kala itu karena terhasut oleh isu dari golongan Yahudi dan munafik jika telah terjadi apa-apa antara ‘Aisyah dan Shafwan.

Masalah menjadi sangat pelik karena sempat terjadi perpecahan di antara kaum muslimin yang pro dan kontra atas isu tersebut. Sikap Nabi juga berubah terhadap ‘Aisyah, beliau menyuruh ‘Aisyah untuk segera bertaubat. Sementara ‘Aisyah tidak mau bertaubat karena tidak pernah melakukan dosa yang dituduhkan kepadanya, ia hanya menangis dan berdoa kepada Allah agar menunjukkan yang sebenarnya terjadi. Kemudian Allah menurunkan ayat ini yang juga satu paket annur 11-26.”

Penjelasan An Nur 26 menurut para ulama

Jika dilihat dari konteks ayat ini, ada dua penafsiran para ulama terhadap ayat ini yaitu tentang arti kata “wanita yang baik” dan juga “ucapan yang baik” Sehingga dapat juga diartikan seperti ini;

“Perkara-perkara (ucapan) yang kotor adalah dari orang-orang yang kotor, dan orang-orang yang kotor adalah untuk perkara-perkara yang kotor. Sedang perkara (ucapan) yang baik adalah dari orang baik-baik, dan orang baik-baik menimbulkan perkara yang baik pula. Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”

Kata khabiitsat biasa dipakai untuk makna ucapan yang kotor (keji), juga kata thayyibaat dalam Quran diartikan sebagai kalimat yang baik.

Hakam Ibnu Utaibah yang menceritakan, bahwa ketika orang-orang mempergunjingkan perihal Aisyah RA Rasulullah saw menyuruh seseorang mendatangi Siti Aisyah RA Utusan itu mengatakan, “Hai Aisyah! Apakah yang sedang dibicarakan oleh orang-orang itu?” Aisyah RA menjawab, “Aku tidak akan mengemukakan suatu alasan pun hingga turun alasanku dari langit”. Maka Allah menurunkan firman-Nya sebanyak lima belas ayat di dalam surah An Nur mengenai diri Siti Aisyah RA. Selanjutnya Hakam Ibnu Utaiban membacakannya hingga sampai dengan firman-Nya, “Ucapan-ucapan yang keji adalah dari orang-orang yang keji…” (Q.S. An Nur, 26). Hadits ini berpredikat Mursal dan sanadnya shahih.

Ayat 26 inilah penutup dari ayat wahyu yang membersihkan istri Nabi, Aisyah dari tuduhan keji itu. Di dalam ayat ini diberikan pedoman hidup bagi setiap orang yang beriman. Tuduhan keji adalah perbuatan yang amat keji hanya akan timbul daripada orang yang keji pula. Memang orang-orang yang kotorlah yang menimbulkan perbuatan kotor. Adapun ucapan-ucapan yang baik adalah keluar dari orang-orang yang baik pula, dan memanglah orang baik yang sanggup menciptakan perkara baik. Orang kotor tidak menghasilkan yang bersih, dan orang baik tidaklah akan menghasilkan yang kotor, dan ini berlaku secara umum

Di akhir ayat 26 Tuhan menutup perkara tuduhan ini dengan ucapan bersih dari yang dituduhkan yaitu bahwa sekalian orang yang difitnah itu adalah bersih belaka dari segala tuduhan, mereka tidak bersalah sama sekali. Maka makna ayat di atas juga sangat tepat bahwa orang yang baik tidak akan menyebarkan fitnah, fitnah hanya keluar dari orang–orang yang berhati dengki, kotor, tidak bersih. Orang yang baik, dia akan tetap bersih, karena kebersihan hatinya.

Yang Baik Hanya Untuk yang baik?

Pembahasan kedua yaitu tentang maksud ayat di atas yaitu “wanita yang baik” dan “wanita yang keji”. Dalam hal ini terjemahan Depag menggunakan arti wanita yang baik dan pemahaman ini berangkat dari para ulama yang menyatakan bahwa Aisyah merupakan wanita yang baik-baik, karena konteks ayat tersebut turun satu paket, yaitu ayat 11-26 dengan ayat sebelumnya tentang seseorang menuduh wanita yang baik-baik berzina. Maka jika diartikan begitu sesuai dengan pertanyaan di atas

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”

Ayat ini bersifat umum, bahwa wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, begitu juga sebaliknya. Namun yang perlu dipahami adalah ayat ini sebuah kondisi atau memang anjuran, sebab para ulama banyak mengemukakan pendapat tentang hal ini. Syaikh Muhammad Mutawalli as-Sya’rawi, ulama Mesir pernah berkata: ada dua macam kalam (kalimat sempurna) dalam bahasa Arab. Pertama; Kalam yang mengabarkan kondisi atau suasana yang ada.

