Home / Berita / Nasional / PKS Dukung Alokasi Rp 20 Triliun Indonesia Timur

PKS Dukung Alokasi Rp 20 Triliun Indonesia Timur

Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq saat Rakornas PKS di Makassar, 16/2/2012. (inilah.com/Dok)

dakwatuna.com – Makassar.Ketimpangan sosial ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat di bagian timur Indonesia akibat keputusan pembangunan yang berat sebelah.

Demikian dikatakan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq saat berbincang-bincang santai dengan masyarakat Sulawesi Selatan usai Sholat Jumat di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat (17/2/2012).

Luthfi mengatakan, ketimpangan di timur Indonesia terjadi disebabkan dua hal yakni pertama, pembangunan telah melupakan sumber kekuatan lokal yakni sumberdaya kelautan di mana laut yang jadi sumber kehidupan justru menjadi tong sampah bagi limbah tambang. “Laut harusnya lebih dioptimalkan sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia di bagian timur.”

Masalah kedua, lanjut Luthfi, adalah krisis pangan yang dialami oleh masyarakat Indonesia bagian timur lebih diakibatkan tanah mereka digerus oleh bidang-bidang seperti pertambangan.

Eksploitasi aneka ragam sumber daya tambang seperti emas, nikel, batubara, tembaga, dan masih banyak lagi dilakukan dengan tidak memedulikan kelestarian sumberdaya dan lingkungan, tutur Luthfi.

“Seandainya bisa dikelola dengan baik, maka masyarakat timur tidak perlu alami krisis pangan,” tambahnya. Sudah saatnya pemerintah menyusun neraca sumberdaya alam untuk mengukur tingkat pemanfaatan sumberdaya alam yang mampu menjaga kelestarian bagi generasi mendatang,” tegas Luthfi.

Dalam kesempatan itu, Luthfi menyambut baik niat pemerintah untuk memperbesar alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur di bagian timur Indonesia.

Tahun ini rencananya pemerintah mengucurkan dana Rp20 trilIun dari total dana kementerian PU sebesar Rp62,5 trilIun untuk percepatan pembangunan infrastruktur di bagian timur Indonesia yaitu Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Maluku, dan Papua. (mah/Inilah)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 8,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • jgnkan rp.20 t, rp.30 t sy setuju asalkan pengunannya tepat sasaran

  • Sultan Raja Bungsu

    gimana mau mendapatkan RM20 triliun tsb, jika korupsi bermaharajalela, seharusnya benahi dulu manajemen dan buat undang-undang yg lebih keras kepada yg memberi dan menerima korupsi, kalau dapat presiden akan datang, berjanji dan berani berkata “Hukum Mati pada Koruptor, termasuk presiden dan para pemimpin yg terbukti korupsi.

  • Sultan Raja Bungsu

    dahulukan pembangunan disegala bidang untuk pribumi, batasi ke pemilikan orang asing dalam NKRI.

  • Sultan Raja Bungsu

    berikan pendidikan kepada pribumi yg cerdas ke tingkat paling tinggi, latih dan beri peluang kepada pribumi untuk memajukan ekonomi di daerahnya,

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

Kreasi Apik Bendera Palestina Iringi Laga Indonesia vs Malaysia