Home / Berita / Daerah / MUI Bukittinggi Ajak Umat Islam tidak Merayakan Valentine

MUI Bukittinggi Ajak Umat Islam tidak Merayakan Valentine

Ilustrasi (iluvislam.com)

dakwatuna.com – Bukittinggi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bukittinggi, Sumatera Barat, mengajak umat Islam agar tidak merayakan hari valentine’s day (kasih sayang) karena tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Dalam Islam tidak ada yang namanya hari kasih sayang. Itu merupakan budaya barat yang tidak perlu ditiru,” kata Ketua MUI Bukittinggi Zainuddin Tanjung, Selasa.

Menurut dia, Pemerintah Kota Bukittinggi agar tidak mengizinkan adanya kegiatan yang berhubungan dengan perayaan “valentine’s day”.

“Perayaan “valentine’s day” yang dilakukan generasi muda berpotensi terjadinya maksiat. Untuk itu, pemerintah harus melarang adanya perayaan itu digelar oleh generasi muda,” kata dia.

Dia juga berharap, Pemkot Bukittinggi membuat pemberitahuan di tempat-tempat hiburan untuk tidak boleh menggelar acara yang berhubungan dengan hari tersebut.

MUI, kata dia, telah menyebarkan imbauan larangan perayaan “valentine’s day” dalam surat No.04/MUI-BKT/2011.

“Ajakkan MUI melarang umat Islam, khususnya generasi muda di Kota Bukittinggi sudah dilakukan sejak tahun 2008,” katanya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bukittinggi Syafnir, menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan personelnya untuk mencegah terjadinya kegiatan yang berhubungan dengan perayaan “valentine’s day”.

Dia mengatakan, pihaknya akan menyita aksesori dan spanduk yang dipasang dan membubarkan acara yang berhubungan dengan “valentine’s day”.

“Pemerintah telah membuat edaran agar generasi muda tidak merayakan “valentine’s day” tersebut yang terdapat tanda tangan wali kota dan MUI,” kata dia.

Satpol PP, kata dia, akan bekerja sama dengan jajaran Polresta Bukittinggi untuk mengawasi larangan perayaan “valentine’s day”.

“Perayaan “valentine’s day” adalah budaya luar yang tidak cocok ditiru masyarakat yang berfilosofi ‘adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah’ (ABS-SBK), ” katanya. (ANT/Ruslan Burhani/Ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Protes terhadap sikap rasis Trump. (aljazeera)

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir

Organization