Home / Berita / Silaturahim / KAMMI Madani Adakan Baksos “MACAW”

KAMMI Madani Adakan Baksos “MACAW”

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari)

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Madani menjadikan hadits tersebut sebagai pemicu semangat diri untuk mencapai kesholehan sosial, kesholehan yang tidak hanya berdampak positif bagi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Salah satu bentuk perwujudannya adalah melalui kegiatan bakti sosial yang kemudian diberi nama MACAW (Madani’s Colorful Action with Love). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Raihanul Hamim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada tanggal 12 Februari 2012 pukul 08.00-11.30 WIB. Jika Anda berlalu di kawasan dan waktu tersebut, terdengar dengan jelas riuh sorak, sorai dan semangat puluhan bocah kecil generasi calon pengganti pemimpin negeri. Tak ayal, karena MACAW memang menjadikan anak-anak usia TK hingga SD kelas enam sebagai target pesertanya.

Para peserta berasal dari SD 03 Mampang, SD 04 Mampang, SD 05 Mampang, SD 06 Mampang, TPA Raihanul Hamim, TK Raihanul Hamim, dan Sanggar Mewarnai Mampang Prapatan. Mereka mengikuti beragam cabang lomba yang diadakan oleh panitia, yaitu lomba mewarnai untuk TK dan Sanggar Mewarnai, lomba tartil untuk SD kelas 1-3, dan lomba membaca puisi untuk kelas 4-6. Semua peserta tampak antusias dan semangat dalam loma-lomba yang mereka ikuti. Perlombaan yang digelar oleh KAMMI Madani dalam MACAW menjadi sebuah ajang bagi para peserta, yaitu anak-anak, untuk menggali dan melejitkan potensi mereka. Selain itu juga melatih kepercayaan diri peserta.

Sebelum perlombaan dimulai, para peserta bersama-sama mendengarkan dongeng interaktif mengenai Rasulullah SAW.  yang disampaikan oleh perwakilan dari S4I (Smile for Indonesia). Selain sebagai pembukaan dan pemanasan, dongeng ini pun berfungsi untuk memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai keteladanan sifat Rasulullah SAW. Hal ini menjadi bentuk penyeimbangan antara kecerdasaan potensi dan iman bagi anak, agar anak tidak sekedar mampu mengasah bakatnya, namun juga selalu mengedepankan imannya.

Selain peserta lomba, Masjid Raihanul Hamim pada saat itu juga diramaikan oleh para guru, ibu, dan anak-anak lain yang tidak mengikuti lomba. Kehadiran para guru dan ibu, tak dipungkiri, mampu menambah suasana perlombaan menjadi semakin hangat dan semangat. Yang tidak kalah pentingnya adalah dapat membantu panitia mengendalikan putra-putrinya yang terbilang masih kanak-kanak. Sebab, ketua pelaksana MACAW, Febri Zulhenda (Henda_red) pun mengaku kewalahan menghadapi tingkah polah anak-anak yang cerdas dan unik itu.

“MACAW terselenggara atas kerja sama KAMMI Madani dengan ZIS Indosat, S4I (Smile for Indonesia), PKPU, Rumah Zakat, dan juga pengurus masjid dan TK Raihanul Hamim.” Lanjut Henda.

“Targetannya, kami dapat semakin mengeratkan silaturahim dan kerja sama untuk menggelar acara-acara lain di sini.” Timpal Ketua Umum KAMMI Madani yang didampingi oleh bendahara (Shopia) dan ketua pelaksana, Henda, di sela-sela kegiatan. Hal ini didasari oleh sambutan positif dari pihak tuan rumah yang diwakili oleh Kepala Sekolah TK Raihanul Hamim atas kegiatan ini. Beliau pun berharap agar KAMMI Madani mengadakan perlombaan semacam ini lagi untuk tingkat yang lebih tinggi, SMP, di lain hari. (Endang Sriwahyuni)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,56 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Kader KAMMI Madani serta Menjabat Sebagai Penanggung Jawab Buletin Suara Madani. Mahasiswa Semester 6 di salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta.

Lihat Juga

Mahasiswa dan Ormas Islam Yogyakarta menggelar Tabligh Akbar dan penggalangan dana untuk Aleppo pada hari Ahad (22/5/2016).. (YN)

Peduli Muslim Aleppo, Mahasiswa dan Ormas Islam Yogyakarta Gelar Tabligh Akbar serta Aksi Penggalangan Dana