10:38 - Kamis, 18 September 2014

Hasil Riset: Muslim Inggris Paling Religius Ketimbang Umat Agama Lain

Rubrik: Eropa | Kontributor: dakwatuna.com - 17/02/12 | 09:10 | 23 Rabbi al-Awwal 1433 H

Ilustrasi - Mahasiswi muslimah di Inggris (inet)

dakwatuna.com – Cardiff. Muslim Inggris dinilai lebih aktif mempraktekkan kepercayaan dan mendidik anak-anak mereka sesuai dengan keyakinannya ketimbang umat agama lain. Demikian hasil kesimpulan riset Universitas Cardiff, Kamis (16/2).

Riset itu menyebutkan 77 persen dari Muslim Inggris secara aktif mempraktekkan kepercayaan mereka. Sementara penganut Kristen hanya 29 persen dan umat agama lain hanya 65 persen.

Dalam riset itu juga diketahui bahwa 98 persen dari anak-anak Muslim diberikan pendidikan agama sejak dini. Sementara hanya 62 persen anak-anak Kristen dan 89 persen dari agama lain yang melakukan hal serupa.

“Melihat dari fakta riset, semakin memperkuat teori bahwa bagi kalangan minoritas agama merupakan sumber daya penting dalam memperkuat kekhasan suatu budaya,” demikian kesimpulan lain riset tersebut.

Sebelumnya, studi ini menganalisa hasil survei kependudukan tahun 2003 silam. Sebanyak 13.988 dewasa dan 1.278 remaja berusia 11-15 tahun ambil bagian dalam riset tersebut.

Para peneliti sempat terkejut dengan meningkatnya peranan agama dalam kehidupan minoritas, termasuk Muslim Inggris. “Anak-anak Muslim cenderung menjalani kehidupan yang sibuk, menghadiri pendidikan agama di luar sekolah sebanyak tiga kali setiap minggu. Ini bentuk komitmen lain yang mereka miliki,” ungkap salah seorang peneliti, Jonathan Scourfield.

Ia mengatakan anak-anak Muslim juga terbiasa belajar membaca Alquran dalam bahasa Arab. Mereka juga belajar tentang kepercayaan yang dianut orang tua dan anggota keluarga lainnya.

“Karenanya, kami berpikir, agama memiliki peranan penting dalam masyarakat minoritas dalam menjaga keterikatan antar keluarga dari etnis yang sama,” pungkasnya. (Ramdhan Muhaimin/Agung Sasongko/RoL)

Redaktur: Hendra

Keyword: , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (26 orang menilai, rata-rata: 8,65 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Anonymous

    SUBHANALLAH…

  • http://www.facebook.com/asaefurohman Asep Saefurohman

    Subhaanallah,betapa mulia  dan taqwanya muslim di INGGRIS,.IS THE GREAT AMAZING

  • http://www.facebook.com/people/Andi-Hasnuri/100001233396765 Andi Hasnuri

    Subhanallah… Smoga smkin hari smkin bertambah jumlah umat Islam dnegara barat…

     

  • http://profile.yahoo.com/STHW4RW3GNFBNUSTK6AGSO6Y6U ady

    wah jangn2 kebangkitan islam di mulai dr eropa nih..

  • Namira Syasya

    hairan ya dulu kakak saya pernah tinggal di sana 3 tahun, jangankan menyebarka ajaran islam, berhijab (mengenakan jilbab) saja di larang,,, muda2han saja ini berita benar.

Iklan negatif? Laporkan!
53 queries in 1,236 seconds.