Kedua Kalam yang bermaksud ingin menciptakan kondisi dan suasana. Kalam seperti ini bisa ditemukan dalam Quran. Seperti firman Allah QS. Ali-Imran: 97: Barang siapa yang memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. Ayat itu kalau dipahami, bahwa Allah sedang mengabarkan kondisi dan suasana kota Mekah sesuai kenyataan yang ada, maka tentu tidak akan terjadi hal-hal yang bertolak belakang dengan kondisi itu. Akan tetapi, kalau ayat itu dipahami, sebagai bentuk pengkondisian suasana, maka Allah sesungguhnya tengah menyuruh manusia, untuk menciptakan kondisi aman di kota Mekah. Kalaupun kenyataan banyak terjadi, bahwa kota Mekah kadang tidak aman, maka hal itu artinya, manusia tidak mengejewantahkan perintah Allah.

Pemahaman yang sama juga bisa ditelaah pada ayat ini; Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). (QS. An-Nur: 26). Pada kenyataan yang terjadi, ternyata, ada laki-laki yang baik mendapat istri yang keji, begitu pula sebaliknya. Maka memahami ayat tersebut sebagai sebuah perintah, untuk menciptakan kondisi yang baik-baik untuk yang baik-baik, adalah sebuah keharusan. Kalau tidak, maka kondisi terbalik malah yang akan terjadi.

Kalau kita bandingkan dengan Annur ayat 3 yang mana kalimat digunakan untuk umum

“laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik” (QS. An Nur ayat 3)

Di ayat ini lebih tegas mengandung “unsur perintah” untuk mencari pasangan yang sepadan. Sehingga ayat 26 bisa dimengerti sebagai sebuah motivasi atau anjuran untuk mengondisikan dan bukan sebagai ketetapan bahwa yang baik “otomatis” akan mendapatkan pasangan yang baik. Hal ini tentu memerlukan usaha untuk memperbaiki diri lebih baik.

Ayat tersebut bukanlah merupakan janji Allah kepada manusia yang baik akan ditakdirkan dengan pasangan yang baik. Sebaliknya ayat tersebut merupakan peringatan agar umat Islam memilih manusia yang baik untuk dijadikan pasangan hidup. Oleh karena itu nabi bersabda tentang anjuran memilih pasangan yaitu lazimnya dengan 4 pertimbangan, dan terserah yang mana saja, namun yang agamanya baik tentu sangat dianjurkan.

Wallahua’lam.

Oktarizal Rais

Tentang Oktarizal Rais

Alumni Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Solo. Mahasiswa Ma’had ‘Aly An-Nu’aimy, Jakarta. [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (152 orang menilai, rata-rata: 8,49 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • 63137 hits
  • Email 4 email
  • http://profile.yahoo.com/JOMUIGN64PRKY5XUZS2CQLCXDU siape

    Sayang sekali dari sekian banyak komentar…tak ada tanggapan apapun dari penulis.

  • ibnu_abi

    hal inti yang ingin penulis sampaikan adalah kalimat yang ditebalkan di artikel tersebut. dan bukan buah pemikiran dari penulis sendiri. bukan dari hawa nafsu. kesimpulan penulis tentang ayat  26 surat annur sesuai dengan penjelasan seorang dosen LIPIA. “yg baik utk yg baik” bukan berarti sbg sunnatullah, yg kbanyakan org memahami. tapi lebih berarti sbg sebuah pesan. jadi, bukan berarti penulis mendustakan Al-Qur’an yang suci, wal’iyaadzubillah. kita harus berhati-hati dalam berkomentar..

  • abdul hakim

    mohon sharenya akhi

  • http://www.facebook.com/akyld.flaminggo Akyl D Flaminggo

    mnurut ku dah jelas maksud ny si penulis ni “Wanita yg baik untuk laki-laki yg baik dan sebaliknya” adalah sebuah anjuran bukan sebuah ketentuan jadi menurut sya jika anda menginginkan sesuatu yg baik pilih lah wanita atau lelaki yg baik..karna orang2 yg baik menghasil perkara yg baik bgitu jg sebalik.. mnurut sya sih sperti itu thanks.. :)

  • Andrian

    Saya rasa dari fakta bahwa wanita tsb sampai pergi ke 3 dokter utk konfirmasi diagnosa, menunjukkan dia tidak puas dgn diagnosa dokter yg menyatakan bahwa dia keputihan akibat berhubungan intim. Keputihan mudah sekali tertular dari WC yg tidak bersih…apalagi di negara kita kebersihan WC sangat tidak terjaga. Bahkan kalau kebersihan WC di rumah juga buruk, maka bisa menyebabkan keputihan…..keputihan itu bukan infeksi karena berhubungan intim, tapi karena ragi/jamur…bahkan kalau asupan makanan kita sehari2 tdk sehat, banyak yg manis2…bisa saja memicu keputihan. Keparahan keputihan bisa jadi karena tdk ditangani dr awal….jadi bukan krn sering berhubungan intim…..sama seperti penyakit2 lain lah…

