Home / Berita / Daerah / MUI Lebak Minta Warga Tidak Peringati Valentine’s Day

MUI Lebak Minta Warga Tidak Peringati Valentine’s Day

Logo MUI

dakwatuna.com – Lebak. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga khususnya umat muslim tidak turut merayakan hari Valentine pada 14 Februari 2012.

Permintaan ini karena perayaan tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Kami berharap umat muslim tidak merayakan pada `Valentine`s Day` atau `hari kasih sayang`, karena mengundang kemaksiatan dan itu budaya luar,” kata Sekertaris MUI Kabupaten Lebak KH Baidjuri di Rangkasbitung, Jumat.

Ia mengatakan, biasanya perayaan “Valentine`s Day” selalu dengan hura-hura dan bersenang-senang antara laki-laki dan wanita.

Mereka saling kasih sayang dengan berlainan jenis, sehingga mengundang pergaulan bebas seks.

Selain itu juga merayakan `Valentine`s Day` dengan pesta minum-minuman.

Karena itu, MUI secara resmi melarang umat muslim merayakan “Valentine`s Day” dengan alasan tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Saya kira `hari kasih sayang` itu tidak tertutup kemungkinan mengundang kemaksiatan. Dan, itu bukan budaya Islam,” katanya.

Ia mengimbau para orangtua dari keluarga muslim agar memberikan pengertian mengenai `Valentine’s Day` kepada anak-anaknya, sehingga mereka tidak turut merayakannya.

Sebab `Valentine`s Day` merupakan budaya luar yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Disamping itu perayaan kasih sayang sangat identik kebebasan dengan hura-hura dan bersenang-senang bagi kalangan remaja.

“Kami minta anak-anak remaja tidak ikut-ikutan dengan budaya luar itu,” katanya.

Menurut dia, sebetulnya dulu perayaan `Valentine`s Day` mencari orang-orang yang terpuruk dalam ekonomi atau kelaparan, lalu menemui kasih dengan menerima bantuan sambil perasaan kasih sayang.

Namun, kata dia, sekarang `Valentine`s Day` disalahartikan dengan cinta kasih kasih mengarah pergaulan bebas seks dan minum-minuman.

“Kami minta masyarakat jangan mengikuti `Valentine`s Day` dan lebih baik mengikuti budaya yang sesuai dengan agama Islam, yakni tuntutan Alquran dan hadist. Karena itu, MUI Lebak mengharamkan umat muslim yang merayakan `Valentine`s Day`nya,” katanya. (ANTARA/Suryanto)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pilkada DKI Jakarta

Baru Kali Ini Warga Tolak Kampanye Cagub