    Kakak ipar mengantar ke dokter ya, karena dia kan dulu masih SMA, gak perlu su’u dzon kalau ada hubungan apa2 dgn kakak ipar lah…pastinya juga ditemanin dgn kakak kandungnya juga…si wanita kan menyuruh suami menanyakan ke kakak ipar, karena mereka sama2 laki2…dan kebetulan kakak ipar tahu permasalahannya.

    Pertanyaannya, kenapa kok Bapaknya si penulis menceritakan cerita seperti ini kepada penulis dgn secara detil, menunjukkan identitas wanita tsb…bukankah ini GHIBA ? kalau cuma utk jadi bahan pelajaran, ya gak perlu ditunjukkan identitas si wanita donk…meski si Bapak tahu kalau si anak juga mengenal wanita tsb.

    • dive

      mungkin bapanya penulis ditolak cintanya om
      jd terciptalah GHIBA…. hehehe

  • bobhandoko

    ORANG YG BAIK AKAN IKUT YG BAIK INTINYA SIH GTU OM.:)

  • tutik

    Pada dasarnya benar ayat2 diatas harus ditelusuri saat atau sebab2 turunya suatu ayat.
    Tapi ada beberapa keganjilan dalam beberapa hal.
    1. Kenapa atau apa efeknya si wanita tadi menyuruh bertanya ke suami kakaknya, bukankah itu membuka aib-nya sendiri?
    2. Seorang wanita yg sudah di bangku SMA yg hendak memeriksakan anggota intimnya ke dokter koq yg mengantar suami kakaknya?
    3. Jangankan suami dari kakak, dg kakak kandung pria-pun akan tidak layak untuk mengantarkan ke dokter ttg organ intim wanitanya.

    • http://baraatas.blogspot.com/ Soulmate

      No. 1. ada kemungkinan si istri tidak sanggup menceritakan sendiri.
      klo nmr 2. ia jg ya? ada kejanggalan

  • akbar

    salam, sedikit pertanyaan tentang cerita tersebut

    - klo saya memposisikan diri sebagai sang suami dan bertanya kepada si wanita tentang apa yang sudah terjadi, kenapa dia tidak menjawab sendiri ? klo dia baik pasti berkata jujur dan saya akan percaya.

    - mengenai diagnosa dokter, belum tentu diagnosa dokter tersebut benar. dokter sama seperti kita, dulu mereka ga ngerti apa2 lalu kuliah, seperti kita mungkin juga dapat nilai D pada salah satu matakuliah dan perlu mengulang :). saya sendiri pernah sakit didiagnosa kena demam berdarah… eh tenyata cuma kena cacar air aja.

    - klo memang..klo aja ini y, klo memang waktu SMA si wanita pernah melakukan hubungan seksual, apakah kita akan tetap menganggapnya tidak baik sampai sekarang meskipun ia sudah bertobat sepenuhnya ?

    - mengenai pesan dari kalimat “inginnya yang ‘fresh’ kan?”
    ada banyak sebab yang membuat wanita tidak “fresh” selain karena hubungan diluar nikah. bagaimana klo tidak “fresh” nya karena tindak kriminal seksual ?
    selain itu kehilangan “fresh” juga bisa karena cedera waktu aktifitas olah raga, cedera kecelakaan lalu lintas, dan penyakit.

    ada juga kelainan yang terjadi pada selaput dara dimana ia tidak bisa tembus, sehingga cairan haid tidak bisa keluar, tindakan medis yang perlu dilakukan dokter adalah ia memberi sobekan sedikit pada selaput dara tersebut. jika tindakan ini perlu dilakukan..ya jangan harap sobekan selaput dara tetap rapih hingga waktu yang lama.

    - mengenai ayat tersebut, bagi saya itu merupakan janji Allah.

    lalu bagaimana coba supaya janji tersebut terwujud ? kita berusaha kan..menjadi lebih baik, memilih yang baik, menggunakan tolak ukur yang baik menurut islam.
    trus memangnya klo itu janji Allah terus kita tinggal diam tanpa usaha ? tetap usaha kan.
    salam, klo saya salah semoga tetap ada yang mengingatkan.

  • Israil Rail

    benar seKALI, TERBUKTI SAYA

  • Israil Rail

    benar seKALI, TERBUKTI SAYA

Iklan negatif? Laporkan!
95 queries in 1,106 seconds.